logo

4 Tips Untuk Memilih Sepeda Lipat Yang Tepat

Sepeda lipat atau folding bike hadir pertama kali di awal tahun 70-an. Namun demikian, sambutan masyarakat terhadap jenis sepeda ini kurang begitu bagus. Namun seiring berlalunya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin maju, sepeda lipat mulai diminati masyarakat. Hal ini karena folding bike modern telah menggunakan alumunium dan baja ringan sehingga nyaman dioperasikan serta lebih mudah dilipat dan disimpan. Sepeda lipat era sekarang sangat cocok dimiliki masyarakat perkotaan yang mempunyai hobi bersepeda santai. Folding bike merupakan solusi praktis bagi mereka yang tidak mempunyai ruang berukuran besar di rumahnya.

gambar sepeda lipat polygon urbano_3

Kriteria Untuk Memilih Sepeda Lipat

Apabila anda sedang merencanakan membeli folding bike dan masih bingung mengenai kriteria yang harus dipilih, berikut ada beberapa tips untuk anda, diantaranya adalah :

1. Perhatikan Ukuran Roda

Folding bike rata-rata memiliki roda berukuran 16 dan 20 inch, lebih kecil dibandingkan dengan sepeda konvensional. Namun hal ini memberi kepraktisan dan kemudahan untuk dilipat. Roda berukuran 16 inch sangat ideal untuk dijinjing dan dibawa dalam angkutan umum karena lebih praktis dan cepat dilipat. Sedangkan yang berukuran 20 inch menawarkan kenyamanan berkendara dan kinerja yang lebih baik namun tetap masih mudah dilipat. Ukuran 20 inch juga sangat cocok untuk bersepeda bagi mereka yang mementikan kinerja dibandingkan portabilitas.

Anda juga bisa memilih folding bike dengan roda berukuran lebih besar layaknya sepeda konvensional, umumnya berukuran 24 dan 26 inch. Selain nyaman digunakan, onderdilnya hampir sama dengan sepeda konvensional sehingga cukup mudah ditemukan di toko sepeda biasa. Namun dari segi kemudahan dan kepraktisan dalam melipat, tentunya tidak semudah  produk-produk yang berukuran 16 atau 20 inch.

2. Perhatikan Kenyamanan

Folding bike menawarkan kenyamanan dan daya tahan yang baik saat dikendarai bahkan dengan kecepatan tinggi. Meski demikian, sebelum membeli cobalah terlebih dahulu, atau perhatikan tinggi seatpost dan juga ukuran frame. Karena tidak sedikit dari konsumen yang kecewa karena setelah dipakai untuk bersepeda, produk yang dibelinya ternyata tidak nyaman dikendarai.

3. Perhatikan Hal Teknis

Sedikit mengulang kembali poin dua, ada baiknya anda juga memperhatikan kekuatan frame sepeda lipat yang akan dibeli. Begitu pula dengan sistem pengunci, pilihlah konstruksi frame yang kuat, kaku atau rigid. Selain itu penting juga untuk memperhatikan sambungan berupa las-lasan yang ada pada frame atau body sepeda, pilihlah yang rapi dan terlihat sempurna. Jika anda masih awam soal ini, anda bisa tanya kepada teman atau orang yang mengerti soal teknis sepeda, khususnya folding bike.

4. Merk

Sebenarnya ini bersifat subjektif, karena sebagian besar merk cenderung mempunyai kualitas yang sama bagusnya. Namun demikian, setiap merk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, tidak semua merk memproduksi sepeda lipat. Adapun merk-merk terkenal yang memproduksi folding bike adalah Dahon, United, Phoenix, Wim Cycle, Tern, Brompton, dan lain sebagainya.

Lihat Ulasan : 

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda pertimbangkan sebelum membeli sepeda lipat. Sebagai tambahan, jangan lupakan juga untuk disesuaikan dengan budget. Jika budget anda tidak begitu besar, anda masih berkesempatan untuk mendapatkan folding bike berkualitas. Diharapkan ulasan singkat ini dapat membantu anda untuk memilih sepeda lipat sesuai kebutuhan anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Happy Riding!!