logo

Tips & Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah – Kulit wajah manusia menghasilkan minyak alami yang melindunginya. Masalahnya adalah, bagaimana jika wajah kita menghasilkan minyak yang terlalu banyak? Bagi sebagian besar orang, kondisi ini cukup mengganggu dan mereka berharap bisa mengurangi kadar minyak berlebih di wajah mereka. Selain tidak enak dilihat, kulit berminyak juga bisa memicu datangnya jerawat. Oleh sebab itu, mengontrol kadar minyak di wajah sangatlah penting.

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Jika anda termasuk orang yang kulit wajahnya cenderung memiliki kadar minyak berlebih, anda tidak perlu khawatir karena ada solusinya. Ada beberapa tips dan cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang bisa diterapkan, diantaranya adalah:

Tips #1 – Membersihkan Wajah

1. Gunakan Pembersih yang lembut.
Cuci wajah dengan menggunakan pembersih (cleanser) yang lembut agar kulit tidak iritasi. Menggunakan pembersih yang sifatnya ‘keras’ dapat menyebabkan wajah anda menghasilkan lebih banyak minyak. Jika pembersih lembut dirasa tidak efektif, anda bisa mencoba pembersih yang mengandung benzoil peroksida, asam beta-hidroksi, asam glikolat, atau asam salisilat.

2. Jangan menggosok wajah terlalu keras.
Scrubbing atau menggosok wajah dengan lap mandi (washcloth) atau spons yang bertekstur dapat mengiritasi kulit. Selain itu, menggosok wajah dengan cara yang ‘kasar’ justru akan menghasilkan lebih banyak minyak di wajah. Anda disarankan untuk menggosok wajah dengan cara lembut.

3. Cuci wajah di pagi hari dan di malam hari.
Mencuci wajah dua kali sehari sangat penting untuk menjaga agar minyak terkendali. Waktu mencuci wajah yang ideal adalah setelah Anda bangun dan sebelum tidur.

4. Gunakan toner hanya pada bagian kulit berminyak.
Menerapkan toner ke seluruh wajah berpotensi membuat kulit wajah jadi terlihat kering, kemerahan, dan bersisik. Aplikasikan toner hanya pada area berminyak saja, sedangkan untuk bagian kulit normal atau kering sebaiknya tidak usah diaplikasikan.

5. Gunakan Masker Tanah Liat.
Masker tanah liat dapat membantu mengeringkan dan menghilangkan sebagian besar minyak di wajah. Masker tanah liat bisa menjadi solusi terbaik saat anda ingin menghadiri acara-acara khusus dan penting, sehingga wajah bebas minyak untuk waktu yang lama. Baca juga : Masker Kefir – Masker Wajah Kaya Manfaat


Tips #2 – Melembabkan Wajah

1. Hindari pelembab yang mengandung minyak seperti petroleum atau shea butter.
Bahan ini akan menambah kadar minyak ke kulit wajah. Bacalah bahan-bahan yang tercantum di kemasan pelembab sebelum Anda membelinya.

2. Pilih pelembab yang mengandung dimethicone.
Carilah pelembab berlabel bebas minyak dan yang mengandung dimethicone. Pelembab yang mengandung dimethicone akan membantu menciptakan efek matte.

3. Pilihlah pelembab yang bersifat non-comedogenic atau non-acnegenic.
Apapun pelembab yang anda pilih, pastikan kemasannya terdapat tulisan non-comedogenic atau non-acnegenic. Pelembab yang diberi label non-comedogenic atau non-acnegenic mengandung bahan-bahan yang tidak menyebabkan timbulnya jerawat.

4. Gunakan pelembab secukupnya.
Oleskan pelembab ke wajah, cukup tipis-tipis saja. Anda bisa menambahkan lagi jika wajah Anda masih terlihat kering setelah mengaplikasikannya. Baca juga : Pelembab Wardah


Tips #3 – Mengaplikasikan Makeup

1. Gunakan Face Primer Matte.
Setelah membersihkan dan melembabkan kulit wajah, anda mungkin akan mengaplikasikan foundation. Namun sebelum menggunakan foundation, sebaiknya aplikasikan terlebih dahulu face primer matte ke wajah. Primer matte dapat membantu menyerap minyak berlebih hingga sepanjang hari.

2. Pilih produk makeup bebas minyak dan non-comedogenic.
Carilah foundation, bedak, blush, atau bronzer yang diberi label bebas minyak dan non-comedogenic. Produk ini tidak akan memberikan efek negatif pada kulit berminyak dan tidak akan menyumbat pori-pori. Baca juga : Foundation Wardah

3. Gunakan bedak berbahan mineral.
Oleskan bedak berbahan mineral ke wajah, cukup tipis saja menggunakan kuas bedak berukuran besar. Bedak berbahan mineral akan membantu mencegah tampilan berlekuk. Bawa bedak setiap kali anda pergi agar anda bisa melakukan touch-up sewaktu-waktu. Baca juga : 8 Bedak Tabur Untuk Kulit Berminyak

4. Aplikasikan Makeup secukupnya.
Gunakan setiap produk makeup secukupnya. Lapisan makeup yang ringan akan membantu kulit wajah bernafas dan mencegah produksi minyak berlebih sepanjang hari.

Baca juga : 6 Tips Agar Makeup Tetap Awet Meski Kulit Wajah Berminyak


Tips #4 – Gaya Hidup

1. Hindari makanan yang menghasilkan minyak.
Salah satu cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang cukup efektif adalah dengan menghindari makanan-makanan tertentu pemicu munculnya minyak berlebih pada kulit di wajah. Makanan-makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam berkontribusi untuk membuat kulit cenderung berminyak. Produk makanan yang diperkaya susu dan tepung juga dapat memicu timbulnya minyak berlebih. Hindari atau paling tidak batasi konsumsi makanan-makanan tersebut.

2. Konsumsi makanan pengontrol minyak.
Makanan yang tinggi serat seperti kacang polong, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengontrol minyak berlebih di kulit. Sayuran hijau dan buah sitrus sangat efektif melawan kulit berminyak.

3. Minum air yang cukup.
Air membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan juga membuang racun dari tubuh. Minum air yang cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat serta membantu mengontrol kelebihan minyak di kulit.

4. Mengontrol stres.
Stres memicu tubuh memproduksi hormon kortisol yang menyebabkan berlebihnya produksi minyak di kulit. Untuk mengendalikan stres dan kelebihan minyak yang ditimbulkannya, anda bisa mengaplikasikan teknik relaksasi ke dalam rutinitas harian seperti meditasi, yoga, atau bernapas dalam.


Tips #5 – Konsultasi dengan Dokter Kulit

Jika Anda masih memiliki masalah dengan kulit berminyak, dokter kulit mungkin bisa memberikan obat atau resep produk perawatan kulit untuk membantu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Dokter kulit dapat memberi resep krim retinoid topikal untuk membantu mengatasi wajah berminyak. Krim retinoid topikal dapat mengurangi minyak dan melawan jerawat juga.

Tanyakan juga tentang perawatan hormonal. Wanita mungkin mengalami kelebihan minyak karena fluktuasi hormon. Dalam beberapa kasus, minum pil kontrasepsi oral dapat menghentikan produksi minyak berlebih dan membantu membersihkan jerawat.

Dalam beberapa kasus, dokter kulit mungkin akan menggunakan perawatan ‘chemical peeling’ untuk mengatasi kelebihan minyak di kulit dan juga masalah jerawat. Meskipun perawatan ini hanya bersifat sementara, namun hasilnya cukup memuaskan. Anda bisa menanyakan hal ini lebih detil saat anda berkonsultasi dengan dokter kulit.


Itulah beberapa tips dan cara menghilangkan minyak berlebih di wajah yang bisa anda terapkan. Semoga tips-tips yang disampaikan dapat membantu permasalahan anda.