logo

Memilih Kamera Untuk Kebutuhan Travelling

Travelling ataupun sekedar berlibur menikmati pemandangan alam yang indah tentunya lebih lengkap jika ditemani oleh kamera. Dengan alat ini, anda bisa memotret hal-hal menarik atau pemandangan yang indah selama berlibur. Sayangnya, ada banyak traveller yang kadang kecewa karena hasil jepretannya tidak seindah pemandangan aslinya. Jika menggunakan kamera ala kadarnya atau bahkan kamera smartphone, tentu kita tidak bisa berekspektasi terlalu besar terhadap kualitas gambar yang dihasilkan. Maka dari itu, jika anda memiliki budget lebih, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli sebuah kamera yang berkualitas.

Nikon Coolpix S9900 kamera pocket digital kompak

Beberapa Jenis Kamera Untuk Dipilih

Memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhan memang tidak mudah, apalagi jika budget anda juga pas-pasan. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk lebih cermat dan mencari info sebanyak-banyaknya sebelum membelinya. Artikel kali ini akan mengulas beberapa jenis kamera yang bisa anda pilih untuk menjadi teman di perjalanan anda saat berlibur. Berikut ulasan lengkapnya..

Kamera Digital Kompak (Pocket)

Kamera jenis ini sering memenangkan hati para traveler karena bobotnya yang ringan dan ukurannya tergolong kecil sehingga mudah dibawa kemanapun. Digital kompak juga dikenal dengan sebutan kamera point and shoot ataupun kamera pocket (saku). Didukung fitur-fitur yang canggih seperti megapiksel besar, built-in Wifi, serta tingginya kemampuan optical zoom, jenis digital kompak layak untuk anda pilih. Selain itu, harganya relatif murah sehingga ideal bagi anda yang berbudget minim. Penggunaannya juga mudah. Terdapat kontrol kamera yang tidak rumit sehingga memudahkan anda untuk mengabadikan momen liburan bersama teman atau keluarga. Dari segi harga, kamera pocket cukup terjangkau, mulai di bawah 1 jutaan rupiah hingga Rp 5.000.000 (tergantung spesifikasi dan merk). Beberapa produk yang populer di pasaran adalah Nikon Coolpix L31 dan Canon IXUS 160.

Kamera Prosumer

Advanced Compact Digital Camera ini pada dasarnya sama dengan jenis digital kompak jika dilihat dari bobot dan ukurannya. Hanya saja, prosumer mempunyai fungsi yang mendekati DSLR. Jenis kamera ini memang memiliki kekurangan dalam hal pencahayaan dan lensa yang tidak dapat diganti-ganti. Sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan lampu flash tambahan. Sementara untuk menyiasati masalah lensa, anda bisa menggunakan fungsi zoom yang umumnya mencapai lebih dari 10x pembesaran. Rata-rata, harga dari kamera Prosumer berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 6.000.000, tergantung merk dan spesifikasi. Beberapa produk populer di kalangan konsumen adalah Nikon Coolpix P610, Nikon Coolpix L840, dan Canon Powershot SX710.

Kamera Mirrorless

Sesuai dengan artinya, jenis kamera ini tidak memerlukan cermin untuk menghasilkan gambar. Namun sebagai gantinya, jenis ini didukung dengan electronic viewfinder yang memungkinkan pengguna bisa melihat efek aperture atau penyesuaian ISO secara langsung. Para pengguna bisa lebih leluasa untuk mengatur hasil dari objek foto sesuai keinginan. Jenis Mirrorless ini juga memiliki ukuran yang kecil dan berbobot ringan sehingga praktis dan mudah untuk dibawa kemana saja. Harga rata-rata dari kamera Mirrorless berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 9.000.000, namun ada juga beberapa produk yang dibanderol dengan harga belasan juta rupiah. Beberapa produk populer dan laris di pasaran adalah Sony Cyber-shot RX100 M3, Fujifilm X-M1, dan Sony Alpha A5100L.

Kamera DSLR

Jenis yang satu ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai budget besar dan peminat wisata penuh aksi dan menantang. Kekayaan fiturnya seperti daya tahan baterai dan kecepatan fokus yang baik, serta adanya pilihan ragam lensa menjadikan keunggulan tersendiri dari DSLR dibandingkan jenis kamera lain. Dengan bisa mengandalkan kemampuan DSLR untuk berfoto di tempat redum atau bahkan gelap sekalipun. Hal ini karena tingkat kepekaan cahayanya sangat tinggi. Dalam segi hasil gambar, kamera DSLR masih yang terbaik dibandingkan jenis lainnya. Meskipun demikian, anda juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu untuk memilikinya, karena harganya cukup mahal. Harga rata-rata berkisar antara Rp 5.000.000 hingga belasan juta rupiah. Produk-produk yang populer dan mendapat banyak sambutan positif di masyarakat adalah Nikon D3300, Canon EOS 1200D, Nikon D5300, dan Nikon D5500.

Mana yang harus dipilih?

Setelah anda mengetahui jenis-jenis kamera digital tersebut beserta ulasan singkatnya, tentu anda sudah bisa menentukan kamera sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda hanya memiliki budget terbatas, atau berorientasi dengan kepraktisan dan ekonomis, maka jenis pocket ataupun prosumer bisa menjadi pilihan yang bijak. Namun jika anda memiliki budget lebih dan berorientasi dengan hasil gambar terbaik, maka kamera mirrorless ataupun DSLR adalah jawabannya.