logo

Cara Membuat Donat Dengan Mudah & Praktis

Resep dan Cara membuat donat – Donat merupakan salah satu ‘jajanan’ yang banyak disukai orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain enak dan memiliki cita rasa yang khas, makanan ini cukup mengenyangkan sehingga cocok untuk mengisi perut dikala ‘keroncongan’.

Setidaknya ada 2 macam donat yang sering kita jumpai. Pertama adalah bentuk bulat dengan lubang di tengahnya, dan biasanya ditaburi bahan pelengkap seperti keju, coklat, ataupun glazur/glaze (cairan gula) sebagai topping. Yang kedua adalah bentuk bulat padat dengan isi dalamnya seperti selai strawberry, coklat leleh dan sebagainya.

cara membuat donat

Bagi para bunda yang anak atau suaminya gemar menyantap donat, tentu membuatnya sendiri di rumah adalah opsi yang bagus jika dibandingkan harus selalu membelinya di luar. Apabila memang tertarik membuatnya sendiri, maka bunda sedang membaca artikel yang tepat, di mana bahasan kali ini akan mengulas tentang resep dan cara membuat donat dengan mudah.

Resep dan Cara Membuat Donat

Cara membuat donat bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain proses menggorengnya, anda juga harus memperhatikan campuran bahan-bahannya dengan cermat. Hal ini karena jika terjadi kesalahan saat membuat adonannya, maka kemungkinan besar donat tidak akan jadi dengan sempurna, biasanya sulit ‘mengembang’ dan cenderung berbentuk bantat. Meskipun begitu anda tidak perlu khawatir, karena dengan mengikuti instruksi yang benar maka hasilnya pun akan memuaskan.

#Step 1 – Persiapkan Bahan-Bahan

  • 1/2 kg tepung terigu.
  • 3 sdm mentega.
  • 4 sdm gula pasir.
  • 200 cc air.
  • 11 gram ragi instan.
  • 2 butir telur.
  • 3 sdm susu bubuk.
  • Garam secukupnya (2 sdt).

#Step 2 – Cara membuat donat

  1. Kocok dua butir telur sampai berbusa, lalu campurkan bahan-bahan lainnya seperti gula pasir, mentega, tepung terigu, dan susu. Aduk hingga rata sampai menjadi adonan.
  2. Masukkan ragi ke dalam air, aduk hingga merata lalu campurkan ke dalam adonan yang sudah dibuat. Jika sudah, uleni adonan tersebut sampai kalis, masukkan dalam wadah tertutup. Diamkan kurang lebih selama 20 menit atau lebih, sampai adonan mengembang.
  3. Jika adonan sudah mengembang, ambil 1 sendok makan adonan kemudian bulatkan. Taburi adonan yang sudah dibulatkan dengan tepung terigu agar tidak lengket. Lakukan cara ini secara berulang sampai adonan habis. Biarkan selama beberapa menit agar adonan mengembang.
  4. Persiapan untuk menggoreng. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu. Sebelum menggoreng, beri lubang pada adonan yang telah ditaburi tepung. Jika minyak sudah panas, masukkan adonan donat tersebut ke dalam wajan, goreng menggunakan api kecil. Apabila donat sudah berubah warna menjadi kecoklatan, angkat lalu tiriskan.
  5. Anda bisa menaburi donat dengan berbagai topping menarik seperti keju, coklat, gula halus, dan lain sebagainya.

Tips di atas adalah cara membuat donat dengan jenis lubang di tengahnya. Apabila anda ingin membuat donat bentuk padat dengan isi di dalamnya (seperti selai strawberry atau cokelat leleh), maka bahan dan caranya juga tidak jauh berbeda.

Perbedaannya terletak pada langkah saat membulatkan adonan. Saat mengambil/membulatkan adonan, pipihkan adonan tersebut dan tambahkan bahan isian yang diinginkan, bisa selai strawberry, coklat leleh, susu kental manis, dan lain sebagainya. Lalu, tutup/bulatkan kembali adonan tersebut. Diamkan hingga beberapa menit dan setelah itu anda bisa menggorengnya dengan menggunakan api kecil. Angkat donat saat warna berubah menjadi coklat kekuningan.


Demikian tips singkat cara membuat donat sendiri di rumah. Bagaimana? Mudah dan cukup praktis bukan? Kini menghidangkan ‘jajanan’ modern favorit keluarga tercinta bukanlah hal yang sulit lagi. Share artikel ini jika bermanfaat..

Baca Juga : 

Tag
2190 Views