logo

7 Pompa ASI Pilihan Untuk Ibu Menyusui

Pompa ASI – Banyak manfaat yang akan diterima bayi dari ASI atau Air Susu Ibu. ASI mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi, khususnya enam bulan pertama setelah kelahiran. Selain itu, ASI juga menawarkan perlindungan bagi si bayi dari serangan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, menyusui merupakan hal penting yang harus dilakukan para ibu terhadap buah hati tercintanya.

Namun demikian, sebagian diantara para ibu mungkin tidak dapat menyusui bayinya secara langsung dikarenakan adanya kondisi tertentu, seperti sibuk bekerja atau sedang di luar rumah. Maka dari itu, untuk mempermudah para ibu, salah satu alternatif yang bisa dicoba adalah menggunakan pompa ASI. Pompa ASI cukup efektif membantu para ibu yang tidak memungkinkan menyusui bayinya secara “langsung” karena kondisi-kondisi tertentu, seperti sedang di luar rumah. Alat ini sangat praktis dan efisien digunakan para ibu yang ingin memberikan ASI secara cepat di saat sedang berpergian dengan buah hati.

2 Jenis Pompa Asi

Terdapat dua jenis pompa ASI yang bisa dipilih, yakni manual dan elektrik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut detil penjelasannya.

Manual

Tipe manual diperuntukkan para ibu menyusui yang ingin memompa ASI dengan frekuensi tidak terlalu sering, atau sesekali waktu sesuai kebutuhan. Adapun kelebihan jenis manual jika dibandingkan elektrik adalah bentuknya yang lebih kecil serta lebih ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Sebagian konsumen berpendapat bahwa tipe manual dirasa lebih alami dan lebih mirip dengan gerakan bayi saat menghisap. Pompa ASI manual juga tidak bising, mudah dibersihkan, dan lebih murah dibandingkan versi elektrik. Meski demikian, kekurangan jenis manual adalah harus memompa sendiri dengan tangan, sehingga bisa menimbulkan kelelahan (khususnya pada tangan) bila tidak terbiasa atau ingin memompa dalam jumlah banyak.

Elektrik

Sedangkan jenis pompa ASI elektrik ditujukan bagi para ibu yang ingin memompa lebih sering atau dalam jumlah banyak. Kelebihan lainnya adalah, ibu dapat memompa lebih mudah, lebih cepat, lebih ringkas, dan tidak membuat cepat lelah. Tipe elektrik cocok untuk ibu dengan mobilitas tinggi atau aktivitas yang cukup padat. Meski demikian, versi elektrik mempunyai beberapa kekurangan, yakni lebih berat, bising (beberapa tipe tertentu), dan lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan manual. Selain itu, harganya juga cukup mahal.

Beberapa Produk Pompa ASI Pilihan

Sekarang saatnya untuk memberikan ulasan singkat mengenai beberapa produk pompa ASI yang bisa anda pertimbangkan untuk dipilih. Parameter yang kami gunakan dalam memilih produk-produk berikut ini didasarkan oleh beberapa faktor, mulai dari merk, kualitas, hingga review dari para pembeli.

1. CHICCO Natural Feeling (Manual)

gambar pompa asi CHICCO | breast pump

Harga sekitar ± Rp 380.000

Adalah Manual Breast Pump yang akan mendukung pemberian Air Susu Ibu secara optimal pada buah hati anda. Dirancang sesuai dengan anatomi payudara ibu, begitu pula dengan desain cup-nya yang dirancang sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara ibu. CHICCO manual breast pump ini didukung dengan katup regulator yang berguna untuk mengikuti ritme bayi saat sedang menyusui, sehingga hasilnya lebih maksimal. Membran ultra-soft silicon-nya dibuat dalam bentuk spesial, memudahkan pemijatan payudara serta memperlancar aliran ASI ketika sedang memompa. Keterangan lain : BPA-Free, dilengkapi dengan 1 buah botol susu ukuran 150 ml.

2. PIGEON Manual Breast Pump

gambar pompa asi pigeon | breast pump

Harga sekitar ± Rp 460.000

Pompa ASI ini tidak jauh berbeda dengan CHICCO. Terbuat dari bahan silicon yang aman dan BPA-free. Dirancang secara unik agar memungkinkan para ibu untuk duduk dengan nyaman saat memompa. Pegangannya juga didesain ergonomis, dapat memberikan kemudahan pengoperasian satu tangan. Terdapat bantalan silicon lembut pada corong yang dilengkapi 5 gelembung, di mana memiliki peran untuk merangsang aliran ASI.

3. Medela Harmony Light (Manual)

gambar pompa asi medela manual | breast pump

Harga sekitar ± Rp 550.000

Pompa ASI Medela ini akan membantu ibu menyusui untuk memerah ASI dalam jumlah yang lebih banyak dalam waktu singkat, serta membantu menstimulasi peningkatan jumlah produksinya. Dirancang dengan bentuk kompak dan praktis agar mudah digunakan oleh para ibu menyusui. Dilengkapi pula dengan dudukan agar pompa dapat berdiri dengan sempurna saat diletakkan di atas meja. Selain itu, alat ini didukung oleh tuas manual yang memudahkan ibu menyusui untuk menggunakan satu tangan. Produk dari Medela ini juga mudah dibersihkan.

4. Philips Avent Breastpump (Manual)

gambar pompa asi philips avent

Harga sekitar ± Rp 715.000

Pompa ASI Philips Avent ini mempunyai kualitas sangat baik, terbuat dari bahan silikon bebas BPA. Didesain one-handed operation untuk para ibu yang aktif dengan gentle-draw vacuum, patented soft 5-petal massage cushion, serta unique storage system yang memberikan kemudahan ibu untuk memompa ASI lebih banyak dalam waktu relatif singkat. Bagian corong pompa didesain sesuai dengan cara duduk yang nyaman untuk ibu, sehingga saat memerah ASI tidak perlu membungkuk.

5. Pigeon Silent Electric Breast Pump (Elektrik)

gambar pompa asi pigeon elektrik

Harga sekitar ± Rp 1.670.000

Dipersembahkan untuk para bunda yang tidak ingin repot dalam memompa ASI. Alat ini bisa digunakan di mana saja dan kapan pun. Dilengkapi dengan bantalan berbahan silikon lembut yang nyaman. Terdapat 6 level hisapan untuk menghasilkan ASI dengan nyaman. Didukung oleh teknologi 1 tahap pengularan ASI, yakni mode ‘Stimulation’ dan ‘Expression’. Mode Stimulation berperan menstimulasi payudara secara lembut agar ASI dapat keluar, sedangkan mode Expression berperan memaksimalkan alirannya. Alat ini aman digunakan (BPA free) dan higienis.

6. Philips Avent SCF332/01 (Elektrik)

gambar pompa asi philips avent elektrik

Harga sekitar ± Rp 2.215.000

Merupakan pompa ASI otomatis yang memberikan rasa nyaman pada ibu saat memompa, tanpa rasa sakit, serta ritme yang stabil dengan memanfaatkan sistem one-handle-hand pada tuas pompa, sehingga akan diperoleh ritme hisapan bayi. Produk dari Philips Avent ini aman dan mudah digunakan, serta higienis. Alat ini dioperasikan secara otomatis dan dapat menampung air susu ibu sebanyak 125 ml. Praktis digunakan, dilengkapi 3 pengaturan pemompaan untuk kenyamanan bunda. Keterangan lain : Bebas BPA, bahan karet lunak, 110-240 V.

7. Medela Breastpump Swing (Elektrik)

gambar pompa asi medela elektrik

Harga sekitar ± Rp 2.000.000

Medela juga menyediakan pompa ASI tipe elektrik berkualitas. Alat ini dapat memompa air susu ibu lebih banyak dalam waktu singkat. Didukung teknologi 2 Phase Expression yang menyerupai ritme dalam menyusui bayi. Desain ergonomis, nyaman digunakan dan tidak berisik. Terbuat dari bahan Bisphenol A bebas BPA sehingga aman untuk si bayi. Alat ini juga dilengkapi beberapa level vacuum agar setting-nya lebih mudah.

* Harga bersifat estimasi, dapat berubah sewaktu-waktu

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai pompa ASI berkualitas yang bisa menjadi pertimbangan bunda untuk dimiliki. Adapun merk-merk ternama lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah Unimom, Spectra, Dr. Brown’s, Bremed, dan lain sebagainya. Sebelum membelinya, pastikan kebutuhan anda terlebih dahulu ,sehingga anda bisa menentukan jenis apa yang harus anda beli, manual ataukah elektrik. Anda bisa membelinya di toko perlengkapan bayi di kota anda, karena produk-produk tersebut cukup mudah dijumpai. Apabila tidak menemukannya, anda bisa membelinya secara online di retailer-retailer terpercaya.

Baca juga : 6 Kereta Dorong Bayi Pliko

Tag
29192 Views