logo

10 Kuas Make Up Yang Sebaiknya Dimiliki

Riasan wajah yang bagus memang harus didukung dengan kuas make up yang tepat. Maka dari itu, setiap produk make up memiliki kuas khusus tersendiri agar hasil rias wajah lebih maksimal.

Kita memang bisa menggunakan spons, kuas, maupun aplikator bawaan yang biasa tersedia dalam produk kecantikan tertentu. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil rias wajah yang flawless, rasanya tidak cukup dengan hanya mengandalkan aplikator bawaan tersebut. Anda setidaknya membutuhkan kuas make up khusus untuk membantu kegiatan ber-makeup anda.

Beberapa Jenis Brush / Kuas Make Up

Untuk mengetahui alasan mengapa anda perlu kuas khusus dalam mengaplikasikan rias wajah, berikut akan dijabarkan secara singkat beberapa daftar kuas make up beserta peran pentingnya.

1. Foundation Brush

Anda sudah terbiasa mengaplikasikan foundation menggunakan jari tangan? Bagaimana hasilnya, apakah sempurna? Jika jawabannya tidak, cobalah untuk menggunakan foundation brush. Jenis kuas make up ini dibuat khusus untuk membantu mengaplikasikan foundation atau face base, baik dalam bentuk krim atau liquid.

Kuas Make Up Foundation Brush

Kuas make up yang dirancang sedemikian rupa ini mampu menahan produk krim maupun liquid. Selain itu, ujung helainya akan membantu meratakan foundation dan membuatnya terlihat lebih halus (permukaan kulit), serta memberikan sentuhan akhir yang flawless.

Dibandingkan menggunakan jari tangan, kuas make up seperti ini akan mempersingkat waktu anda dan yang tak kalah pentingnya adalah memberikan hasil sempurna. Jika anda suka dengan hasil foundation yang full coverage, carilah kuas foundation yang helaiannya padat.


2. Powder Brush

Aplikator ini sangat penting dimiliki karena dapat membantu mengaplikasikan serta meratakan bedak dengan lebih cepat. Selain itu, kuas make up ini memberikan hasil akhir yang terlihat lebih natural jika dibandingkan dengan puff atau spons. Powder brush sering digunakan sebagai tahap akhir penyempurnaan complexion wajah dengan bedak.

Kuas Make Up Powder Brush

Mengapa tidak menggunakan puff saja? Hal ini karena Powder Brush didukung dengan helai sintetik halus yang dapat mengambil serta mendistribusikan bedak (baik bedak tabur ataupun padat) dengan baik, sehingga memberikan hasil akhir lebih merata tanpa terlihat tebal. Maka dari itu, menggunakan Powder Brush memberikan hasil yang lebih maksimal ketimbang menggunakan puff.


3. Blush Brush

Kuas Make Up Blush Brush

Jika anda ingin memberi warna di pipi, maka sebaiknya miliki kuas make up ini. Blush Brush akan membantu mendistribusi serta membaurkan warna dengan baik. Kuas yang fluffy bisa dipilih. Hal ini karena kuas dengan helai padat dan tebal akan memberikan warna yang intens di permukaan kulit. Untuk blush, anda hanya perlu menyapukan warna secara tipis-tipis di pipi.


4. Contour Brush

Kuas Make Up Contour Brush

Kuas make up ini akan membantu mengaplikasikan contour powder yang berperan untuk mempertegas tulang pipi, membuatnya terlihat tirus ataupun menonjol. Kuas contour dirancang miring agar memudahkan pengguna untuk menarik garis di bawah tulang pipi. Sebagai tambahan tips, untuk produk contournya pilihlah yang tidak mempunyai shimmer.


5. Eyeshadow Brush / Shading Brush

Kuas Make up eyeshadow brush

Anda perlu mempunyai shading brush jika ingin mengaplikasikan eyeshadow dengan baik. Kuas mata yang satu ini didesain secara khusus untuk memberi anda presisi lebih, sehingga anda bisa mengatur intensitas serta peletakkan warna dengan mudah di kelopak mata.

Baca juga :


6. Blending Brush

Kuas make up Blending Brush

Masih terkait mata dan eyeshadow, Blending brush juga merupakan salah satu kuas yang sebaiknya anda miliki. Kuas ini akan membaurkan warna eyehsadow dengan baik, sehingga memberikan hasil rias mata yang tampak lebih cantik.


7. Eyeliner Brush

Kuas Make up Eyeliner Brush

Kuas make up ini mempunyai fungsi khusus untuk mengaplikasikan eyeliner. Dalam keadaan basah, eyeliner brush ini sangat ideal untuk membentuk eyeliner bubuk. Sedangkan jika anda ingin mengaplikasikan eyeliner cair, maka gunakan kuas ini dalam kondisi kering.

Baca Juga :


8. Bronzer Brush

Kuas Make Up Bronzer Brush

Bronzer bertujuan untuk membuat kulit wajah berwarna sedikit lebih gelap. Saat mengaplikasikan, sebaiknya anda menggunakan kuas bronzer. Pilihlah kuas yang halus & lebar dengan ujung bulat. Jika kuas terlalu kecil dan kaku, maka hasilnya akan kotor. Sudah banyak kuas khusus bronzer di pasaran dengan harga terjangkau.


9. Highlighter Brush

Kuas Make Up Highlighter Brush

Kuas make up yang satu ini membantu mengaplikasikan highlighter pada tulang pipi, bagian atas bibir, tengah dagu, dan batang hidung. Ingin menambah kilau wajah anda? Maka gunakan highlighter. Untuk mengaplikasikannya cukup tipis-tipis saja.


10. Concealer Brush

Kuas Make Up Concealer Brush

Mengaplikasikan concealer akan lebih mudah dengan brush khusus ini. Pilihlah kuas yang ujungnya meruncing agar hasilnya sempurna, tepat sesuai dengan area yang diinginkan. Concealer akan membantu menyamarkan area kecil di kulit seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, ataupun kulit kemerahan.

Baca juga : 8 Concealer Yang Bagus


Itulah beberapa kuas make up yang sebaiknya anda miliki. Aplikator-aplikator tersebut sangat berguna untuk membantu kegiatan ber-makeup anda, jadi lebih praktis, efisien, dan memberikan hasil yang optimal.

Baca juga : Cara Make Up Natural

Sebenarnya masih ada beberapa lagi kuas make up lainnya yang bisa dimasukkan dalam daftar artikel ini, namun kesepuluh brush tersebut dirasa cukup mewakili. Mungkin akan ditambahkan lain waktu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tag
24590 Views