logo

10 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara menghilangkan ketombe secara alami – Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami ketombe. Kondisi ini biasanya ditandai oleh hadirnya serpihan-serpihan putih kecil yang ada di rambut, dan mungkin akan tampak jelas saat serpihan-serpihan tersebut berjatuhan dari kepala kita. Apakah mengganggu? Meskipun tidak berdampak pada kesehatan, namun hadirnya ketombe cukup mengganggu penampilan.


Penyebab Ketombe

Ketombe tidak datang begitu saja. Ada beberapa alasan mengapa seseorang mengalami masalah ketombe, diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

1. Seborrheic dermatitis

Merupakan suatu gangguan pada kulit kepala yang menyebabkannya memerah, gatal, bersisik, dan memicu datangnya ketombe. Selain kulit kepala, kondisi ini juga mempengaruhi area lainnya yang kaya kelenjar minyak seperti alis, sisi hidung, punggung telinga, area pangkal paha, dan kadang pada ketiak.

2. Jarang Keramas

Tidak teratur mencuci rambut juga menjadi salah satu penyebab ketombe. Dengan jarangnya keramas, minyak dan sel kulit pada kulit kepala akan terbentuk yang pada akhirnya bisa memicu ketombe.

3. Malassezia

Merupakan genus jamur yang hidup pada kulit kepala manusia (sebagian besar orang dewasa). Malassezia dapat mengganggu kulit kepala dan bisa menyebabkan lebih banyak sel-sel kulit untuk berkembang. Sel-sel kulit yang berlebihan akan mati dan jatuh sehingga membuatnya terlihat seperti serpihan-serpihan berwarna putih.

4. Kulit Kering

Kulit kering juga bisa menjadi indikasi mengapa seseorang berketombe. Kulit kering dalam hal ini juga bisa terjadi pada bagian tubuh seperti kaki dan tangan.

Baca juga : Cara Mengatasi Bibir Kering

5. Sensitif Terhadap Produk Perawatan Rambut

Kadang-kadang, sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut dapat menyebabkan kemerahan, gatal, dan bersisik pada kulit kepala.


Cara Mencegah Ketombe

Sebelum mengulas mengenai cara menghilangkan ketombe secara alami, ada baiknya anda mengetahui tips mencegahnya terlebih dahulu. Hal ini cukup penting agar permasalahan ketombe yang sekarang dialami tidak terjadi lagi di kemudian hari.

1. Keramas Secara Rutin

Cuci rambut (keramas) secara teratur, namun jangan terlalu obsesif. Anda juga bisa menggunakan shampo anti-ketombe saat keramas. Keramas berlebihan, terutama dengan bahan kimia seperti lauryl sulfate diketahui dapat mengiritasi kulit kepala dan membuatnya kering, sehingga akan memicu datangnya ketombe.

2. Menyisir Rambut

Menyisir rambut setelah mandi atau keramas dapat membantu mencegah ketombe. Hal ini karena menyisir dapat membantu mendistribusikan minyak secara alami pada kulit kepala dan rambut.

3. Hindari Stres

Stres juga bisa memicu datangnya ketombe, jadi cobalah untuk rutin berolahraga agar dapat meminimalkan risiko stres.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan tidak sehat yang masuk dalam tubuh ternyata juga bisa memicu ketombe. Sering mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan tinggi gula, dan sejenisnya, akan memberikan dampak buruk bagi kulit, kulit kepala, serta rambut.

Sebagai gantinya, konsumsilah makanan sehat, khususnya yang kaya akan seng dan vitamin B6. Kandungan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.


Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Kini saatnya kita mengulas cara penanggulannya. Ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa anda lakukan, di mana cara-cara ini akan melibatkan bahan alami yang diketahui dapat mengatasi ketombe secara efektif. Apa saja itu? Berikut ulasannya..

1. Aspirin

Aspirin mengandung bahan aktif (asam salisilat) yang juga banyak digunakan pada produk shampo khusus anti-ketombe. Aspirin dalam hal ini tidak untuk dikonsumsi, melainkan sebagai bahan untuk dicampurkan dengan shampo.

Caranya : Hancurkan 2 tablet aspirin hingga halus. Kemudian, campurkan bubuk aspirin tersebut pada shampo yang biasa anda gunakan untuk keramas. Saat keramas, biarkan selama dua menit, lalu bilas.

2. Yogurt

Yogurt menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe yang cukup ampuh. Pengaplikasiannya terbilang mudah. Cuci dan bilas rambut, kemudian ambil yogurt murni (plain yoghurt), lalu usapkan ke kulit kepala. Biarkan hingga 10-15 menit. Setelah itu, bilas dan cuci lagi. Anda bisa menggunakan sedikit shampo saat mencucinya.

Baca juga : Masker Yogurt

3. Lemon

Gunakan air lemon untuk diterapkan pada rambut dan kulit kepala. Aplikasikan secara merata. Setelah itu biarkan hingga 20-25 menit agar air lemon dapat bekerja. Kulit kepala anda mungkin akan terasa gatal, namun jangan khawatir karena reaksi ini normal. Jika sudah, cuci rambut secara menyeluruh. Anda juga bisa menggunakan shampo apabila diperlukan.

4. Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi ketombe membandel. Oleskan minyak zaitun sebelum mencuci rambut. Biarkan selama 5-10 menit sebelum anda membilasnya kembali. Sebelum tidur, oleskan minyak zaitun sekali lagi. Anda bisa membungkus kepala anda dengan handuk atau sejenisnya untuk menyerap minyaknya.

5. Kuning Telur

Mungkin anda enggan untuk mencobanya, akan tetapi kuning telur diketahui cukup ampuh untuk mengusir ketombe. Kocok 1-2 butir kuning telur, kemudian aplikasikan pada kulit kepala. Anda bisa membungkus area kepala/rambut dengan menggunakan kantong plastik. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, cuci bersih rambut anda dengan shampo.

6. Cuka Apel

Cara menghilangkan ketombe berikutnya adalah menggunakan cuka apel. Mengapa cuka? Hal ini karena jamur yang menjadi pemicu ketombe tidak bisa tumbuh jika diberi cuka.

Campurkan cuka apel dengan air secukupnya. Cucilah rambut, kemudian tuangkan campuran cuka-air tersebut pada rambut dengan hati-hati. Gosok perlahan ke bagian kulit kepala. Pastikan campuran tersebut tidak mengenai mata.

Biarkan hingga 10-15 menit, kemudian bilaslah dengan air. Aroma cuka akan hilang setelah rambut mengering. Ulangi langkah ini setiap hari selama 1 minggu.

* Beberapa saat setelah menerapkannya, kulit kepala mungkin akan terasa panas terbakar jika anda mempunyai goresan luka atau sedang menderita psoriasis. Jika anda memang mengalaminya, bilaslah area tersebut dengan air.

7. Minyak Kelapa

Sama halnya dengan minyak zaitun, anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe yang dialami. Sebelum mengaplikasikannya, cuci rambut anda terlebih dahulu, namun jangan gunakan kondisioner. Keringkan rambut, dan pastikan rambut tidak terasa licin.

Pengaplikasiannya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, lalu bersihkan minyak kelapa yang ada di rambut, cuci hingga bersih. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali sampai ketombe hilang.

8. Baking Soda

Baking soda telah lama dikenal sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami yang efektif. Oleskan 1 sendok makan baking soda pada kulit kepala dan rambut. Diamkan kurang lebih 1-2 menit, lalu cuci bersih.

Baking soda ini menjadi pengganti keramas. Jadi, keramaslah menggunakan baking soda selama 2 minggu dan anda akan merasakan perubahan. Kulit kepala akan memproduksi minyak alami secara perlahan, sehingga membuat kulit kepala menjadi lebih lembab dan ketombe pun akan hilang dengan sendirinya.

9. Baby Oil

Baby oil berperan baik dalam merawat kulit kepala. Saat menjelang tidur malam, oleskan kulit kepala anda menggunakan baby oil (sedikit saja). Pijat kulit kepala secara perlahan dan lembut. Setelah itu, balut kepala/rambut anda menggunakan handuk dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut anda dengan shampo anti-ketombe yang biasa digunakan.

10. Minyak Tea Tree

Gunakan shampo yang mengandung minyak tea tree. Minyak tea tree adalah antiseptik alami. Menggunakan shampo dengan kandungan minyak tea trea (setidaknya 5 %) terbukti mampu menghilangkan ketombe secara efektif. Aplikasikan shampo minyak tea tree pada kulit kepala, lalu biarkan hingga 5 menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan langkah ini sekali dalam sehari hingga ketombe hilang.

Baca juga : Shampo Kuda Mane ‘n Tail


Sebenarnya masih ada beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya, namun kesepuluh daftar tersebut rasanya sudah cukup mewakili. Anda tidak perlu mencoba semuanya, pilihlah yang menurut anda mudah untuk dilakukan. Selain itu, sudah banyak produk shampo anti-ketombe yang terbukti ampuh dalam mengatasi ketombe. Anda bisa membelinya di supermarket, swalayan, apotek, dan lain sebagainya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Mata Panda

Demikian ulasan mengenai penyebab ketombe, cara mencegahnya, dan cara menghilangkan ketombe secara alami. Semoga bermanfaat.

Tag
1192 Views