logo

Beberapa Kelebihan Kulkas Dengan Teknologi Inverter

Teknologi inverter yang umumnya digunakan pada Air Conditioner (AC) kini semakin banyak diterapkan pada peralatan elektronik lainnya seperti kulkas atau lemari es. Inverter merupakan teknologi terintegrasi yang memungkinkan kompresor untuk bekerja fluktuatif menyesuaikan beban.

kulkas inverter

Sebagaimana yang terjadi di era modern ini, kulkas bukanlah termasuk barang mewah lagi. Daya beli masyarakat yang semakin meningkat membuatnya mudah dijangkau bahkan untuk kalangan menengah sekalipun. Namun demikian, perangkat elektronik ini umumnya menyedot energi listrik yang cukup besar. Nah, oleh sebab itu, saat ini para produsen kulkas menerapkan teknologi inverter terhadap produk-produk mereka agar konsumsi listrik dapat dipangkas dan lebih hemat energi.

Kelebihan Kulkas Berteknologi Inverter

Dibandingkan dengan kulkas yang tidak menggunakan teknologi inverter, kulkas dengan teknologi inverter menawarkan beberapa keuntungan bagi para pengguna. Produk lemari es yang menggunakan teknologi inverter diklaim lebih ramah lingkungan dan tahan lama. Selain itu, ada 4 keunggulan lainnya, yaitu :

Pendinginan Lebih Cepat
Teknologi inverter memungkinkan proses pendinginan kulkas jauh lebih cepat serta mempertahankan suhu atau temperatur agar tidak naik-turun.

Hemat Energi
Inilah manfaat utama dari hadirnya teknologi inverter pada kulkas. Lemari es yang menggunakan teknologi inverter umumnya lebih hemat energi dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. Penjelasannya adalah, kulkas secara otomatis dapat menyesuaikan beban kerjanya dengan kebutuhan pengguna, sehingga saat tidak ada perubahan temperatur di dalamnya, maka kompresor akan jauh lebih sedikit membutuhkan energi sampai level terendah.

Comfort
Lemari es berteknologi inverter menawarkan kenyamanan karena tidak menimbulkan suara bising maupun gesekan, umumnya lebih halus serta tidak berisik.

Durability
Kulkas dengan teknologi inverter mampu mengantisipasi naik-turunnya tegangan listrik. Hal ini membuat kulkas dapat beroperasi pada tegangan listrik yang rendah, yakni mulai 95 volt sampai 220 volt.

Sekarang ini sudah banyak produk-produk lemari es dari berbagai merk seperti Sharp, Samsung, Lg, dan lain sebagainya, yang telah menggunakan teknologi inverter. Harga jualnya pun cukup bervariasi, tergantung juga dengan fitur dan spesifikasi lainnya. Namun, harga kulkas inverter biasanya lebih tinggi dibanding kulkas biasa. Hal tersebut tentunya wajar mengingat banyaknya keuntungan yang akan diperoleh pengguna ketika menggunakan lemari es berteknologi inverter.