logo

Mengenal Kompor Induksi dan 5 Produk Pilihan

Kompor induksi merupakan jenis kompor yang memanfaatkan reaksi magnet untuk menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan kompor induksi adalah melalui reaksi elektromagnetik antara alat masak (panci) dan area pada kompor. Dalam hal sumber panas, panci atau wajan merupakan pemanas itu sendiri. Panci akan mengalami pemanasan karena adanya medan listrik yang dihasilkan lilitan coil tembaga dari kompor induksi (tidak melalui proses perpindahan panas).

Plus-Minus Kompor Induksi

Kompor Induksi bagaimanapun juga tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Kelebihan

Efisien
Pengubahan energi listrik menjadi panas berlangsung efektif sehingga cepat menghantarkan panas, memasak jadi lebih efisien. Dibandingkan dengan sistem pembakaran kompor gas yang membuat area sekeliling panci ikut panas, sistem kompor induksi hanya memanaskan area sekitar alas.

Aman digunakan
Kompor induksi tidak menggunakan api sehingga meminimalisir terjadinya luka bakar dan aman digunakan. Menyambung poin pertama, proses pemanasan yang terjadi tidak ikut memanaskan udara di sekitarnya. Oleh sebab itu, pengguna atau orang yang ada di dekat area tersebut tidak akan merasa kepanasan. Dalam keadaan kumparan teraliri listrik dalam jumlah kecil, permukaan kompor induksi tidak akan terasa panas apabila disentuh dengan jari (kondisi tidak sedang mengenakan logam seperti gelang, cincin, dll). Selain itu, tidak adanya proses pembakaran juga tidak akan menyebabkan kekurangan oksigen di dalam ruangan.

Temperatur dapat diatur
Tingkat kepanasan atau temperatur dapat disesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan pengguna.

Kompor tetap dingin
Energi listrik yang dibutuhkan kompor induksi akan menciptakan medan magnet yang menginduksi panci atau wajan. Dengan terjadinya induksi magnetik, maka molekul saling bertabrakan pada frekuensi tinggi. Proses ini akan menghasilkan panas secara cepat. Yang memanas adalah panci atau wajan, sedangkan kompor tetap dingin saat digunakan.

Kekurangan

Membutuhkan daya listrik yang cukup besar
Kekurangan dari kompor induksi adalah membutuhkan daya listrik, dan itupun tidaklah kecil, bisa mencapai 300-2100 Watt. Meskipun demikian, hal tersebut dapat diatur sampai batas minimal hingga 200 Watt. Namun konsekuensinya, memasak jadi lebih lama. Karena membutuhkan listrik, maka anda tidak bisa memasak untuk sementara waktu saat listrik padam .

Tidak semua peralatan masak bisa digunakan
Tidak semua panci bisa digunakan. Peralatan masak yang terbuat dari tembaga, stainless steel, atau aluminium tidak dapat bereaksi dengan medan magnet. Panci atau wajan yang bisa digunakan pada kompor induksi adalah yang bersifat ‘ferromagnetik’ seperti logam, besi, atau baja.

5 Produk Kompor Induksi Populer

Anda telah mengerti kelebihan dan kekurangan dari kompor induksi, dan pada akhirnya anda tetap memutuskan untuk membelinya, namun masih bingung mengenai produk apa yang harus dipilih. Tidak perlu bingung terlebih dahulu, karena sebenarnya ada banyak produk kompor induksi yang berkualitas di pasaran, anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda. Namun, jika anda menginginkan beberapa rekomendasi produk, maka daftar berikut ini bisa menjadi pertimbangan untuk anda :

1. Philips HD 4932

Salah satu produk berkualitas dari Philips yang akan mempermudah kegiatan memasak anda sehari-hari. Waktu memasak akan jauh lebih cepat dan efisien. Ideal untuk digunakan pada alat masak berdiameter 10 hingga 23 cm. Desainnya terlihat modern dalam balutan warna hitam elegan. Dilengkapi layar display digital sebagai kontrol panel yang bisa anda gunakan sesuai kebutuhan.

kompor induksi philips hd 4932

Harga sekitar Rp 950.000

Philips HD 4932 akan membantu anda untuk membuat makanan dalam beberapa klasifikasi seperti Steam (mengukus), Stir Fry (menggoreng), Hot Pot, Soup, dan wakter. Dilengkapi juga dengan 6 pengaturan daya (60 sampai 280 derajat Celcius) yang bisa disesuaikan dengan jenis masakan. Anda pun bisa mengatur waktu proses memasak mulai dari 1 hingga 120 menit.

Philips HD 4932 dibuat dari bahan full glass planel. Aman digunakan dan memiliki fitur mati secara otomatis ketika proses memasak telah selesai. Untuk pengoperasiannya, kompor induksi ini dilengkapi dengan tombol sensor panel sensitif bermaterialkan kaca sehingga mudah dibersihkan. Tersedia pula tampilan digitial yang memberikan informasi level daya dan informasi lainnya. Konsumsi daya listrik : 400-2100 Watt.

2. Cosmos CIC 996

Meskipun berbeda merk, namun fitur dan spesifikasinya tidak berbeda jauh dengan Philips HD 4932. Kompor induksi ini juga siap membantu anda untuk memasak 5 menu pilihan seperti Hot Pot, Stir Fry, Soup, Steam. Tiap programnya dilengkapi pengaturan sendiri, sehingga anda bisa memasak seperti koki profesional dengan mudah.

kompor induksi cosmos cic 996

Harga sekitar Rp 840.000

Dilengkapi pula panel kontrol yang terdiri dari 3 lampu LED digital. Panel ini user-friendly sehingga memudahkan anda untuk mengoperasikannya. Terdapat pula fungsi otomatis, yakni kompor secara otomatis mati saat proses memasak selesai. Hal ini akan membantu anda untuk menghemat sumber daya. Daya listrik : 300 Watt (minimal).

3. Midea IC 1613

kompor induksi Midea IC 1613

Harga sekitar Rp 750.000

Tampil dengan desain elegan, Midea IC 1613 sangat cocok untuk mempercantik dapur anda. Didukung dengan sistem pemanasan yang powerful dan 8 level pengaturan power. Kompor induksi ini terbuat dari material keramik berkualitas, membuatnya tahan lama dan awet. Tingkat temperatur : 80-280 derajat Celcius. Kebutuhan daya listrik : 1600 Watt.

4. Kenwood IH470

Produk ini hadir dengan dual control berupa kinetik dan digital, memudahkan anda untuk menyiapkan hidangan lezat. Fungsi digital menyediakan kebutuhan tingkat panas secara akurat. Dilengkapi juga dengan fitur Energy Saving yang berfungsi untuk menjaga penggunaan daya agar tidak berlebihan.

kompor induksi Kenwood IH470

Harga sekitar Rp 2.100.000

Tampil dalam perpaduan warna hitam-silver menarik, memberikan kesan elegan. Bermaterialkan kaca dan plastik berkualitas sehingga lebih tahan lama. Konsumsi listrik yang dibutuhkan adalah sebesar 2000 Watt. Terdapat 10 level power, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dilengkapi juga fitur Timer, Keep Warm Detection, Auto Shut Off, Child Safe Lock, fungsi Turbo, dan Auto Pan Detection.

5. Mastoso Induction Cooker MT-57

kompor induksi Mastoso Induction Cooker MT-57Harga sekitar Rp 3.770.000

Kompor induksi portable dengan desain slim & thin berbahan keramik berkualitas. Tampilannya terlihat mewah & elegan. Produk ini mempunyai mikro prosesor yang berguna untuk mengatur proses memasak secara keseluruhan, serta mengatur suhu & kunci keamanan, sehingga aman digunakan. Suhu kontrol daya : 80°C – 220°C. Daya listrik : 60-1200 Watt (tarikan awal 400 Watt).

* Harga bersifat estimasi, bisa berubah sewaktu-waktu

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai kompor induksi beserta produk-produk pilihan yang direkomendasikan. Sebenarnya masih ada beberapa produk lainnya yang bisa menjadi pertimbangan, namun kelima produk di atas tampaknya sudah mewakili. Anda bisa membelinya di toko elektronik atau alat-alat rumah tangga di kota anda. Apabila tidak menemukannya, anda bisa mencarinya di internet atau beli di retailer-retailer online terpercaya.

Baca juga : Kompor Listrik Maspion