logo

Jenis-Jenis Pemanas Air

Pemanas air atau water heater pada awalnya banyak digunakan di negara-negara yang memiliki iklim atau musim dingin. Namun sekarang ini, masyarakat yang hidup di negara tropis seperti Indonesia juga sudah akrab dengan pemanas air. Hal ini karena ada banyak manfaat yang ditawarkan untuk kehidupan sehari-hari.

Mandi dengan air hangat sepulang kerja menjadi sebuah relaksasi yang menyenangkan. Rasa letih dan pegal seakan hilang seiring guyuran air hangat yang membasahi tubuh. Beberapa dekade silam masyarakat kita menggunakan kompor untuk memasak air panas saat ingin mandi dengan air hangat. Cara ini cukup merepotkan bagi sebagian orang, terutama masyarakat perkotaan yang sudah terbiasa dengan kepraktisan. Maka dari itu, hadirnya pemanas air sangat membantu pekerjaan kita saat membutuhkan air hangat untuk mandi.

pemanas air ariston

Beberapa Jenis Pemanas Air

Di pasaran, ada beberapa jenis pemanas air populer yang bisa anda jumpai, yakni jenis gas dan listrik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ulasan singkatnya..

1. Pemanas Air Gas

Jenis ini umumnya berbentuk persegi yang tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil pula. Ciri-cirinya adalah adanya lubang silinder yang terletak di atas pemanas air, di mana fungsinya untuk membuang asap hasil pembakaran.

Pada prinsipnya, water heater jenis ini bekerja mirip seperti memasak air dengan menggunakan kompor gas. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih jenis ini, yaitu ventilasi udara di dalam kamar mandi. Dengan adanya ventilasi udara yang baik, maka saat gas bocor sewaktu-waktu, aliran udara dapat mengalir ke luar ruangan. Mintalah orang yang ahli saat melakukan proses pemasangan pemanas air gas, khususnya di kamar mandi.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk instalasinya meliputi, tabung gas elpiji, selang regulator, baterai untuk menyalakan pemantik, dan pompa air. Untuk pompa air mungkin tidak dibutuhkan ketika rumah anda telah terpasang saluran air PAM, karena pemanas air gas secara otomatis bekerja ketika keran air dibuka dan pemantik pun akan menyala untuk melakukan proses pembakaran.

Kelebihan

Keuntungan dari water heater gas adalah praktis, hemat, dan bisa digunakan kapan saja. Umumnya, water heater jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 hingga 5 detik untuk menghasilkan air panas. Selain itu, anda bisa menghemat pengeluaran (tergantung pemakaian). Sebagai ilustrasi, ukuran gas elpiji 5 kg dapat digunakan hingga 2 atau bahkan tiga bulan (dengan pemakaian wajar).

2. Pemanas Air Listrik

Water heater jenis ini membutuhkan tenaga listrik untuk pengoperasiannya. Pemanas air listrik terdiri dari 2 jenis yaitu menggunakan tangki dan tanpa tangki (tankless).

  • Pemanas Air Listrik Tangki
    Umumnya berukuran besar, bentuknya cenderung bulat horizontal ataupun vertikal. Tangki berfungsi untuk menyimpan air panas yang belum terpakai sebagai cadangan. Air yang ada dalam tangki akan dipanaskan secara berkala agar suhu air tetap panas. Hal itu memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati air hangat secara lebih cepat, sejak air mengalir. Namun demikian, hal tersebut sekaligus juga menjadi kekurangannya. Karena pemanasan air secara berulang-ulang, maka lebih boros listrik. Jenis ini sebenarnya cocok untuk pemakaian dalam jumlah besar dan sering.
  • Pemanas Air Listrik Tanpa Tangki (Tankless)
    Umumnya memiliki bentuk yang kecil dan lebih elegan. Pemasangannya pun juga lebih mudah. Tidak adanya tangki atau tempat penyimpanan air, bisa menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Kelebihannya adalah biaya listrik yang dikeluarkan bisa lebih hemat, karena water heater akan memanaskan air saat dibutuhkan saja. Sedangkan kekurangannya adalah membutuhkan waktu lebih lama untuk menyediakan air panas, dan biasanya tidak dalam jumlah besar.

Karena membutuhkan tenaga listrik, maka jika terjadi padam listrik water heater ini tidak bisa digunakan. Selain itu, jika anda memilih pemanas air listrik, hal yang perlu diperhatikan adalah besarnya daya listrik di rumah anda. Hal ini karena, water heater jenis ini membutuhkan tenaga listrik yang besar hingga 2000 Watt (tergantung merk & spesifikasi).

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai water heater dan beberapa jenis yang ada. Artikel ini diharapkan dapat membantu anda dalam memilih pemanas air yang tepat sesuai kebutuhan anda sehari-hari.

Tag
2244 Views