logo

8 Cara Meninggikan Badan

Cara meninggikan badan – Tinggi badan seseorang umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan (seperti penyakit tertentu saat masa kecil, berat badan lahir rendah, paparan asap tembakau, dan kualitas prenatal). Jadi jika anda yang saat ini merasa tubuhnya pendek dan berkeinginan menambah tinggi badan, pastikan terlebih dahulu anda memahami benar akan faktor-faktor tersebut.

Maksudnya, apabila sebagian besar keluarga anda tinggi badannya normal, namun tidak demikian dengan anda, maka anda masih mempunyai peluang besar untuk menambah tinggi badan, apalagi jika masih muda, berusia di bawah 18 tahun. Namun jika sebagian besar keluarga anda postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, bahkan cenderung di bawah normal (pendek), tentu hal ini bukan perkara mudah bagi anda untuk memiliki badan yang tinggi.

cara meninggikan badan

Meski demikian, apapun kondisinya, anda tidak perlu kecewa dan putus asa. Setidaknya anda bisa mencoba beberapa cara meninggikan badan berikut ini, siapa tahu bisa memberikan hasil positif.

Cara Meninggikan Badan #1 – Cukup Tidur

Salah satu faktor penunjang tubuh berkembang dengan baik adalah dengan tidur yang cukup. Riset menunjukkan bahwa remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan tidur kurang lebih 7-8 jam setiap malamnya.

Cukup tidur sangat penting karena tubuh akan tumbuh dan meregenerasi jaringan selama beristirahat. Otak kita melepaskan Hormon Pertumbuhan Manusia (Human Growth Hormone (HGH)) khususnya saat kita berada di gelombang lambat dan siklus tidur yang nyenyak. Jadi, ketika kita tidak cukup tidur, hal ini akan mengakibatkan rendahnya jumlah HGH yang diproduksi, sehingga mempengaruhi tumbuh kembang tubuh kita.

Cara Meninggikan Badan #2 – Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah sebuah keharusan sebagai faktor penunjang cara meninggikan badan yang optimal. Hal ini juga penting agar memastikan tubuh anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal. Inti dari mengonsumsi makanan sehat adalah dengan menerapkan pola makan seimbang dan menghindari junk food. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berikut ini :

Vitamin D
Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang yang baik, terutama pada anak-anak. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti ikan, jamur, produk susu, telur, tahu, atau dengan mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Kalsium
Asupan kalsium juga sangat penting karena tulang membutuhkan nutrisi ini untuk tumbuh dan berkembang. Sumber yang kaya kalsium sebagian besar ada di keju, kedelai, sarden, sayuran hijau, produk susu dan sereal.

Seng
Tingkatkan asupan seng, di mana anda bisa mendapatkannya pada kacang polong, asparagus, cokelat, telur, dan tiram. Kekurangan mineral ini menyebabkan pertumbuhan terhambat, khususnya pada anak-anak.

Nutrisi penting lainnya
Selain memenuhi kebutuhan nutrisi di atas, anda tetap tidak boleh mengabaikan kebutuhan asupan nutrisi penting lainnya. Anda tetap membutuhkan karbohidrat untuk energi dan juga protein yang cukup sebagai penunjang pertumbuhan tubuh anda. Apabila diperlukan, konsumsilah suplemen untuk menjembatani kesenjangan gizi.

Cara Meninggikan Badan #3 – Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur merupakan salah satu cara meninggikan badan yang baik. Anak-anak dan remaja selalu didorong untuk aktif secara fisik karena hal ini dapat mendorong pertumbuhan. Bahkan jika Anda melewati usia 18 tahun, olahraga masih dapat membantu menambah tinggi badan.

Beberapa latihan fisik atau olahraga yang efektif untuk menambah tinggi badan adalah renang, basket, loncat tali atau skipping, dan beberapa jenis latihan peregangan.

Ketika dikombinasikan dengan asupan makanan sehat dan tidur yang cukup, berolahraga secara teratur dapat merangsang hormon pertumbuhan dan pada akhirnya membantu tubuh anda jadi lebih tinggi.

Cara Meninggikan Badan #4 – Membiasakan berlatih postur tubuh yang baik

Banyak orang memiliki postur tubuh yang kurang ideal karena faktor kebiasaan ‘membentuk’ postur tubuhnya yang buruk saat duduk atau berjalan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan sumsum tulang belakang membungkuk. Bentuk ‘bungkuk’ ini akan mempengaruhi tinggi badan anda yang sebenarnya. Di sisi lain, postur tubuh yang baik akan menyejajarkan kepala dengan leher serta meluruskan tulang belakang tubuh anda.

Sebagian orang terlihat memiliki postur tubuh ‘membungkuk’ saat berjalan ataupun duduk. Hal ini bisa terjadi karena faktor tersebut, yakni membiasakan postur tubuh yang buruk. Maka dari itu, apabila anda juga dalam kondisi seperti ini, latihlah kebiasaan postur tubuh yang baik, seperti misalnya berjalan dengan tegak. Begitu pula dengan duduk, jangan membungkuk.

Ada banyak latihan peregangan yang dapat memperbaiki postur tubuh yang buruk. Untuk lebih detilnya, anda bisa konsultasikan dengan dokter atau para profesional lainnya.

Cara Meninggikan Badan #5 – Minum air yang cukup

Menenggak air sebanyak 1 galon memang tidak membuat anda menjulang lebih tinggi. Namun, minum air sangat penting untuk tubuh anda agar tetap terhidrasi sehingga dapat memberikan potensi terbaik untuk pertumbuhan tubuh. Minum air seringkali diabaikan.

Air dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dan yang paling penting adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini meski tidak secara langsung, dapat berdampak positif dalam perkembangan tinggi badan anda. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh anda dengan setidaknya minum 8 gelas air putih perharinya untuk kesehatan yang optimal.

Cara Meninggikan Badan #6 – Jauhi faktor penghambat pertumbuhan

Ada beberapa faktor yang menjadi penghambat pertumbuhan tubuh. Beberapa diantaranya adalah obat-obatan dan alkohol. Keduanya wajib dihindari karena dapat menghambat pertumbuhan normal. Steroid juga diketahui dapat menghambat pertumbuhan di usia muda.

Obat ini seharusnya tidak digunakan pada remaja karena menghambat perkembangan tulang Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja yang menggunakan obat asma yang mengandung dosis kecil budesonide (sejenis steroid) cenderung tubuh satu inci lebih pendek dari teman-teman lainnya.

Cara Meninggikan Badan #7 – Pertimbangkan produk suplemen

Ada beberapa produk suplemen herbal penambah tinggi badan yang beredar di pasaran. Produk-produk tersebut diklaim efektif membantu menambah tinggi badan. Selain itu, suplemen tersebut aman dikonsumsi karena dibuat dari bahan yang tidak berbahaya, tanpa efek samping, dan telah lolos uji klinis kesehatan. Lihat disini : Produk Obat Peninggi Badan Alami

Meski demikian, anda tetap harus waspada dan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang akan anda konsumsi.

Cara Meninggikan Badan #8 – Cari bantuan medis

Jika anda memiliki kakak yang dapat tumbuh tinggi secara pesat di usia muda, namun hal ini tidak terjadi pada anda, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Mungkin anda mengalami kondisi yang menyebabkan kekurangan hormon pertumbuhan tidak normal (seperti rakhitis). Apabila memang terjadi, dokter dapat membantu masalah tersebut dengan menyarankan pilihan gaya hidup sehat atau penanganan lainnya yang bisa meningkatkan potensi pertumbuhan maksimal.

Demikianlah artikel singkat mengenai tips cara meninggikan badan, semoga bermanfaat.