logo

9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah – Memiliki bekas luka, khususnya pada wajah, memang tidak menyenangkan. Meskipun demikian, hal tersebut seharusnya tidak membuat hidup anda terasa suram. Kabar baiknya, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka yang bisa diterapkan, dan hasilnya pun cukup menjanjikan.

Metode yang digunakan tergantung dari bekas luka (bagian wajah) yang dimiliki. Beberapa contohnya adalah peradangan, infeksi, terbakar, hingga bekas luka setelah anda melakukan operasi.

cara menghilangkan bekas luka di wajah

Kendati bisa memudar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, namun bekas luka dirasa cukup mengganggu untuk sebagian orang. Maka dari itu, mereka lebih memilih untuk menjalani prosedur medis agar bekas luka di wajah mereka bisa segera tersamarkan atau bahkan hilang.

Beberapa Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Jika anda juga tertarik mengetahuinya, berikut ada sedikit informasi mengenai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa anda coba, diantaranya adalah :

1. Prosedur Membalut Luka

Salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa diterapkan adalah dengan membalutnya menggunakan bahan elastis. Prosedur ini bertujuan untuk meratakan serta meratakan bekas luka.

Secara umum, cara ini dilakukan terhadap bekas luka bakar yang cukup hebat ataupun pada kondisi di mana seseorang baru saja melakukan cangkok kulit. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan prosedur ini tergolong lama, sekitar 6-12 bulan, dan balutan luka tidak boleh dilepas selama kurun waktu tersebut.

Baca Juga : 6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah

2. Suntik Kortikosteroid

Jika bekas luka akibat hipertrofi atau keloid, maka bisa menggunakan suntikan kortikosteroid untuk menghilangkannya. Suntikan kecil hingga beberapa kali bisa diterapkan pada luka untuk mengurangi terjadinya peradangan dan meratakan bekas luka. Walaupun tidak menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, namun prosedur ini bisa membantu memperbaiki penampilan dengan cukup baik.

3. Suntik Kolagen

Selain kortikosteroid, suntik kolagen atau filler (pengisi) bisa dipertimbangkan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Suntik kolagen umumnya dilakukan untuk menghilangkan bekas luka ‘timbul’ seperti keloid ataupun jaringan parut hipertropik. Karena sifatnya hanya sementara, prosedur suntik kolagen ini biasanya dilakukan berulang kali untuk mempertahankan efeknya.

4. Plester Gel Silikon

Bekas luka ‘Timbul’ seperti jaringan parut hipertropik atau keloid bisa diatasi dengan bantuan plester gel silikon. Prosedur ini cukup efektif untuk memperkecil ukuran dan mengurangi efek kemerahan pada bekas luka. Plester gel silikon juga akan membantu mengatasi dan mencegah terbentuknya bekas luka yang parah.

Caranya adalah dengan menempelkan silikon di atas bekas luka selama 12 jam setiap hari. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan terapi ini adalah 3 bulan (paling sedikit).

5. Menggunakan Gel atau Krim

Krim atau gel bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bekas luka di wajah akibat goresan benda tajam. Krim ini biasanya mengandung campuran silikon, vitamin E, dan steroid. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotik ataupun counter kesehatan/kecantikan.

Jika anda berkonsultasi ke dokter, mungkin anda akan diresepkan obat dengan kandungan antihistamin untuk mengatasi bekas luka yang gatals. Sedangkan jika anda ingin mengatasi bekas luka akibat jerawat, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan krim-krim seperti ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

6. Teknologi Laser

Salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah yang saat ini umum dilakukan adalah menggunakan teknologi lasir. Prosedur ini dapat membantu mengurangi atau bahkan menghilangkan bekas luka di wajah dengan baik. Meski demikian, hal tersebut tergantung dari seberapa parah bekas luka yang dialami.

7. Bedah Plastik

Bekas luka wajah akibat keloid biasanya akan melibatkan operasi bedah yang didukung dengan suntik kortikosteroid. Sedangkan jika akibat jaringan parut hipertrofik, maka tidak perlu dikombinasikan dengan prosedur lainnya. Terkait prosedur operasi bedah seperti ini, anda perlu menyadari bahwa meskipun mampu memberikan hasil yang efektif dan menjanjikan, namun cukup berpotensi menimbulkan bekas luka baru.

8. Skin Needling

Teknik ini menggunakan roller steril terdiri dari banyak jarum tajam yang akan menusuk kulit. Secara singkat, prosedur ini memberikan efek penebalan kulit serta peningkatan kolagen dan elastin. Hasilnya dapat terlihat setelah 6 minggu hingga 3 bulan. Teknik ini aman untuk semua warna kulit dan mempunyai risiko hiperpigmentasi yang lebih rendah daripada prosedur lain.

9. Radioterapi

Radioterapi dalam dosis kecil dapat membantu mengurangi kambuhnya bekas luka keloid maupun hipertrofi bekas operasi. Namun penggunaan prosedur ini biasanya diperuntukkan pada kasus-kasus serius karena efek jangka panjangnya tidak baik bagi kesehatan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Stretch Mark

Demikian ulasan singkat mengenai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan anda lebih bijaksana dalam mengambil atau memilih prosedur-prosedur tersebut. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis ataupun ahli ekstetika bersertifikasi agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Tag
3372 Views