logo

6 Pompa Celup Yang Layak Untuk Dipertimbangkan

Pompa celup atau Submersible Pump adalah jenis pompa air yang menggunakan sistem sentrifugal, mengubah energi kinetis dalam air menjadi energi potensial yang bergerak ke permukaan melalui perangkat impeller yang bergerak memutar di dalam casing pompa. Alat ini memiliki mesin yang tertutup rapat di dalam casingnya.

Bila jet pump yang sering digunakan pada sumur bekerja dengan cara menarik air ke permukaan, pompa celup justru kebalikannya, yakni dengan cara mendorong. Maka dari itu, sesuai dengan namanya, pompa celup harus diletakkan di dalam air dengan ketinggian air minimal yang dapat dipompa oleh mesin tersebut.

Dan ketinggian air minimal tersebut harus tetap terjaga karena jika kurang, maka mesin tidak dapat memompanya dan akan mengakibatkan kerusakan. Untuk menjaga keawetan pompa celup ini harus senantiasa dioperasikan dengan takaran air yang dapat dipompa oleh mesinnya.


Kegunaan Pompa Celup

Pompa celup banyak dimanfaatkan untuk berbagai tujuan seperti untuk drainase, memompa lumpur, sistem irigasi dan lain sebagainya. Namun alat ini lebih populer dan banyak digunakan pada akuarium, kolam, dan air mancur. Alat ini dimanfaatkan sebagai filter kolam atau akuarium untuk membantu mensirkulasi air dan menjaganya tetap jernih.

Menggunakan pompa celup juga lebih banyak keuntungannya, diantaranya adalah :

  • Tidak memerlukan biaya perawatan yang tinggi, asalkan tetap di dalam air dengan ketinggian minimal maka pompa celup dapat bertahan lama.
  • Tidak menimbulkan suara bising karena letaknya di dalam air atau di dalam sumur.
  • Karena terendam dalam air maka mesin pompa juga tidak mudah panas meskipun terus menerus aktif.
  • Sistemnya menggunakan shaft penggerak sehingga shaft dan bearing tidak mudah aus.

Di pasaran saat ini sudah banyak dijual produk pompa celup dengan berbagai merek dan spesifikasinya. Tentu saja sebelum membelinya harus disesuaikan dengan penggunaannya, apakah untuk tempat luas seperti kolam ikan atau hanya untuk akuarium.

Ukuran serta spesifikasi mesin yang menyertainya pun akan berpengaruh pada besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membeli alat ini.


Beberapa Produk Pompa Celup Berkualitas

Dengan begitu banyaknya produk pompa celup yang ada, rasanya kurang memungkinkan untuk diulas semuanya. Namun beberapa daftar di bawah ini setidaknya bisa mewakili dan memberi gambaran bagi anda sebelum membelinya. Produk-produk yang akan diulas ini bersifat acak namun cukup populer di kelasnya masing-masing.

1. Tsurumi Family 12 SEA Non Auto

gambar pompa celup Tsurumi Family 12 SEA Non Auto

Selain untuk memompa air bersih, pompa celup ini juga bisa digunakan untuk air laut. Memiliki dimensi body 22 x 18 x 27 cm serta berat 5 kg yang membuatnya cukup ringan dan bisa dipindah-pindah. Mesin ini menggunakan daya listrik 100 watt serta tidak otomatis.

Kekuatan dorongnya mencapai hingga 7 meter dan dapat mendorong air sebanyak 80 liter per menit. Untuk ukuran outlet selang pompanya sendiri adalah ½ – 1 inci. Sangat ideal untuk digunakan pada kolam ikan yang cukup besar. Harganya sekitar Rp 1.100.000.


2. Resun Aquarium SP 5200

gambar resun-sp-5200

Merupakan pompa celup yang umum digunakan untuk menjaga kebersihan air akuarium. Alat ini terbuat dari bahan berkualitas dengan shaft berbahan stainless steel dan mesin rotor magnetik yang tahan lama. Dengan dimensi body berukuran 14 x 9 x 18 cm dan berat 4 kg, alat ini bekerja dengan efisien, tanpa suara dan tidak membutuhkan perawatan yang ekstra.

Alat ini membutuhkan daya yang tidak terlalu besar, yakni 60 watt, dan mampu mendorong air hingga mencapai 3,2 meter. Debit air yang dihasilkan sejumlah 2800 liter/ jam dan memiliki outlet selang berukuran 5/8 inci. Seperti namanya, Resun SP 5200 ini sangat ideal untuk akuarium. Harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 300.000.


3. Pedrollo 195 Watt Stainless RXm2

gambar pompa celup pedrollo stainless rxm2

Pompa celup merek ini memiliki beberapa kegunaan. Selain untuk memompa air bersih juga dapat difungsikan untuk menguras air banjir dan untuk sirkulasi air pada kolam berukuran besar. Dibuat dari bahan stainless steel dan mempunyai mesin yang berkualitas baik. Alat ini membutuhkan daya listrik 195 watt dan dapat mendorong air hingga maksimal 10 meter dan dapat digunakan untuk air kotor dan air bersih.

Debit air yang mampu dihasilkan adalah 220 liter/menit atau 13.200 liter/jam dengan outlet selang berukuran 1 ¼ inci. Daya dorongnya begitu besar sehingga alat ini sangat cocok untuk menguras air banjir dan kolam ikan yang sangat besar (bahkan yang dilengkapi air terjun sekalipun).

Dimensi bodinya adalah 27 x 18 x 22 cm dengan berat 9 kg dan sudah merupakan pompa otomatis . Harganya cukup tinggi namun memang sesuai dengan spesifikasi dan kualitasnya, yakni sekitar Rp 3.050.000.


4. HCP 100 watt

pompa celup hcp 100watt

Pompa celup ini berukuran 17 x 17 x 29 cm dan berat 6 kg. Bentuknya simpel dan cukup ringan sehingga bisa difungsikan untuk beberapa hal. Selain untuk menguras, mesin ini juga dapat digunakan untuk sirkulasi air kolam atau taman.

Kelebihan mesin ini adalah memiliki open vortex impeller, overheat protector dan desainnya yang berbentuk air vent. Fitur Vortex Impeller berguna untuk meminimalkan risiko penyumbatan sehingga pompa celup ini bisa menjadi pilihan tepat untuk memompa cairan dengan kandungan pasir yang tinggi. Daya listrik keluar untuk mesin ini sebesar 100 watt dan daya masuknya 200 watt.

Pompa celup yang belum otomatis ini dapat mendorong air mencapai 4,5 meter dan maksimal 7 meter serta menghasilkan debit air 50 liter per menit. Selangnya bisa menggunakan outlet berukuran 1 inci, ½ inci atau ¾ inci. Harga produk ini sekitar Rp 1.300.000.


5. Airlux SPA-180

Airlux SPA-180

Merupakan model pompa celup untuk air bersih. Dimensi bodinya berukuran 20 x 20 x 26 cm dengan berat 9 kg. Produk dengan material tangguh ini dapat digunakan untuk akuarium besar, kolam ikan, mengatur sirkulasi air di taman, memasok kebutuhan air bersih di perusahan tambang, dan bahkan bisa digunakan sebagai irigasi.

Alat ini menggunakan daya sebesar 180 watt yang dapat mendorong air ke permukaan hingga 2-5 meter. Sedangkan dorongan maksimalnya mencapai 6 meter. Alat ini mampu menghasilkan debit air hingga 80 liter per menit.

Sedangkan selang pompanya bisa menggunakan outlet yang berukuran 1 inci, 1 ¼ inci dan 1 ½ inci. Harganya cukup masuk akal, yakni sekitar Rp 955.000.


6. Firman XKF-110P

 firman XKF-110P

Merupakan salah satu pompa celup yang ringan dengan berat hanya 4 kg saja dan memiliki dimensi body 22 x 20 x 15 cm. Firman XKF-110P dapat dimanfaatkan untuk sirkulasi pada air kolam berukuran sedang ataupun air mancur taman. Membutuhkan daya listrik sebesar 110 watt yang dapat menghasilkan daya dorong mencapai 1,5 – 3 meter.

Sedangkan debit air yang dihasilkan hingga 3750 liter per jam dengan outlet pipa yang digunakan berukuran ¾ inci. Harga pompa celup kelas menengah ini sesuai dengan spesifikasinya, yaitu Rp 600.000.


Penutup

Itulah beberapa jenis dan merek pompa celup beserta dengan spesifikasinya. Sebetulnya masih ada banyak lagi produk yang bisa diulas, namun beberapa daftar di atas setidaknya bisa memberikan gambaran anda untuk membeli sebuah pompa celup.

Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu kebutuhan anda, apakah untuk kolam, akuarium, atau bahkan untuk menguras air dalam jumlah besar seperti banjir. Salah satu parameter penting yang perlu diperhatikan adalah jumlah debit air yang mampu didorong per menit atau per jamnya.

Jika requirement tersebut sudah anda tentukan, maka merek atau harga adalah urusan berikutnya, anda bisa menentukannya sendiri secara subjektif. Semoga artikel dan informasi ini bermanfaat.