logo

6 Stand Mixer Pilihan Yang Berkualitas

Stand Mixer – Untuk membuat kue, roti, atau sajian lezat lainnya dibutuhkan suatu alat yang dapat membantu pekerjaan jadi lebih praktis dan mudah. Salah satu peralatan tersebut adalah mixer. Alat ini harus dimiliki bagi mereka yang hobi membuat kue ataupun sejenisnya. Mixer akan membantu mencampur dan mengaduk bahan menjadi adonan yang sempurna, sehingga makanan yang dihasilkan pun juga istimewa.

Ada dua jenis mixer yang sering dijumpai, yakin hand mixer dan stand mixer. Namun artikel ini khusus mengulas stand mixer beserta produk pilihan sebagai rekomendasi untuk para pembaca. Jenis stand mixer (mixer berdiri) sangat praktis dan memudahkan pekerjaan, karena tipe ini bisa ditinggal untuk mempersiapkan bahan lainnya.

Stand Mixer mesinnya lebih kuat dibandingkan hand mixer. Selain itu, stand mixer umumnya didukung dengan fitur yang lebih lengkap, sehingga membuat pekerjaan anda lebih mudah dan praktis.

Beberapa Produk Stand Mixer Pilihan

Jika anda browsing di internet atau hunting melalui retailer/toko-toko di kota anda, ada banyak produk stand mixer yang bisa dipilih. Hal tersebut mungkin membuat anda semakin bingung, kira-kira produk apa yang harus dipilih, mengingat produk-produk tersebut memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda satu sama lain.

Nah ulasan kali ini diharapkan bisa membantu anda untuk memberikan gambaran mengenai produk apa yang sebaiknya anda pilih, sesuai dengan kebutuhan harian serta budget anda.

1. Maspion MT 1140

stand mixer Maspion MT 1140

Harga sekitar ± Rp 275.000

Model ini sangat ekonomis, terjangkau dari segi harga, sehingga cocok bagi anda yang baru pertama kali menggunakan mixer dan hanya memiliki budget terbatas. Standi mixer ini dilengkapi mangkuk atau wadah untuk adonan.

Bodinya dapat dilepas dari stand, sehingga dapat melepaskan beater & header dengan mudah. Didukung dengan 5 tingkat kecepatan yang akan mencampur adonan dengan lebih mudah. Mangkuk dapat berputar saat alat dijalankan sehingga adonan cepat merat. Aksesoris : 2 beater + 2 kneader (stainless steel), Daya listrik : 200 Watt.

* Untuk stand mixer yang sekelas dengan produk ini,  anda bisa mempertimbangkan Miyako SM625 (3,5 liter – 190 Watt).

2. Philips HR1538

stand mixer Philips HR1538

Harga sekitar ± Rp 540.000

Philips juga tidak mau ketinggalan untuk meramaikan pasar stand mixer. Model HR1538 ini sangat berkualitas dan populer di kelasnya. Banyak konsumen yang merekomendasikan produk ini. Dengan kapasitas 1300 ml, stand mixer ini memiliki 3 pilihan pengaturan kecepatan. Dilengkapi dengan penopang, mangkuk, serta pengocok yang membuat pencampuran adonan atau bahan makan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Daya listrik : 170 Watt.

Baca juga : Blender Philips Terbaik

3. KF Profesional Chef Mixer MI-105A

Stand Mixer KF ini memiliki desain elegan dan ergonomis dalam perpaduan warna hitam-merah yang menarik. Hadir dengan motor yang tangguh berdaya 600 Watt, akan membantu mempermudah pekerjaan anda dalam proses mixing bahan makanan, baik berjenis semi-liquid ataupun semi-solid. Kapasitasnya juga cukup besar, yakni 4,2 liter.

stand mixer KF MI-505P

Harga sekitar ± Rp 1.850.000

Tersedia dalam 8 pilihan kecepatan yang dapat diatur sesuai keinginan. Sebagai informasi, kecepatan pencampuran atau mixing sangat berpengaruh terhadap jenis kue yang ingin dibuat. Maka dengan adanya 8 pilihan kecepatan tersebut, model mixer KF ini sangat cocok bagi para profesional atau anda yang hobi membuat kue. Perlengkapan : Alat pengocok telur dan pengaduk (terbuat dari alumunium), serta wadah adonan (stainless steel).

* Untuk seri KF lainnya bisa anda pertimbangkan KF MI-506P.

4. Oxone Ox-855

stand mixer Oxone Ox-855

Harga sekitar ± Rp 2.150.000

Mixer ini hadir dengan tampilan modern dalam balutan warna putih-hitam menarik. Memiliki 6-Speed (pilihan kecepatan) yang akan membantu anda untuk mencampur, mengaduk, ataupun mengocok. Bodi dan beberapa perlengkapan aksesorisnya terbuat dari stainless steel berkualitas yang membuatnya tahan lama dan anti karat.

Dilengkapi dengan 1 pengocok (beater), 1 buah pengalis, dan 1 pengaduk adonan. Memiliki kapasitas 4-5 kg. Terdapat fitur mangkuk berputar otomatis sehingga mempermudah proses mixing. Daya listrik : 300 Watt. Sertifikat Master Chef Indonesia Appreciation.

5. KitchenAid Artisan Series 5-Quart 5KSM150PSTG

stand mixer kitchenaid 5KSM150PSTG

Harga sekitar ± Rp 8.400.000

Anda sedang mencari stand mixer import berkualitas tinggi? Model KitchenAid yang satu ini mungkin layak dipertimbangkan. Stand mixer buatan Amerika ini hadir dengan 10 pilihan kecepatan. Selain itu, bodi dan sendok pengaduknya terbuah dari bahan metal berkualitas tinggi.

Begitu pula dengan mangkok yang terbuat dari stainless steel berkualitas. Dilengkapi dengan 3 jenis pengaduk. Kapasitas : Adonan (1,2 kg), Tepung (600 gram), dan mangkok (4,8 L). Daya listrik : 300 Watt.

* KitchenAid memiliki banyak seri lainnya yang kualitasnya juga bagus, sama seperti model ini. Anda bisa mencarinya lebih detil melalui mesin pencari seperti Google. Produk KitchenAid sudah banyak beredar di Indonesia dan banyak dijual di retailer-retailer online seperti Blibli atau Lazada.

6. Kenwood KMM770

Satu lagi stand mixer powerful, yakni Kenwood KMM770. Alat ini dirancang untuk membantu meningkatkan produksi. Hadir dengan 3 power outlet, membutuhkan daya 1200 Watt, alat ini dinilai sangat tangguh serta tahan lama. Cocok untuk para profesional atau hobiis expert layaknya chef ternama.

Kenwood KMM770

Harga sekitar ± Rp 9.600.000

Bodinya terbuat dari alumunium, serta mangkuk dan tombol kontrolnya terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi sehingga memiliki daya tahan dan kekuatan yang baik. Kapasitasnya tergolong besar, yakni 6,7 liter. Mangkuknya dilengkapi pegangan untuk memudahkan saat mengangkat ataupun menuang.

Dilengkapi pula dengan pengocok anti-lengket berbentuk balon yang akan membangun volume maksimal dalam adonan, memberikan tekstur halus dan ringan. Desain mirip balon ini memudahkan anda untuk mengocok dalam jumlah besar sekalipun, hingga 12 putih telur dalam sekali waktu.

Fitur dan perlengkapan lain meliputi Dough Hooks (membantu mendistribusikan ragi secara merata), Splashguard, dan Pengaduk berkualitas untuk menghasilkan adonan istimewa untuk pasta, kue, ataupun mashed potato.

* Model Kenwood lainnya : Kenwood KMM771, Kenwood KMX50, Kenwood KMX51, dan Kenwood KMC570.

Penutup

Itulah beberapa ulasan singkat tentang stand mixer pilihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda. Masih banyak produk-produk lain yang ada di pasaran. Namun sebagian besar dari keenam produk tersebut dipilih atas dasar rating serta tingkat popularitas dari para konsumen yang telah membelinya.

Kami juga menyortir produk stand mixer di atas berdasarkan harga, fitur, dan spesifikasi sehingga memudahkan anda untuk menganalisa produk yang sekiranya cocok dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini dapat membantu.

* Harga bersifat estimasi, dan bisa berubah sewaktu-waktu.