logo

Perbedaan BB, CC, dan DD Cream – Pilih Yang Mana?

Jika anda bingung dengan perbedaan BB dan CC Cream, maka anda tidak sendirian. Hal ini ditambah lagi dengan hadirnya krim alfabet lainnya yaitu DD Cream yang mungkin membuat anda semakin bingung. Akankah muncul ‘adik-adik’ lainnya seperti EE atau bahkan ZZ cream? Kita tunggu saja..

Bagi orang yang telah expert terhadap kulit, makeup, maupun dunia kecantikan secara umum, memahami perbedaan ketiga krim ini mungkin bukanlah masalah berarti. Namun bagi orang yang masih awam, mungkin kurang paham terhadap perbedaannya.

BB CC DD Cream

Oleh sebab itu, artikel kali ini akan menjelaskan mengenai perbedaan mendasar ketiganya sehingga anda bisa mengetahui krim mana yang kira-kira dibutuhkan nantinya.

Apa itu BB Cream?

BB Cream awalnya populer di Korea dan negara-negara kawasan Asia Timur lainnya lebih dari satu dekade lalu. Singkatan dari BB itu sendiri awalnya adalah ‘Blemish Balm’ (blemish mengacu pada ketidaksempurnaan kulit, bukan hanya jerawat). Ketika produk ini masuk ke pasar Amerika Serikat, arti dari BB pun berubah, bukan ‘Blemish Balm’ lagi melainkan ‘Beauty Balm’.

Perbedaannya pun bukan hanya dari segi nama saja. BB Cream versi Asia cenderung lebih tebal, dengan kadar zinc oxide dan titanium dioxide-nya yang lebih tinggi untuk perlindungan kulit dari sinar matahari serta coverage seperti layaknya foundation. Sebaliknya, sebagian besar BB Cream ala ‘Barat’ lebih ke arah pelembab berwarna bertekstur ringan dengan tampilan ‘sheer’.

Terlepas dari adanya perbedaan versi tersebut, main selling point dari BB cream adalah memperhalus serta memberikan perlindungan kulit dari sinar matahari dan radikal bebas dengan dukungan sejumlah bahan anti-penuaan kulit yang bermanfaat. Maka dari itu, anda mungkin akan menemukan sejumlah produk BB Cream yang telah dilengkapi dengan SPF yang cukup tinggi.

Baca juga : 13 BB Cream Yang Bagus

Apa itu CC Cream?

Singkatan CC pada CC cream mengacu pada ‘color’ dan ‘correct’, lebih dikenal sebagai Color Correcting atau Complexion Corrector. Formula dari CC Cream lebih ringan dibandingkan BB Cream pada umumnya. Selain itu, tekstur krimnya lembut dan halus.

Hadirnya CC Cream bertujuan untuk menyamarkan perbedaan warna kulit di wajah, hiperpigmentasi, dan kemerahan. Adanya kandungan lycopene di dalamnya bertujuan untuk membantu mengurangi kemerahan serta menyediakan nutrisi berupa vitamin C yang dapat membantu wajah tampak bersinar. Produk CC Cream umumnya juga dilengkapi dengan SPF yang tinggi.

Apabila anda sedang mengalami permasalahan kulit di wajah, seperti adanya kerutan, garis-garis halus, iritasi, kemerahan, serta warna kulit tidak rata, maka CC cream merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasinya. Hasilnya lebih efektif dibandingkan BB Cream.

Apa itu DD Cream?

Singkatan DD berarti ‘Daily Defense’ atau ‘Dynamic Do all cream’. Efek yang diberikan sebagai krim perawatan kulit sangat baik. DD Cream tidak terfokus pada wajah saja, namun juga bisa digunakan untuk bagian tubuh lainnya seperti kaki ataupun tangan.

Krim ini memberikan kelembaban ekstra dan mempunyai formula yang sangat ringan. DD Cream juga dapat membantu menyamarkan noda kulit, karena umumnya krim ini dibuat dengan warna yang menyerupai kulit sehingga warna kulit akan terlihat merata dan sama satu dengan lainnya.

Baca Juga : DD Cream Wardah


Pilih yang mana?

Di Indonesia, BB cream masih menjadi krim yang paling populer diantara ketiganya. Meskipun sama-sama krim untuk wajah, namun ketiganya merupakan krim yang berbeda dan mempunyai fungsi utama yang berbeda pula. Lantas, krim mana yang sebaiknya dipilih? Semua itu tergantung dari kebutuhan setiap individu.

BB Cream

BB Cream cenderung untuk konsumen berusia lebih muda karena tidak membutuhkan koreksi warna pada wajah. Selain itu, krim ini hanya membutuhkan pulasan tipis secara instan yang akan membuat wajah terlihat halus. Beberapa pendapat mengatakan bahwa BB Cream tidak menutupi pori-pori maupun memperburuk masalah pada kulit wajah, serta tidak memperbaikinya secara signifikan. BB Cream terkonsentrasi pada tujuan ‘memperhalus’.

CC Cream

Sedangkan CC cream ditujukan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah secara menyeluruh seperti pigmentasi atau kemerahan, namun tidak seberat sebagaimana alas bedak. Oleh sebab itu, krim ini lebih cocok untuk kulit orang yang lebih dewasa, karena mereka biasanya memiliki kondisi atau permasalahan kulit seperti yang telah dijelaskan.

Salah satu tips untuk memaksimalkan CC Cream adalah menggunakannya sebagai lapisan pertama sebelum memakai alas bedak. Selain akan memberikan manfaat anti-penuaan, hal tersebut akan membuat kulit tampak lebih indah sekaligus menjaganya tetap lembab. Menambahkan sedikit bedak di atas lapisan CC cream di wajah akan memberikan tampilan flawless yang mampu bertahan hingga sepanjang hari.

DD Cream

Untuk DD cream, formulanya sangat ringan. Meskipun mampu membantu menyamarkan noda di kulit, namun krim ini memiliki fungsi lebih ke arah perawatan dan tidak memberikan tampilan yang ‘menutup’ dan ‘berat’ seperti BB ataupun CC cream.

Informasi Tambahan

Coverage : BB Cream memberikan coverage lebih banyak dibandingkan CC Cream. BB Cream lebih cocok untuk tampilan yang lebih heavy, sedangkan CC Cream cocok untuk digunakan sehari-hari.

Color : CC cream lebih banyak kandungan warna, sangat cocok digunakan bagi individu yang mengalami masalah hiperpigmentation.

Finish look : BB cream memberikan hasil akhir dewy atau berkilau, sedangkan CC cream tidak. Keduanya sama-sama memiliki ketahanan yang sangat baik, namun tidak sebaik foundation.

Baca juga : 8 Cream Pemutih Wajah Yang Aman Digunakan


Demikian ulasan mengenai perbedaan antara BB, CC, dan DD Cream. Dengan mengetahui perbedaan antara ketiganya, diharapkan anda bisa memilih krim sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kulit anda. Semoga bermanfaat.

Tag
11606 Views