logo

8 Tips Mudah Menjaga Kulkas Tetap Awet

Hadirnya kulkas di dalam rumah sangatlah membantu sekali. Lemari pendingin ini akan membuat makanan atau minuman tetap awet dan segar. Karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari, kita wajib merawatnya agar tidak rusak. Tidak jarang sebagian dari kita yang sudah membeli kulkas dengan harga mahal malah lupa merawatnya secara berkala akibat aktivitas yang padat. Jika sudah begitu, maka risiko rusaknya kulkas akan bertambah besar.

Merawat kulkas secara berkala sangat penting untuk dilakukan. Adalah hal yang percuma jika kita membeli kulkas dengan teknologi canggih dan harga mahal, akan tetapi tidak dirawat dengan baik. Padahal jika kita merawatnya dengan baik, secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat kulkas lebih tahan lama, tidak mudah rusak, dan menghemat biaya pemeliharaan atau perbaikan.

gambar kulkas sharp King Samurai Series

Tips sederhana menjaga kulkas agar tahan lama

Melakukan perawatan pada kulkas tidaklah terlalu sulit, bahkan bisa dibilang sederhana. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga barang elektronik ini agar tetap awet, diantaranya adalah :

1. Jangan membuka terlalu lama
Sewaktu membuka pintu kulkas, usahakan jangan terlalu lama membukanya karena membuat udara dingin di dalamnya akan berhembus keluar dengan lebih banyak. Hal ini dengan kata lain membuat mesin bekerja lebih keras.

2. Isi secukupnya
Usahakan untuk tidak mengisi kulkas secara berlebihan, isilah secukupnya. Menyimpan makanan dan minuman di kulkas secara berlebihan juga dapat membuat mesin bekerja ekstra keras. Selain itu, banyaknya bahan makanan yang disimpan di dalamnya dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap.

3. Hindari dari sorotan matahari langsung
Letakkan kulkas di tempat yang aman dari ‘sentuhan’ sinar matahari secara langsung. Selain itu, usahakan pula untuk tidak mendekatkannya dengan benda-benda yang mengeluarkan panas seperti kompor.

4. Tunggu makanan dingin sebelum dimasukkan
Jangan pernah menyimpan makanan atau minuman yang masih panas di dalam kulkas. Hal ini membuat kompresor bekerja lebih keras. Tunggulah sampai suhu makanan dingin, barulah masukkan ke dalamnya.

5. Atur temperatur
Atur suhu atau temperatur kulkas dengan baik. Anda disarankan untuk mengatur suhu tidak terlalu dingin (cukup medium) agar mesin tidak bekerja terlalu berat. Suhu medium sudah cukup untuk menjaga kesegaran makanan dengan baik. Namun apabila anda ingin menaikkan temperatur sekali-sekali, maka hal tersebut juga tidak masalah.

6. Hindari penggunaan benda tajam saat membersihkan bunga es
Sewaktu anda ingin membersihkan bunga es, maka jangan pernah menggunakan benda tajam seperti pisau, karena dapat merusak evaporator. Ada langkah yang lebih sederhana untuk mencairkan bunga es, anda hanya perlu mematikan listrik kulkas dan biarkan bunga es mencair dengan sendirinya.

7. Beri jarak dengan dinding
Demi menjaga kestabilan sirkulasi udara, sebaiknya anda tidak meletakkan kulkas terlalu mepet atau menempel pada dinding maupun benda-benda di sekitarnya. Berikan jarak atau ruang sekitar 5-20 cm antara kulkas dengan dinding.

8. Membersihkan secara rutin
Cara terakhir yang sebaiknya anda lakukan adalah membersihkannya secara rutin, khususnya pada bagian kondensornya. Bagian tersebut umumnya terdapat banyak sekali kotoran dan debu yang menempel. Debu dan kotoran tersebut tidak bisa disepelekan karena dapat mengganggu kinerja mesin. Hal ini juga berlaku pada bagian dalam kulkas.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga kulkas tetap awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat.

Lihat juga : Kulkas Sharp