logo

6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Manfaat es batu untuk wajah – Es batu tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap minuman atau untuk menjaga kesegaran makanan saja, namun juga bisa bermanfaat untuk wajah, dalam hal ini berhubungan dengan kesehatan kulit.

Beberapa Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Area wajah rentan didatangi berbagai masalah seperti jerawat, berminyak, kantung mata, hingga mengalami kemerahan. Oleh sebab itu, kita dituntut untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Salah satu cara sederhana dan murah dalam merawat wajah kita sehari-sehari agar tetap segar berseri adalah menggunakan es batu. Ya, es batu diketahui juga memiliki manfaat yang baik untuk wajah. Benarkah? Apa saja itu? Berikut ulasannya..

Manfaat es batu untuk wajah


1. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Manfaat es batu untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Jika kulit anda rentan berjerawat dan cenderung berminyak, umumnya hal ini terkait dengan pori-pori wajah yang besar.

Mengoleskan es batu ke kulit wajah akan membantu mengecilkan pori-pori. Dengan begitu, kulit pun akan tampak lebih halus dan mengurangi risiko datangnya komedo. Agar hasilnya lebih maksimal, lanjutkan dengan penggunaan pelembab yang sesuai dengan kulit anda. Pilihlah produk dengan tekstur gel yang cepat meresap ke dalam kulit.

Baca juga : Pelembab Wardah


2. Mengurangi Masalah Jerawat

Jerawat memang bisa muncul tak terduga. Hal ini bisa dipicu karena padatnya aktivitas khususnya di luar ruangan ataupun juga penggunaan riasan wajah yang terlalu tebal. Jika anda sedang berjerawat, jangan mengaplikasikan makeup terlalu berlebihan.

Selain itu, untuk mengurangi masalah jerawat, anda bisa membaurkan es batu ke wajah. Hal tersebut dapat menenangkan kulit, melancarkan sirkulasi darah, dan mencegah masuknya bakteri ke wajah.

Caranya cukup mudah, bungkus es batu dengan kain bersih (pilih yang teksturnya lembut dan berserat natural), lalu kompres area yang sedang berjerawat. Tekan-tekan secara perlahan sekitar 10 menit setiap hari. Lakukan sebelum/menjelang tidur.

Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


3. Mencegah Kerutan

Manfaat es batu untuk wajah yang lainnya adalah mencegah kerutan di wajah. Kerutan bisa dicegah atau disiasati dengan membaurkan es batu di kulit wajah yang terlihat berkerut dan kusam. Hal ini bermanfaat untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan terlihat muda.


4. Menyamarkan Kantung Mata

Bagi anda yang sering begadang biasanya akan memiliki kantung mata. Jika tidak diatasi atau tidak mengubah pola hidup anda, maka kantung mata bisa terlihat semakin parah. Sebenarnya untuk mengatasinya cukup mudah.

Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau yang kemudian dibekukan sampai menjadi es batu. Selanjutnya, bungkus es batu teh hijau tersebut dalam kain flanel, lalu usapkan secara perlahan pada area kantung mata. Proses ini cukup ampuh untuk mengurangi kantung mata.


5. Meredakan Efek Terbakar Sinar Matahari

Saat kita beraktivitas di bawah terik sinar matahari, tidak jarang kulit kita akan berubah menjadi kemerahan dan terasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya, campurkan air dan gel lidah buaya, kemudian bekukan hingga berubah menjadi es batu.

Setelah itu, oleskan es batu tersebut ke area wajah yang ‘terbakar’. Langkah ini juga terbilang efektif untuk mengurangi kemerahan dan rasa tak nyaman tersebut.


6. Alternatif Darurat Pengganti Makeup

Manfaat es batu untuk wajah yang terakhir adalah sebagai alternatif pengganti makeup. Jika anda tidak sempat merias wajah akibat keterbatasan waktu, sedangkan wajah anda tampak kurang segar, maka es batu bisa menjadi penyelamat. Es batu bisa memberikan kesegaran pada wajah dalam waktu cepat.

Selain itu, es batu juga memberikan efek dewy, sekalipun tanpa riasan wajah. Di sisi lain, es batu ternyata juga bisa membuat riasan wajah menjadi lebih tahan lama. Caranya cukup sederhana, yakni dengan mengaplikasikan es batu yang telah terbungkus tisu atau kain pada wajah sebelum menggunakan makeup.

Baca juga : Cara make up natural


Itulah beberapa manfaat es batu untuk wajah. Dengan mengetahui dan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan anda memperoleh manfaat yang positif.

Tag
6441 Views