logo

Mengenal Ragam Manfaat Serum Wajah

Ada banyak manfaat serum wajah yang bisa diperoleh, beberapa diantaranya adalah menutrisi kulit dan membantu mencegah penuaan dini. Serum bahkan dianggap lebih efektif dibandingkan pelembab atau krim pada umumnya karena mengandung bahan aktif dengan konsentrasi yang lebih kecil.

Serum menjadi salah satu andalan sebagian besar para wanita dalam merawat wajah agar tetap cantik memesona. Dikarenakan kandungan bahan aktif yang relatif kecil, serum lebih mudah serta lebih dalam menembus kulit.

Manfaat serum wajah

Mengapa Serum Wajah?

Serum wajah memiliki kandungan bahan anti-penuaan yang baik, terdiri dari antioksidan, pencerah kulit semacam asam kojic, dan peptida. Sebagian besar produk serum wajah berbahan dasar air dan umumnya tidak menggunakan bahan minyak sama sekali.

Jenis kosmetik ini banyak menjadi pilihan para wanita karena dianggap lebih ringan dan kedap udara. Selain itu, serum lebih efisien dibandingkan produk perawatan wajah lainnya. Penggunaannya hanya membutuhkan sedikit takaran karena setiap tetesnya sudah mengandung konsentrat bahan aktif.

Sebagai informasi, penggunaan bahan kosmetik yang lebih sedikit/tipis memiliki dampak yang baik bagi kulit wajah karena sirkulasi udara di pori-pori kulit tidak terganggu. Di sisi lain, penggunaan kosmetik yang terlalu tebal mungkin bisa membantu menjaga kelembaban kulit, akan tetapi hal tersebut membua kulit sulit ditembus oleh bahan aktif sehingga manfaatnya tidak maksimal.

Baca juga : 10 Produk Masker Wajah Pilihan

Beberapa ahli kecantikan mengungkapkan bahwa kinerja serum juga efektif pada individu yang memiliki kulit wajah berminyak. Selain itu, serum menjadi salah satu pilihan terbaik karena tidak membuat wajah tampak licin dan tidak terasa berat.

Manfaat Serum Wajah

Dengan berbagai keunggulan yang dihadirkan, kini saatnya mengetahui beberapa manfaat serum wajah secara umum, diantaranya adalah :

  • Mencegah penuaan dini.
  • Menutrisi kulit.
  • Membantu menghilangkan flek di wajah.
  • Menyamarkan kerutan di wajah, termasuk leher.
  • Melembabkan kulit wajah.
  • Membantu struktur kulit menjadi lebih kenyal dan kencang.
  • Menghaluskan dan mencerahkan kulit.
  • Mencegah pengaruh buruk sinar matahari dan polusi udara.

Beberapa Jenis Serum Wajah

Serum wajah terdiri dari beberapa jenis, yaitu vitamin C, vitamin E, dan kolagen. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut :

Serum Vitamin C

Jenis ini merupakan yang paling umum dan banyak digunakan. Serum ini memiliki peran sebagai antioksidan dan berfungsi sebagai sintesa kolagen. Hal tersebut dapat membantu mencegah maupun memperlambat proses penuaan dini. Serum ini tergolong efektif untuk mengatasi permasalahan kulit kusam hingga flek-flek di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C pada serum ini memiliki sifat anti-radang.

Apabila ingin memutihkan dan mencerahkan kulit, ataupun mencegah proses penuaan dini, anda disarankan untuk menggunakan serum dengan kadar vitamin C yang rendah, yakni sekitar 15%. Sedangkan untuk pengobatan wajah yang cukup bermasalah bisa menggunakannya dengan kadar lebih tinggi, sekitar 20%.

Serum Vitamin E

Mengandung vitamin E, serum ini juga berperan sebagai antioksidan yang akan mencegah terbentuknya lipofuscin, yakni suatu permukaan berlemak yang teroksidasi, di mana hal ini bisa memicu proses penuaan dini. Serum vitamin E juga memiliki manfaat sebagai pelembab kulit. Penggunaannya secara rutin akan membantu mempertahankan kelembaban alami kulit serta melindunginya dari paparan polusi seperti asap kendaraan, asap rokok, ataupun paparan sinar matahari.

Serum Kolagen

Kolagen adalah suatu zat komponen protein yang bisa membentuk struktur kulit wajah dan pembuluh darah yang berproses secara alami. Seiring bertambahnya usia, kolagen pada tubuh akan berkurang secara bertahap.

Penelitian pada manusia berusia 30-an tahun, menunjukkan bahwa manusia akan kehilangan kolagen di tubuhnya hingga 20%, dan akan terus berkurang seiring bertambahnya usia.

Ketika kolagen dalam tubuh berkurang, maka fungsi dari kekencangan dan kekenyalan kulit pun juga ikut berkurang. Nah, pada saat inilah seseorang perlu menggunakan serum kolagen agar kekencangan dan kekenyalan kulit dapat dipertahankan.

Cara Membuat dan Memakai Serum Wajah

Jika anda belum ada niatan membeli produk serum wajah dengan alasan budget yang belum memadai, anda bisa membuatnya sendiri. Caranya pun tidak terlalu sulit. Berikut ini akan dijelaskan sekilas tentang pembuatan serum wajah vitamin C yang dapat anda lakukan sendiri.

  • Siapkan bahan seperti air hasil penyulingan serta bubuk vitamin C(L-Ascorbic Acid). Jika ingin menambahkan efek pelembab, anda bisa menambahkan gliserin.
  • Rebus air hasil penyulingan, kemudian diamkan dalam ruangan bersuhu kamar, 20-25 derajat Celcius. Tunggu sampai dingin.
  • Tambahkan vitamin C. Perbandingannya adalah 1 bagian vitamin C untuk 19 bagian air. Hal ini berarti, apabila air jumlahnya 19 ml, maka jumlah vitamin C-nya adalah 1 ml. Setelah itu, tambahkan 1 bagian gliserin (opsional).
  • Aduk hingga bahan-bahannya tercampur sempurna. Setelah tercampur, serumnya sudah siap digunakan. Untuk menyimpannya, tempatkan serum dalam suatu wadah, lalu simpan dalam kulkas.

Cara Memakai Serum Wajah

Setelah serum yang anda buat telah jadi, kini saatnya anda menerapkannya pada wajah anda. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini.

  • Pastikan wajah anda bersih, cucilah dengan sabun ataupun pembersih wajah. Tidak perlu memakai bahan yang abrasif, karena tujuan utamanya adalah mengurangi minyak berlebih pada wajah, bukan membuatnya kering sepenuhnya.
  • Bubuhkan serum di telapak tangan, sedikit saja, kemudian aplikasikan di wajah. Serum tersebut juga dapat anda gunakan pada bagian selain wajah. Oleskan sampai kulit terasa lembab namun tidak sampai terasa basah.
  • Apabila ingin mengaplikasikan serum pada bagian selain wajah, tunggu terlebih dahulu sampai area yang diolesi terasa kering.

Serum wajah sangat layak dicoba, khususnya bagi anda yang memiliki kulit wajah berminyak. Selain itu, serum wajah dapat membantu merawat dan menjaga kecantikan kulit secara efektif. Untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif serta memperoleh hasil optimal, anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis ataupun ahli estetika/kecantikan berlisensi.

Baca juga : Mengenal Setrika Wajah

Bagaimana, tertarik mencobanya? Demikian informasi singkat mengenai serum wajah, semoga bermanfaat.

Tag
8606 Views