logo

5 Tips & Cara Merawat Sepatu Kulit

Cara merawat sepatu kulit – Apabila anda adalah sesorang yang mempunyai mobilitas tinggi, mungkin sepatu menjadi salah satu aset terpenting dalam kehidupan sehari-hari.

Jika anda merupakan penggemar sepatu model formal seperti oxford atau derby, mungkin anda termasuk tipe yang fashionable dan sangat menjaga penampilan. Umumnya, jenis sepatu yang digemari kalangan pria dewasa terbuat dari kulit karena memang terlihat menarik untuk dipakai.

cara merawat sepatu kulit

Dikarenakan harganya yang tidak murah, maka bagi anda pemilik sepatu kulit sebaiknya aware untuk melakukan perawatan secara rutin agar tidak cepat rusak. Sepatu dengan bahan kulit membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan jenis lainnya. Bisa dibilang, cara merawat sepatu kulit gampang-gampang susah. Oleh sebab itu, pastikan anda meluangkan waktu dan tenaga untuk merawatnya.

Tips & Cara Merawat Sepatu Kulit

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepatu kulit agar tetap terjaga dengan baik kondisinya. Apa saja itu? Berikut detilnya :

1. Kenali Jenis Kulitnya

Anda harus mengerti jenis bahan kulit apa yang digunakan pada sepatu anda. Apabila kualitas kulitnya baik, maka proses perawatannya pun semakin mudah meskipun membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, pahami juga sifat kulitnya, apakah elastik atau tidak, apakah kuat terhadap perubahan cuaca atau tidak. Bahkan kalau bisa, kenali tingkat kelembabannya juga.

2. Posisi Penataan/Penyimpanan

Untuk menjaga sepatu kulit anda tetap dalam kondisi baik, perhatikan juga posisi penataan/penyimpanannya. Meskipun terdengar sepele, namun ini cukup penting. Jika anda meletakkannya di atas rak sepatu, pastikan untuk memberi jarak dengan sepatu lainnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari sepatu kulit anda dari terjadinya gesekan yang bisa membuat baret permukaan sepatu. Banyak orang yang menyesal dan kecewa melihat sepatu kulit kesayangan mereka memiliki scratch sehingga cukup mengganggu mata saat dipakai.

3. Silica Gel & Udara Lembab

Apabila anda menyimpan sepatu kulit di dalam sebuah kotak, pastikan ada silica gel sebagai pendampingnya. Silica gel sangat membantu menghindari lembab dan jamur pada kulit sepatu , di mana faktor keduanya bisa memicu lapuk pada kulit sepatu anda.

4. Mencuci & Mengeringkan Sepatu

Anda harus mengerti dan mempelajari proses mencuci sekaligus mengeringkan sepatu kulit. Gunakan sikat khusus atau sejenis sponge ketika membersihkan sepatu. Sikat khusus untuk bahan kulit biasanya memiliki permukaan yang halus sehingga tidak akan membuat scratch sepatu kulit.

Kemudian hal yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah proses pengeringan sepatu. Hindari menjemur sepatu kulit kesayangan anda di luar rumah atau ruang terbuka yang terkena papara panasnya sinar matahari. Hal tersebut karena panas berlebihan dari sinar matahari akan membuat kulit sepatu menjadi mudah pecah.

Alternatif lainnya adalah menggunakan dryer, namun lapisi terlebih dahulu sepatu menggunakan koran bekas agar terhindar dari panas berlebih yang bisa merusak kulit sepatu.

5. Menyemir

Agar sepatu kulit kesayangan selalu terlihat cemerlang, biasakan untuk menyemirnya secara rutin sehingga warnanya tetap cerah dan terlihat seperti baru. Banya produk semir sepatu yang bagus dan berkualitas serta terbukti dapat mempertahankan warna dengan baik.

Selain itu, jangan lupa untuk membeli semir yang warnanya sesuai dengan warna kulit sepatu. Ketika menyemir, pastikan untuk melakukannya dalam gerakan satu arah agar tetap terlihat alami dan alur sepatu tidak berubah.

Sedangkan untuk menghindari terjadinya retak-retak tipis di lapisan kulit sepatu, belilah produk yang dapat membantu melapisi kulit dari efek buruk akibat cuaca seperti panas matahari ataupun hujan.


Cara merawat sepatu kulit memang tidak terlalu sulit, akan tetapi masih banyak pemilik yang kurang aware atau kurang telaten dalam merawat sepatunya. Proses perawatan ini memang membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Jadi, ketika anda ingin membeli sepatu kulit, pastikan juga anda meluangkan waktu dan tenaga untuk merawatnya.

Demikian ulasan singkat mengenai cara merawat sepatu kulit dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

Baca Juga : 12 Produk Kacamata Ray-Ban Populer

via L-Men.com

Tag
1178 Views