logo

Mesin Pemotong Rumput dan Jenis-Jenisnya

Mesin pemotong rumput – Rumah yang asri biasanya dilengkapi dengan sebuah taman yang penuh dengan tanaman hijau menyegarkan. Selain memberi kesan teduh dan membuat mata jadi lebih ‘adem’, adanya taman juga akan terasa lebih dekat dengan alam. Namun demikian, patut diakui bahwa untuk membuat dan memelihara sebuah taman tidaklah mudah. Selain karena keterbatasan lahan, alasan lainnya adalah dibutuhkan waktu, uang, dan tenaga ekstra untuk merawatnya. Taman tidak akan terlepas dari rerumputan hijau yang indah dipandang. Meski begitu, merawat rumput agar tetap rapi dan indah juga tidak semudah yang dibayangkan, terutama jika pertumbuhannya tidak teratur dan membuat taman malah terlihat berantakan.

Biasanya untuk memelihara dan merapikan rumput digunakan sebuah alat seperti sabit atau gunting rumput. Sayangnya, merapikan rumput dengan alat-alat konvesional tersebut akan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga ekstra. Namun seiring berkembangnya jaman dan teknologi, memelihara atau merapikan rumput bisa dilakukan secara lebih mudah, karena ada alat yang lebih praktis, yakni mesin pemotong rumput.

Pekerjaan Jadi Lebih Mudah Dengan Mesin Pemotong Rumput

Peralatan ini akan memudahkan pekerjaan anda karena lebih praktis, efisien, dan efektif dalam memotong rumput-rumput yang tumbuh subur. Hasilnya juga memuaskan dan lebih rapi bila dibandingkan dengan menggunakan alat konvensional. Menggunakan mesin pemotong rumput juga disesuaikan dengan kondisi taman yang dimiliki.

Ukuran dan jenisnya bisa dipilih berdasarkan ketepatan kegunaannya. Jika memiliki taman yang begitu besar dan luas penuh dengan rerumputan, maka mesin pemotong rumput yang diperlukan adalah yang jenis dorong atau yang jenis mobil. Namun jika hanya taman rumah yang berukuran sedang atau kecil, cukup menggunakan jenis gendong. Selain itu, membeli peralatan ini juga harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Beberapa Jenis Mesin Pemotong Rumput

Berdasarkan ukuran dan kegunaannya bisa disimpulkan bahwa mesin pemotong rumput dibagi menjadi 3 tipe yaitu :

Tipe gendong

Tipe ini umumnya dimiliki banyak orang. Dirancang dengan bentuk yang sederhana dan ringan sehingga mudah untuk digendong ketika digunakan. Selain mudah digunakan, harganya juga tergolong murah, bahkan ada beberapa merek yang menawarkan produknya di bawah 1 juta rupiah. Mesin pemotong rumput jenis ini mudah dijumpai dengan berbagai merek, spesifikasi, dan harga yang beragam. Umumnya, tipe gendong ini dilengkapi dengan sistem mesin 2 tak serta menggunakan tenaga berbahan bakar yang terdiri dari campuran oli dan besin atau listrik. Untuk menggunakannya cukup dengan menarik tuas starter lalu mengarahkannya ke permukaan rumput.

Tipe dorong

Tipe dorong lebih mudah digunakan bila dibandingkan dengan yang tipe gendong. Cukup praktis karena teknis penggunaannya hanya dengan cara didorong sesuai ke arah permukaan rumput yang ingin dipotong. Mesin jenis dorong umumnya cukup berat yaitu sekitar 30 kg, serta memanfaatkan ban berukuran 8 inci. Dilihat dari harganya, tipe dorong memang lebih mahal ketimbang tipe gendong karena spesifikasinya lebih kompleks. Harganya kisaran 2 jutaan rupiah, tergantung merek dan spesifikasinya. Mesin jenis ini cocok untuk digunakan pada rumput di halaman kantor atau taman rumah yang agak luas

Tipe mobil

Adalah jenis mesin pemotong rumput terbaru yang lebih canggih dan modern. Teknis penggunaannya pun cukup mudah karena seperti mengendarai mobil, cukup duduk dan mengarahkan mobil mini tersebut ke daerah rumput yang akan dipotong. Mesin pemotongnya yang bekerja berada di bagian bawah mobil. Dibandingkan dengan dua jenis lainnya, tipe ini jauh lebih mahal. Mesin pemotong rumput tipe ini cocok digunakan dan diterapkan di lapangan yang sangat luas seperti lapangan golf ataupun lapangan sepak bola.

Beberapa Produk Mesin Pemotong Rumput

Untuk mendapatkan mesin pemotong rumput tampaknya tidak terlalu sulit karena sekarang sudah banyak dijual di toko perkakas atau peralatan berat. Peralatan kebun ini hadir dengan berbagai macam pilihan merek, jenis, dan spesifikasi. Selain itu, mesin pemotong rumput juga ada yang menggunakan tenaga dari bahan bakar bensin atau listrik, tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan dan ketepatan penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa merek dan jenis mesin pemotong rumput yang cukup populer digunakan :

1. Bosch ART 23 SL

gambar mesin pemotong rumput Bosch ART 23 SL

Merupakan mesin pemotong rumput jenis dorong yang mudah digunakan serta terbuat dari bahan yang berkualitas. Dengan dimensi body 50 x 50 x 50 cm serta berat 4 kg, peralatan ini terhitung cukup ringan untuk digendong dan cukup fleksibel digunakan. Alat ini hanya memerlukan daya 280 watt untuk bekerja dengan kecepatan 12500 rpm tanpa beban dan memiliki diameter potong 23 cm. Media pemotong alat ini berupa senar dengan diameter 1.6 mm. Harga produk ini sekitar Rp 550.000.

2. Bosch Mower ARM 34

gambar pemotong rumput Bosch Mower ARM 34

Mesin pemotong rumput tipe dorong ini sangat populer karena nyaman digunakan dan mudah dioperasikan. Alat ini didukung dengan mesin yang kuat dan akan membantu anda untuk merapikan rumput dengan cepat. Dimensi bodynya 60 x 40 x 35 cm dengan berat 11 kg, cukup ringan dan fleksibel untuk diletakkan di mana saja. Bagian pegangannya pun dapat dilipat sehingga tidak memakan tempat untuk menyimpannya. Alat ini membutuhkan daya listrik 1300 watt saat digunakan dan mampu memotong rumput dengan rapi bahkan untuk rumput dengan ketinggian 70 cm.

Selain itu, alat ini memiliki tempat penampungan sebesar 40 liter. Bentuknya ergonomis dengan sistem ergo flex yang akan memudahkan pekerjaan anda. Pegangannya juga dapat diatur sedemikan rupa sehingga sudut pemegangan hanya sedikit menekuk saja untuk memainkan arah dorongan. Harga mesin pemotong rumput ini sekitar Rp 2.900.000.

3. Oseru BG-328T

gambar Oseru BG-328T

Mesin pemotong rumput gendong ini menggunakan tenaga dari bahan bakar bensin. Alat ini memiliki dimensi body 345 x 280 x 401 mm serta berat 12 kg. Produk ini memiliki kualitas tinggi, awet serta dapat menghemat bahan bakar. Selain itu, Oseru BG-328T sangat fleksibel dan umum dipakai kebanyakan orang, karena selain mudah digunakan, juga cocok untuk kondisi permukaan tanah yang datar, menurun atau bebatuan sekalipun. Alat ini memiliki mesin tangguh 2 tak yang dapat menghasilkan kecepatan mesin hingga 6000 rpm serta kapasitas tangki 1,2 liter. Alat ini menggunakan sistem starter Recoill ini sangat terkenal sebagai mesin pemotong rumput terbaik dikelasnya dan memiliki kisaran harga jual Rp 920.000.

4. Tasco TLM 20

gambar Tasco TLM 20

Produk ini termasuk jenis dorong dengan harga berkisar Rp 2.600.000. Sangat handal untuk memotong rumput dengan bersih dan rapi serta lebar pemotongan 20 inci. Mesinnya menggunakan 3.75 HP Brigss dan Stratton dan memiliki berat 27 kg. Tasco TLM 20 merupakan produk kualitas tinggi dengan gagang yang terbuat dari baja dan tahan cuaca.

5. Lawn Mower Mobil MTD

mesin potong rumput Lawn Mower Mobil MTD

Adalah mesin pemotong rumput jenis mobil yang sangat baik dikelasnya. Ukurannya tidak begitu besar sehingga masih memudahkan untuk menyimpannya di gudang. Alat ini mempunyai mesin canggih 420 cc. Pemotongnya menggunakan twin blade cutting deck berukuran 38 inci. Lawn Mower Mobil MTD menggunakan daya dari bahan bakar dan kapasitas tangki yang disediakan adalah 5,7 liter. Harga cukup mahal, yakni sekitar Rp 42.000.000.

Itulah beberapa jenis dan merek mesin pemotong rumput pilihan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan jika anda akan membeli alat ini. Membeli mesin pemotong rumput yang tepat jenis dan ukurannya bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan tampilan taman menjadi lebih bersih, rapi serta enak dilihat. Selain itu harganya pun harus disesuaikan pula, apakah sepadan dengan kegunaan dan hasilnya.