logo

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Cara menghilangkan stretch mark – Bagi anda yang memiliki stretch mark sebaiknya tidak perlu resah ataupun khawatir. Kondisi ini adalah umum terjadi, di mana sekitar 90% wanita mengalaminya, terutama pada trimester kehamilan terakhir.

cara menghilangkan stretch mark

Sekilas Tentang Stretch Mark

Stretch mark merupakan guratan yang sering terlihat pada kulit tubuh pada bagian letak lemak terkonsentrasi seperti paha, pantat, lengan atas, perut, ataupun payudara. Guratan ini mulanya berwarna merah muda, merah, atau ungu, namun lama-kelamaan akan berubah menjadi putih/kelabu, tergantung warna kulit.

Meski stretch mark adalah kondisi yang umum terjadi, namun tidak semua orang mengalaminya. Kondisi ini sering dialami oleh orang yang kulitnya hanya mengandung sedikit kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein penyusun tubuh manusia, struktur organik pembangun kulit, otot, sendi, gigi, dan tulang. Umumnya stretch mark terjadi akibat tubuh berkembang lebih cepat dari perkembangan & elastisitas kulit.

Saat kulit meregang dengan cepat karena terjadinya pertambahan berat badan atau anggota tubuh mengembang, maka akan menyebabkan lapisan tengah kulit menipis. Hal ini membuat lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Kondisi ini disebut stretch mark.

Maka tak heran jika stretch mark paling sering terjadi pada wanita hamil / masa kehamilan atau saat setelah berat badan meningkat drastis. Stretch mark juga sering terjadi pada masa pubertas di mana ketika tubuh tumbuh dengan cepat. Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi yaitu :

  • Riwayat anggota keluarga pernah mengalaminya juga.
  • Efek dari obat-obatan kortikosteroid yang digunakan dengan tidak tepat. Kortikosteroid biasanya diaplikasikan dalam bentuk krim untuk mengatasi kondisi kulit tertentu semisal eksim. Bahan ini memiliki dampak mirip seperti hormon kortisol.
  • Mengalami kondisi kesehatan tertentu seperti Sindrom Cushing atau Sindrom Marfan. Sindrom Cushing menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol berlebihan, dan hal ini mencetus berkembangnya strecth mark. Sindrom Marfan merupakan bentuk gangguan genetik dari jaringan ikat tubuh manusia yang bisa mempengaruhi kerangka, jantung, mata, termasuk juga kulit.

Sebelum stretch mark muncul, kulit akan menipis yang kemudian disertai timbulnya garis/guratan berwarna kemerahan, kadang terasa gatal. Namun lama-kelamaan guratan atau garis tersebut akan berubah warnanya menjadi putih dan kemudian menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan atau bahkan tahun.


Bagaimana cara menghilangkan stretch mark?

Seperti yang telah dijelaskan bahwa kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya dan bahkan bisa menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, perawatan medis sejatinya tidak diperlukan. Namun apabila anda terganggu dengan kondisi tersebut dan berniat untuk menghilangkannya, ada beberapa cara menghilangkan stretch mark yang bisa dicoba.

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa beberapa treatment berikut ini tidak menghilangkan stretch mark sepenuhnya, sifatnya hanyalah menyamarkan atau setidaknya memiminimalisir saja. Langkah dan cara menghilangkan stretch mark adalah sebagai berikut :

1. Krim Penghilang

Ada beberapa produk krim, gel, atau lotion yang diklaim bisa membantu menghilangkan stretch mark. Untuk lotion, anda sangat disarankan menggunakannya ketika stretch mark masih terlihat kemerahan. Karena jika tidak, maka lotion yang anda gunakan tidak memberikan efek apapun. Sedangkan gel umumnya terdiri dari campuran asam hialuronik dan ekstrak bawang.

Pilihan lainnya adalah krim tretinoin yang memiliki kandungan Retin-A, Renova, dan Avita yang membantu menyamarkan stretch mark dengan cara membentuk kolagen. Meski demikian bahan ini efektif untuk diterapkan pada stretch mark yang baru terbentuk, dan kurang efektif jika kondisi stretch mark sudah lama terbentuk.

Selain itu, ada juga retinoid yang biasanya diresepkan oleh dermatologis. Bahan ini memiliki peran menstimulasi pertumbuhan kolagen sehingga membantu kulit menjadi lebih sehat. Meski demikian, penggunaan retinoid tidak disarankan untuk wanita hamil dan menyusui.

2. Terapi Laser

Cara menghilangkan stretch mark berikutnya adalah dengan menggunakan terapi laser. Terapi ini sejatinya tidak bisa menghilangkan stretch mark sepenuhnya, namun hanya membuatnya lebih tidak terlihat. Teknisnya adalah : pembuluh darah akan menyerap energi dari sinar laser di bawah lapisan stretch mark sehingga membuat warna berubah menjadi putih atau lebih tidak terlihat.

Proses lainnya adalah menerapkan treatment mikrodermabrasi, yakni suatu perawatan yang mengaplikasikan kristal untuk membersihkan permukaan kulit. Mikrodermabrasi umumnya digunakan pada kondisi stretch mark yang telah lama terbentuk.

3. Operasi Kecantikan

Operasi sebenarnya kurang direkomendasikan karena biayanya tergolong mahal, dan tidak sebanding jika hanya untuk menghilangkan stretch mark. Secara teknis, prosedur ini dilakukan dengan menghilangkan kelebihan lemak & kulit pada bagian perut atas dan bawah pantat.

Cara menghilangkan stretch mark lainnya adalah dengan pengolesan minyak zaitun atau mengkonsumsi vitamin tertentu. Namun keefektifan saran ini belum terbukti secara ilmiah.


Cara mencegah stretch mark

Kondisi ini tidak selalu dapat dicegah karena memang sudah menjadi hal yang umum terjadi. Walaupun begitu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat stretch mark tidak berkembang, diantaranya adalah :

Pola Makan Sehat

Salah satu yang membuat kulit tetap terjaga kesehatannya adalah makanan sehat. Pastikan untuk selalu menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi akan vitamin C, vitamin E, dan mineral seperti seng.

Menjaga berat badan

Seperti yang telah disinggung, stretch mark sering terjadi karena pertambahan berat badan yang cepat dan tak terkontrol. Oleh sebab itu, jagalah berat badan agar selalu tetap dalam kondisi stabil. Demikian juga bila anda ingin menurunkan berat badan, lakukan secara bertahap. Usahakan berat badan anda tidak berkurang lebih dari 1/2 kg per minggunya.

Konsultasi dengan dokter kandungan

Bagi wanita yang sedang hamil, anda lebih mungkin mengalami stretch mark. Hal ini karena ada banyak wanita hamil yang mengalami pertambahan berat badan dengan cepat dan bahkan di atas rata-rata. Namun demikian, kondisi ini tergantung dengan berat badan anda sebelum hamil. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengkonsultasikan hal ini dengan dokter kandungan anda.


Demikian ulasan tentang cara menghilangkan stretch mark dan cara mencegahnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa share/like-nya..

Baca juga : Cara Menebalkan Alis

via alodokter | image : babycenter.com

Tag
2491 Views