logo

5 Oven Listrik Populer

Oven listrik bukan hanya sekedar pelengkap peralatan dapur semata. Peralatan elektronik rumah tangga ini sangat membantu sekali, baik untuk memasak, memanggang roti (Baca : 6 Pemanggang Roti Pilihan), hingga membuat kue. Seiring berkembangnya jaman, banyak makanan-makanan baru yang bermunculan, dan sebagiannya membutuhkan oven listrik untuk memasaknya.

Ada beberapa jenis oven yang bisa dijumpai, namun di era modern seperti ini, oven listrik tampaknya menjadi pilihan banyak orang. Hal ini karena oven listrik menawarkan kemudahan sekaligus kepraktisan. Selain itu, peralatan dapur ini didukung dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan sajian makanan yang sempurna. Salah satu keuntungannya adalah memungkinkan anda untuk mengatur suhu sesuai keinginan.

Kendati terkesan barang mewah, oven listrik cukup terjangkau harganya, berkisar antara Rp 300.000 hingga 1 jutaan rupiah, tergantung spesifikasi dan merk.

Beberapa Oven Listrik Populer

Sebagian besar calon konsumen mungkin bingung dengan banyaknya merk yang hadir di pasaran sehingga sulit untuk menentukan pilihan. Jika anda termasuk salah satu calon konsumen tersebut, anda tidak perlu khawatir karena berikut ini akan diulas mengenai beberapa produk oven listrik berkualitas, populer, dan telah mendapatkan review positif dari para konsumen.

1. Oven Listrik Kirin KBO-190RAW

oven listrik Kirin KBO-190RAW Model ini sangat populer dan banyak mendapatkan review positif dari para pembeli. Kirin KBO-190RAW mempunyai kapasitas hingga 19 liter. Terbuat dari bahan stainless berkualitas membuatnya lebih tahan lama dan awet. Dimensinya ringkas dengan desain menarik, sangat cocok untuk diletakkan di dapur anda. Dirancang sesederhana mungkin agar mudah digunakan. Dilengkapi tombol temperatur kontrol yang dapat mengatur suhu minimum 100 derajat Celcius dan suhu maksimum 250 derajat Celcius. Anda cukup memutar tombol temperatur sesuai keinginan.

Mempunyai fungsi beragam, salah satunya rotisserie (memasak daging yang ditusuk pada sebuah tongkat (tongkat rotisserie), lalu digantungkan dalam oven untuk mematangkan secara maksimal dan merata). Ada pula fitur timer di mana anda bisa mengatur timer dalam jangka waktu maksimum selama 60 meit. Bisa juga diatur dengan waktu minimal 10 menit sampai seterusnya. Konsumsi daya listriknya adalah 400 – 800 Watt. Harga sekitar ± Rp 510.000.

2. Oven Listrik Kirin KBO-90M

oven listrik Kirin KBO-90M Secara spesifikasi hampir sama dengan model Kirin KBO-190RAW. Perbedaan mencolok terletak pada kapasitasnya yang lebih kecil yakni 9 liter. Begitu pula kebutuhan daya listriknya, yakni hanya sebesar 300-600 Watt. Meski demikian fitur-fitur lainnya tidak berbeda, termasuk adanya temperatur kontrol, lampu indikator, serta timer atau pengatur waktu otomatis. Walaupun secara kapasitasnya lebih kecil dari seri KBO-190RAW, namun model ini lebih banyak diminati karena harganya lebih murah, yakni sekitar ± Rp 290.000.

3. Oven Listrik SHARP EO-18L

oven listrik sharp eo-18l Desain terlihat cukup sederhana dalam balutan warna putih menarik. Berkapasitas 18 liter serta didukung dengan elemen pemanas atas-bawah berbahan stainless steel berkualitas. Terdapat pula temperatur kontrol (3 level) hingga 250 derajat Celcius yang bisa dimanfaatkan untuk gril, toast, roast, bake, rotisserie & convection. Konsumsi daya listrik sebesar 800 Watt. Harganya sekitar ± Rp 715.000.

4. Oven Listrik Oxone OX-858

oven listrik Oxone OX-858 Mempunyai kapasitas 18 liter dan bisa digunakan untuk memanaskan atau memanggang makanan. Didukung dengan 4 elemen pemanas (atas & bawah) yang bisa dinyalakan secara bersamaan maupun terpisah. Sama seperti model oven listrik lainnya, Oxone OX-858 juga dilengkapi dengan temperatur kontrol hingga suhu maksimum 250 derajat Celcius. Selain itu dilengkapi pula pengatur waktu hingga 60 menit. Fitur lainnya adalah adanya fungsi rotisserie. Materialnya menggunakan stainless steel berkualitas. Konsumsi daya : 800 Watt. Harga sekitar ± Rp 650.000.

5. Oven Listrik Electrolux EOT3000

oven listrik Electrolux EOT3000 Berbagai hidangan lezat dapat anda peroleh dengan hadirnya Electrolux EOT3000. Oven listrik ini dapat menghasilkan panas secara merata sehingga akan memasak atau memanggang makanan dengan baik. Kapasitasnya sebesar 10 Liter serta didukung 4 pemanas kuarsa dan temperatur kontrol hingga 250°C. Dilengkapi pula dengan fitur timer dengan waktu masimal 30 menit.

Fitur lainnya adalah fitur Pizza Stone, serta baki anti-lengket yang mudah dilepas dan dibersihkan. Bunyi alarm yang cukup keras dan juga fungsi Off otomatis akan berperan sebagai pengingat sehingga anda tidak perlu khawatir ketika ingin menunggu hasil makanan yang sedang dipanggang. Konsumsi daya listriknya cukup besar, yakni 1000-1200 Watt. Harga sekitar  ± Rp 625.000.

Penutup

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai oven listrik yang populer di pasaran dan diharapkan bisa membantu anda untuk menjadi sebuah pertimbangan sebelum membelinya. Namun demikian, masih banyak juga produk-produk lainnya yang tidak kalah bagusnya.

Hal terpenting adalah sesuaikan dengan kebutuhan serta budget anda. Kelima produk oven listrik di atas bisa ditemukan di toko elektronik di kota anda, atau juga bisa dibeli secara online di retailer-retailer ternama seperti Blibli, Lazada, dll. * Harga (per Januari 2016) bisa berubah sewaktu-waktu.

Lihat juga : 8 Teko Listrik Pilihan