logo

Wajah Kusam – Kenali Penyebab dan Cara Mencerahkannya Kembali

Wajah kusam sebenarnya adalah kondisi yang umum terjadi pada siapapun. Meskipun demikian, bagi sebagian orang – khususnya wanita, memiliki wajah kusam merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap sepele.

Hal ini karena wajah jadi kurang menarik atau terlihat tidak fresh, sehingga bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri apalagi jika pekerjaan anda berhubungan dengan publik.


Penyebab Wajah Kusam

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan kulit wajah anda menjadi kusam. Beberapa faktor yang sering dijumpai meliputi tingkat stres, udara/cuaca, paparan sinar matahari, penggunaan produk kosmetik yang tidak berkualitas, hingga faktor gaya hidup yang tidak sehat.

wajah kusam - penyebab - mencerahkan wajah kusam

Akan tetapi, ternyata masih ada banyak faktor lagi yang menyebabkan wajah menjadi kusam. Beberapa penyebab wajah kusam lainnya meliputi:

1. Kurang Eksfoliasi

Sebagian orang menganggap bahwa mencuci muka dua kali sehari adalah aktivitas yang cukup untuk melindungi kulit. Rutinitas tersebut memang dirasa cukup. Namun, pada sebagian orang yang cenderung berisiko memiliki wajah kusam, perlu adanya tindakan tambahan lagi, yaitu Pengelupasan atau Eksfoliasi.

Berdasarkan penelitian, penyebab wajah kusam paling umum adalah kekeringan. Kulit yang kering haruslah mengelupas agar dapat menghasilkan kulit yang lebih cerah dan segar.

Eksfoliasi juga membuat kulit jadi lebih baik dalam menyerap produk yang diaplikasikan terhadapnya. Jadi, anda tidak usah heran saat memperoleh hasil kulit yang lebih maksimal dari produk yang anda gunakan setelah melakukan eksfoliasi.

2. Kurang Lembab

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit yang baru membutuhkan kelembaban. Dengan kelembaban yang cukup, permukaan kulit jadi tampak bersinar dan lebih halus.

Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan pelembab yang memiliki bahan seperti ceramides. Bahan ini mampu membantu memperbaiki fungsi kulit. Selain itu, Ceramides juga akan meningkatkan kadar air dan asam hyaluronic yang bisa menyebarkan air ke jaringan di sekitarnya.

Mengaplikasikan pelembab juga ada tekniknya. Sebaiknya, oleskan pelembab secara lembut, mulai dari leher ke atas. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah serta merangsang sel-sel di bawahnya. Pada akhirnya, kondisi ini akan membuat oksigen terlepas ke permukaan kulit sehingga wajah anda jadi terhidrasi dan lebih sehat.

3. Kurang Minum Air

Tubuh yang dehidrasi akan mempengaruhi kulit. Dehidrasi akan menurunkan volume aliran darah ke kulit sehingga membuat wajah terlihat pucat.

Dehidrasi bukanlah masalah sepele yang akan teratasi dengan cepatnya setelah minum segelas air maupun menggunakan pelembab. Kondisi ini merupakan masalah kulit jangka panjang yang tidak bisa diatasi dalam beberapa menit saja.

Baca juga: 6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Dehidrasi akan mempengaruhi anda saat berkosmetik. Pengaplikasian kosmetik ke wajah akan bekerja maksimal saat kulit terhidrasi dengan baik. Secara keseluruhan, dehidrasi akan membuat kulit terlihat keriput, kendur, dan kusam.

4. Merokok

Salah satu penyebab kulit mengalami masalah serius adalah aktivitas merokok. Merokok akan menyebabkan masalah serius pada kulit untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Zat karsinogenik dalam rokok akan berdampak buruk terhadap struktur dan integritas kulit. Selain itu, merokok juga bisa mengakibatkan rusaknya kolagen, membuat kulit terlihat keriput dan tampak pucat.

5. Pola Makan Tidak Sehat

Apa yang anda makan akan berdampak bagi kesehatan tubuh, termasuk juga dalam hal ini adalah kulit. Kulit yang terlihat tidak sehat juga bisa disebabkan karena asupan makanan yang tidak sehat dan seimbang.

Salah satu contohnya adalah terlalu banyak makan gorengan dan makanan yang asin. Makanan-makanan seperti ini akan meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan. Sebagai gantinya, para ahli diet mendorong anda untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, yang mengandung protein berkualitas tinggi, kaya antioksidan, dan asam lemak esensial.

Beberapa pilihan makanan yang disarankan adalah kacang merah, cranberry, blueberry, kiwi, jeruk, kenari, dan alpukat.

6. Lingkungan

Faktor eksternal seperti polusi udara atau paparan sinar matahari juga akan mempengaruhi kesehatan kulit. Selain itu, kelembaban udara yang rendah juga merupakan masalah tersendiri.

Jika anda tinggal di lingkungan dengan udara ataupun cuaca yang tidak mendukung, salah satu hal sederhana yang bisa anda lakukan adalah berolahraga. Aerobik diketahui mampu meningkatkan sirkulasi pada kulit, membantu menghilangkan racun pada kulit.

7. Kurang Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak terkecuali terhadap kulit. Tidur merupakan waktu restoratif tubuh saat sel kulit beregenerasi dan memperbaiki diri. Apabila periode waktu ini diubah atau dipersingkat, sel kulit tidak bisa tampil prima.

Hal ini akan menyebabkan perubahan peredaran darah seperti pengelupasan kulit, perubahan produksi minyak, serta kulit terlihat bersisik, kering, dan pucat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

8. Stres

Ketika anda sudah melakukan perawatan secara optimal namun menghasilkan perubahan besar, mungkin faktor stres menjadi penyebabnya. Perlu diketahui bahwa stres juga berpengaruh besar terhadap kondisi kulit anda.

Stres akan meningkatkan kortisol dalam tubuh yang dapat mempengaruhi aliran darah ke kulit. Perasaan kecewa, frustasi, ataupun marah akan menghambat kulit untuk bersinar dengan cerahnya.

9. Produk Perawatan Kulit Yang Tidak Tepat

Jika anda sering menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan berbeda, maka hal tersebut juga berdampak pada kondisi kulit, kulit jadi iritasi. Sebagai contoh, kandungan asam glikolat dan asam salisilat dari satu produk diketahui bisa merusak bahan vitamin C atau retinol. Selain itu, seringnya berganti-ganti produk juga tidak memberikan hasil yang efektif.


Cara Mencerahkan Wajah Kusam

Karena penyebab wajah kusam sudah diketahui, tentu tidak sulit untuk menerapkan tindak pencegahannya. Beberapa tips berikut ini akan membantu anda untuk mencegah terjadinya wajah kusam.

1. Hindari Merokok

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, merokok akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok akan terlihat lebih tua, wajah terlihat kusam, warna kulit tidak rata/belang, dan lebih lekas berkeriput. Jadi solusinya sudah jelas, yaitu hindari atau berhenti merokok sekarang juga jika kulit anda ingin segar kembali.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Terpapar sinar matahari berlebih akan menyebabkan kulit kusam. Jika anda sering berada di area terbuka, maka lindungilah kulit wajah anda dengan menggunakan tabir surya yang ber-SPF 30 atau lebih. Tabir surya sebaiknya juga digunakan meskipun hari sedang mendung. Batasi pula aktivitas outdoor di bawah terik sinar matahari antara jam 10.00 – 14.00.

3. Menggunakan Produk Perawatan

Ada beberapa tips terkait pencegahan wajah kusam dengan menggunakan produk perawatan. Hal-hal yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Gunakan produk sesuai dengan jenis kulit (normal, berminyak, atau kering). Jika jenis kulit anda adalah kering, maka gunakan pembersih tanpa aroma dan tanpa alkohol, lalu bilas menggunakan air hangat. Namun apabila kulit anda berminyak, gunakan pembersih wajah bebas minyak untuk membersihkan wajah.
  • Jika kulit anda sensitif, hindari penggunaan scrub wajah.
  • Aplikasikan pelembab atau mousturizer setiap hari agar kelembaban kulit tetap terjaga. Jika wajah anda berjerawat, maka gunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak. Untuk menyamarkan kerutan halus pada wajah, gunakan krim pelembab yang mengandung asam hialuronat dan gliserin.
  • Bahan bernama retinoid diketahui bermanfaat memperbaiki tekstur kulit, mengurangi jerawat, mencerahkan wajah, dan meningkatkan produksi kolagen. Retinoid ini umumnya tersedia dalam bentuk krim, gel, atau serum. Jika anda ingin mencerahkan wajah yang kusam, gunakan produk berbahan retinoid ini dengan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.
  • Hindari berbagi makeup dengan orang lain untuk mencegah penyebaran bakteri.
  • Bersihkan riasan wajah sebelum tidur untuk menghindari timbulnya jerawat dan penyumbatan pori-pori.
  • Gunakan pembersih khusus wajah. Jangan menggunakan sabun mandi, karena berisiko menyebabkan iritasi kulit wajah.
  • Gunakan krim perawatan kulit wajah yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Pilihlah krim yang mengandung niacinamide.
  • Kecuali pada kulit kering, gunakan eksfoliator (Scrub) minimal seminggu sekali untuk melepas sel-sel kulit mati agar pelembab yang digunakan dapat terserap kulit wajah secara maksimal.

Baca juga: 8 Cream Pemutih Wajah Yang Aman Digunakan

Untuk perawatan harian, sebaiknya rajin mencuci wajah setiap harinya agar kulit tetap bersih. Namun demikian, jangan terlalu sering melakukannya karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Lakukanlah cukup 1-2 kali sehari. Gunakan handuk lembut saat mengeringkan wajah.

4. Terapkan Pola Makan Sehat dan Rutin Olahraga

Mendapatkan kulit wajah yang segar dan bersinar sebenarnya tidak sulit, dan hanya membutuhkan penerapan gaya hidup sehat. Sebagai cara yang alami dan murah meriah, olahraga secara teratur tidak hanya berkontribusi positif untuk kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Selain itu, jadikan buah-buahan dan sayuran sebagai menu wajib harian anda. Menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur akan membantu memperlancar aliran darah dan nutrisi tubuh sehingga kulit wajah pun akan terlihat segar dan tidak kusam.

5. Cukup Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas akan mengoptimalkan sekresi alami dari hormon pertumbuhan yang membantu mendorong produksi kolagen dan pergantian sel-sel tubuh. Jika anda kurang tidur, maka proses ini akan terhambat dan wajah jadi terlihat lelah serta kusam. Di sisi lain, kebanyakan tidur juga tidak baik untuk kulit.

6. Kontrol Stres

Karena stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit, maka anda harus bisa-bisa memanajemen stres. Kelolalah stres anda dengan melakukan berbagai hal yang positif juga. Anda bisa melakukan relaksasi, meditasi, ataupun rekreasi untuk meredakan stres anda.


Masker Untuk Wajah Kusam

Apabila anda menginkan cara alami untuk mencerahkan wajah kusam, anda dapat menggunakan masker wajah alami yang bisa anda buat sendiri di rumah.  Beberapa masker wajah alami untuk wajah kusam adalah sebagai berikut:

1. Masker Jus Lemon

Lemon adalah bahan pembersih alami yang mampu membantu mencerahkan kulit. Caranya cukup mudah. Peras setengah lemon, lalu campur dengan air setengah gelas. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut, kemudian oleskan di wajah.

Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit, dan jangan pergi keluar ruangan apalagi sampai terkena sinar matahari karena kulit bisa menjadi sensitif. Setelah membilas wwajah, oleskan pelembab di kulit. Terapkan hali ini 2-3 dalam seminggu.

2. Masker Kunyit

Kunyit dipercaya mampu menghambat produksi melanin sehingga bisa mencerahkan wajah. Untuk menerapkannya, campurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitu, lalu oleskan dengan gerakan memutar pada wajah anda. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan. Lakukan hal ini 1-2 kali dalam sepekan.

3. Masker Madu

Madu bisa berperan sebagai pelembab dan bahan antibakteri. Campurkan madu dan yogurt plain (tanpa rasa) seperlunya, kemudian oleskan di wajah anda. Diamkan selama 15 menit, lalu bilaslah dengan air hangat.

4. Masker Kentang

Kentang mengandung vitamin C yang bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Potonglah kentang mentah menjadi dua bagian, kemudian usapkan ke kulit wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan.

5. Masker Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, C, dan E yang bagus untuk kulit wajah. Jadikan pepaya menjadi bubur dengan cara dihancurkan, lalu dicampurkan dengan air agar menjadi masker. Simpan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dioleskan ke wajah.

Baca juga: 10 Masker Wajah Yang Bagus


Penutup

Sebenarnya tidak ada yang spesial dalam mengatasi wajah kusam. Semuanya cukup sederhana, hanya dengan menerapkan pola hidup sehat ditambah dengan beberapa tips khusus di atas, anda sudah bisa mencegah dan mengatasi wajah kusam. Justru wajah anda akan terlihat lebih segar, sehat, dan cerah setiap saat. Semoga ulasan tentang penyebab dan cara mencerahkan wajah kusam dalam artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah