logo

6 Tips Agar Makeup Tetap Awet Meski Kulit Wajah Berminyak

Mempunyai kulit wajah yang cenderung berminyak kadangkala cukup merisaukan. Bagi anda, khususnya para wanita, hadirnya minyak berlebih pada wajah mungkin akan mengganggu karena dapat membuat makeup menjadi mudah luntur. Hal ini mungkin memaksa anda untuk sering melakukan touch up agar wajah tampak segar setiap saat.

Pada jaringan kulit terdalam manusia terdapat kelenjar sebasea yang berperan memproduksi minyak agar kesehatan kulit tetap terjaga. Akan tetapi, kelenjar tersebut cenderung bekerja terlalu aktif pada individu yang kulitnya cenderung berminyak. Minyak berlebih akan jelas terlihat pada wajah, yakni pada zona T yang meliputi dahi, hidung, serta dagu.

tips makeup awet kulit wajah berminyak

Tips Agar Makeup Awet Meski Kulit Wajah Berminyak

Nah, bagi anda yang ‘sebal’ harus touch up berkali-kali karena makeup mudah luntur akibat wajah yang cenderung berminyak, anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya, hal tersebut bisa dihindari apabila anda mengetahui trik dan cara menyiasatinya. Anda bisa ‘menyembunyikan’ minyak di wajah dengan mengaplikasikan produk makeup melalui cara yang tepat. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Mengoleskan Primer

Sebelum mengenakan bedak ataupun foundation, ada baiknya mengoleskan primer terlebih dahulu, setidaknya pada zona T. Hal ini bisa membantu makeup melekat pada wajah. Cuci muka terlebih dahulu sebelum mengoleskannya. Disarankan menggunakan sabun cuci muka dengan kandungan glycolic acids maupun salicylic acid. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah.

2. Produk Oil-Free

Pilihlah produk makeup baik itu bedak, blush on, tabir surya, BB cream, primer, ataupun foundation yang memiliki label oil-free.

Baca juga : Foundation Wardah

3. Trik Menggunakan Tabir Surya

Sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya agar kulit bisa terhindar dari bahaya sinar UV. Memang, kadangkala penggunaan tabir surya bisa membuat wajah tampak berminyak, namun hal ini bisa disiasati. Caranya cukup sederhana. Tekan wajah anda yang telah dioleskan tabir surya dengan bantuan tisu, kemudian anda bisa me-makeup wajah anda sesuai keinginan.

4. Pelembab Bertekstur Ringan

Apabila ingin mengaplikasikan pelembab, sebaiknya menggunakan produk dengan tekstur yang ringan seperti serum. Pelembab dalam bentuk serum akan membantu melembabkan kulit tanpa harus membuatnya tampak berminyak.

5. Hindari Penggunaan Concealer Pada Kelopak Mata

Anda mungkin pernah mengalami atau melihat adanya kerak pada riasan mata beberapa jam setelah penggunaan makeup. Untuk menghindarinya, disarankan untuk tidak menggunakan concealer pada kelopak mata. Alternatifnya, gunakan primer khusus kelopak mata agar eyeshadow bisa melekat secara sempurna. Pilih juga produk riasan mata yang tahan air serta tahan lama.

Baca juga : Concealer Wardah

6. Bubuhkan Bedak Hanya Pada Area Berminyak

Sebagian dari kita mungkin pernah berpikir bahwa penggunaan bedak yang banyak akan membuat wajah terhindar dari minyak. Sayangnya, pemikiran tersebut tidak benar. Sebaliknya, penggunaan bedak terlalu banyak justru akan merangsang pori-pori kulit wajah untuk memproduksi minyak dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh sebab itu, bubuhkan bedak di area berminyak saja. Pilihlah bedak dengan formula matte translucent.

Baca juga : Bedak Tabur Wardah

Selain beberapa tips di atas, anda juga disarankan untuk selalu menyiapkan kertas minyak, terutama saat anda sedang beraktivitas di luar rumah. Kertas khusus minyak wajah ini dapat menjadi ‘penyelamat’ saat wajah anda mulai tampak berminyak. Cara mengaplikasikannya juga mudah, cukup menekan kertas minyak pada area wajah yang berminyak, jangan menggosok-gosokkannya.

Anda tidak perlu risau jika kulit anda cenderung berminyak. Lagipula, mempunyai kulit berminyak juga ada manfaatnya, yaitu kulit tampak lebih sehat dan juga tidak mudah keriput. Hal ini karena adanya minyak yang senantiasa melembabkannya.

Anda disarankan untuk mencuci wajah setiap pagi dan malam hari sebelum tidur agar tidak memicu timbulnya jerawat dan produksi minyak yang berlebihan. Penggunaan masker wajah yang terbuat dari bentonite clay maupun kaolin 1-2 kali seminggu juga bermanfaat untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah.

Tag
16648 Views