logo

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo

Mengetahui cara mengecilkan pori-pori wajah dan menghilangkan komedo merupakan langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan wajah secara keseluruhan. Hal ini karena pori-pori  yang besar memiliki potensi untuk menimbulkan beberapa masalah pada kulit wajah, salah satunya adalah komedo, yang mungkin juga akan merambat ke permasalahan jerawat.

Pori-pori wajah yang besar akan mudah tertutup oleh sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan sebagainya sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah-masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

Selain menyebabkan komedo dan jerawat, pori-pori wajah yang besar juga dapat mengakibatkan terproduksinya minyak berlebih di wajah. Secara normal, kulit wajah akan memproduksi minyak alami yang akan membantu melembabkan dan meremajakan kulit. Namun jika minyak yang dikeluarkan terlalu berlebihan, maka anda harus menaruh perhatian lebih terhadap kondisi tersebut. Baca juga: Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah

Sebenarnya apa saja penyebab pori-pori wajah membesar dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo


Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar

Pori-pori besar disebabkan oleh bermacam-macam faktor, seperti faktor genetik, hormon, penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok. Namun secara umum, kondisi ini sebenarnya terjadi dipengaruhi oleh kebiasaan dan gaya hidup kita sehari-hari. Apa saja itu?

1. Malas membersihkan wajah

Malas membersihkan wajah biasanya menjadi penyebab utama pori-pori wajah membesar. Wajah yang tidak terawat dan jarang dibersihkan akan membuat kotoran, debu dan minyak yang menempel berpotensi menyumbat pori-pori wajah. Hal ini pada akhirnya akan menimbulkan masalah-masalah kulit lainnya seperti jerawat, komedo, kulit berminyak, dll.

2. Membiarkan kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari juga menjadi penyebab pori-pori wajah membesar. Berada di bawah sinar matahari secara langsung membuat sel-sel pada permukaan kulit akan mengental. Dampaknya, tampak kerutan pada wajah dan elastisitas kulit mulai mengurang sehingga pori-pori pun ikut melebar.

3. Menggosok dengan kasar saat mengeringkan wajah

Terkadang kita tak sadar melakukan kebisaan ini. Saat mencuci wajah, biasanya kita akan mengeringkannya dengan menggosok-gosokkan handuk secara kasar. Tujuannya agar wajah menjadi lebih bersih, padahal hal ini akan membuat kulit wajah kita terluka. Apalagi jika menggosokkan handuk dengan gerakan ke arah bawah, hal ini akan membuat pori-pori wajah semakin lebar.

4. Memencet jerawat dan komedo

Kebiasaan salah ini paling sering kita lakukan. Ketika muncul jerawat dan, biasanya kita secara refleks memencetnya. Padahal hal ini sangat fatal, menyebabkan pori-pori di kulit wajah membesar, apalagi jika dilakukan tanpa teknik yang benar dan tanpa aseptik. Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Efektif


Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo

Ada beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah dan menghilangkan komedo yang bisa anda lakukan, diantaranya adalah menggunakan perawatan kecantikan profesional maupun perawatan sendiri secara alami di rumah. Kedua cara ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari sisi efektivitas ataupun dari sisi biaya. Simak detil ulasannya berikut ini.


A. Perawatan Kecantikan Profesional

Kini telah banyak tersedia treatment-treatment yang disediakan oleh klinik kecantikan untuk mengecilkan pori-pori wajah secara efektif. Jika kita memiliki budget lebih, tentunya treatment-treatment ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah. Apa saja jenis-jenis treatment yang bisa kita pilih? Ini dia…

1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah salah satu perawatan untuk mengecilkan pori wajah dengan metode peeling (pengelupasan) yang menggunakan media kristal-kristal mikro. Kristal-kristal mikro ini nantinya akan berfungsi untuk memperbaiki lapisan kulit atau epidermis. Mikrodermabrasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Selain itu, mikrodermabrasi juga akan mendorong produksi kolagen dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki masalah-masalah kulit seperti pori-pori besar, jerawat, kulit kusam, keriput, dan hiperpigmentasi.

Untuk hasil maksimal, perawatan ini bisa dilakukan ssetiap tiga minggu sekali. Tapi, perlu diperhatikan bahwa treatment ini hanya disarankan untuk rentang usia 30-50 tahun atau yang berada pada proses penuaan. Selain itu, agar terhindar dari resiko infeksi pada saat melakukan mikrodermabrasi, penderita eksim disarankan untuk tidak melakukan treatment ini. Selain itu, melakukan treatment ini pada kulit yang baru saja terbakar sinar matahari, terdapat luka yang terbuka, dan sedang berjerawat juga tidak dianjurkan. Sebaiknya tunggu sampai jerawat di kulit wajah hilang.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Wajah

2. Chemical Peeling

Selain melakukan peeling dengan media kristal-kristal mikro atau disebut mikrodermabrasi, mengecilkan pori-pori wajah juga bisa dilakukan dengan metode chemical peeling. Perbedaanya, pada metode chemical peeling proses peelingnya menggunakan bahan kimia. Chemical peeling yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan akan bermanfaat untuk membuat kulit lebih halus, bersih, sehat dan bercahaya, membuat kulit lebih kecang awet muda dan menghilangan flek hitam serta kerut-kerut halus di wajah.

3. Iontoferesis

Iontoferesis merupakan proses pemberian rangsang listrik pada kulit untuk mengganggu kerja kelenjar keringat. Iontoferesis dilakukan dengan cara memasukkan cairan serum vitamin C ke dalam pori-pori wajah dengan menggunakan alat High Vitaliont. Iontoferesis ini sangat bermanfaat untuk membuat kulit cerah, mengurangi flek hitam bekas jerawat, mengencangkan kulit, mengurangi produksi minyak di kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

4. Collagen Induction Threrapy dengan Dermaroller

CIT (Collagen Induction Therapy) adalah suatu teknik untuk merangsang pembentukan kolagen di lapisan kulit dengan menggunakan suatu alat roller yang disebut dermaroller. Dermalroller adalah alat yang memiliki ratusan jarum baja mikro yang apabila digelindingkan dapat menembus lapisan dalam kulit. Dermaroller dapat merangsang produksi elastin dan kolagen kulit secara efektif. treatment ini biasanya juga dibantu dengan pemberian serum lightening, vitamin C, kolagen, serta pemakaian krim yang mengandung glicolic acid untuk memberikan hasil yang maksimal. Treatment ini baik dilakukan setiap 3 minggu sekali dalam 6 bulan.

5. Laser Peremajaan

Laser adalah metode perawatan yang cepat untuk mengatasi pori-pori di kulit wajah. Pada umumnya, trratment ini dilakukan dengan cara menggunakan sinar laser yang diarahkan ke dalam lapisan epidermis kulit. Treatment ini efektif untuk memperbaiki tekstur kulit, warna kulit, pengencangan kulit sekaligus mampu menghaluskan kerutan, pigmentasi, bekas jerawat dan pori-pori besar. Treatment ini disarankan untuk usia 30-40 tahun ke atas.

6. Pobling Pore Sonic Cleanser

Membersihkan wajah juga merupakan salah satu cara agar kulit wajah tetap sehat dan terhindar dari masalah-masalah kulit seperti pori-pori yang membesar. Untuk itu, jika merasa malas membersihkan wajah di rumah, treatment modern untuk membersihkan wajah dengan alat pobling pore sonic cleanser ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. pobling pore sonic cleanser meruapakan alat pembersih wajah yang mampu menghasilkan 10.000 getaran per menit, sehingga dapat mengangkat sisa make-up, sel kulit mati serta kotoran yang menempel di kulit wajah. Treatment ini efektif untuk membuat kulit wajah tetap sehat, membersihkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah.


B. Perawatan Menggunakan Bahan Alami di Rumah

Jika tidak ingin merogoh kocek cukup banyak, melakukan treatment-treatment alami di rumah juga bisa dijadikan alternatif pilihan untuk mengecilkan pori-pori wajah dan menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat. Selain lebih hemat, cara ini juga dapat mengurangi resiko iritasi pada kulit karena menggunakan cara-cara alami.

1. Membersihkan kulit wajah secara teratur

Kebersihan kulit wajah sangat berpengaruh terhadap pori-pori. Wajah yang kotor dan berminyak akan menyebabkan pori-pori pada wajah kita membesar. Untuk itu penting diketahui cara membersihkan wajah yang benar.

Sebaiknya membersihkan wajah 2-3 kali sehari, diutamakan setelah beraktivitas di luar dan sebelum tidur. Biasanya setelah beraktivitas di luar atau sehabis melakukan aktivitas olahraga, wajah akan berdebu dan berkeringat. Jika dibiarkan, maka debu dan kotoran ini akan tertinggal di kulit wajah dan membuat pori-pori membesar. Selain itu saat kita tidur, sel-sel kulit akan melakukan regenerasi. Jika kita tidur tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu, maka proses regenerasi kulit akan terhambat.

Penting untuk memilih sabun pembersih wajah atau facial foam yang cocok untuk wajah kita. Berbeda jenis kulit berbeda juga kebutuhannya. Kulit yang kering tidak bisa disamakan dengan kulit yang berminyak. Selain itu, ada juga facial foam yang khusus untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, komedo, kulit kusam, dll. Hindari facial foam yang terlalu banyak mengandung bahan kimia dan beralkohol tinggi karena dapat menyebabkan kulit kering dan menimbulkan iritasi. Sebagai saran, gunakan facial foam berbahan alami dan mengandung moisturizer (pelembab).

Kombinasi air dingin dan air hangat disarankan saat membersihkan wajah. Sebelum menggunakan facial foam, cucilah wajah dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar kotoran dna minyak pada wajah dapat terangkat dengan mudah. Setelah menggunakan facial foam, gunakan air dingin untuk membersihkan wajah. Air dingin berfungsi untuk menutup kembali pori-pori wajah. Setelahnya, keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk dengan lembut. Mernggosokkan handuk justru akan merusak kulit wajah, terutama pada kulit sensitif.

Jika sedang beraktivitas di luar dan tidak sempat membawa facial foam, maka tissue wajah menjadi barang yang wajib untuk dibawa. Membersihkan wajah dengan tissue dapat mengurangi minyak kotoran, dan debu yang menempel sehingga wajah tetap bersih dan mencegah pori-pori membesar.

2. Memanfaatkan es batu

Es batu dapat dijadikan sebagai toner alami karena sifat dinginnya. Mengompres atau mencuci wajah dengan es batu dipercaya mampu mengecilkan pori-pori wajah dan membuat wajah lebih kencang.

Baca juga: 6 Manfaat Es Batu Untuk Wajah

Cara menggunakan es batu sebagai toner ini sangat simpel. Bungkus es batu dengan kain katun, lalu tempelkan pada wajah secara merata selama 15-30 detik. Lakukan setiap pagi setelah mencucui muka dan sebelum merias wajah.  Agar hasil lebih maksimal, bisa mengkombinasikan air es dengan lemon dan tomat.

3. Membuat scrub wajah dengan bahan alami

Membuat scrub wajah (masker) dari bahan-bahan alami lebih dianjurkan untuk diaplikasikan di wajah karena lebih aman. Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah seperti bubuk kopi, teh, beras dan sebagainya. Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan:

  • Bubuk Kopi
    Kopi juga diyakini mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati tanpa membuat kulit kering. Cara membuat scrub dari bubuk kopi ini sangat simpel. Campur bubuk kopi dengan air secukupnya, oleskan secara merata pada wajah, biarkan kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Beras
    Beras dipercaya mampu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori pada wajah karena kandungan squalane oil-nya. Selain itu, kandungan vitamin A dan E yang sangat tinggi pada beras juga mampu membantu mencerahkan dan menghaluskan wajah. Cara membuat scrub dengan bahan dasar beras ini, pertama, giling beras sampai menjadi tepung (tetapi jangan terlalu lembut). Tambahkan madu dan air perasan lemon, tuang air secukupnya dan aduk hingga berbentuk pasta. Selanjutnya gunakan sebagai scrub.
  • Teh Hijau
    Kandungan antioksidan pada teh hijau diyakini dapat mengencangkan dan mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi keriput, dan noda hitam pada kulit.untuk membuat scrub dengan bahan dasar teh hijau ini, langkah pertama, deduh dua sendok makan teh hijau dengan air panas. Setelah dingin, tambahkan satu sendok makan gula dan aduk sampai campuran tersebut memiliki tekstur yang cukup kasar untuk bisa dijadikan scrub. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan satu sendok makan madu. Madu dapat membantu melembabkan dan mencerahkan kulit.
  • Madu
    Kandungan kalium yang tinggi pada madu dipercaya dapat membunuh bakteri pada pori-pori yang tersumbat sehingga mampu membantu mengecilkan pori-pori. Cara membuat scrub berbahan dasar madu ini sangat mudah. cukup oleskan madu secara merata ke selurih permukaan wajah, pijat-pijat dengan lembut selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Putih Telur
    Putih telur merupakan salah satu bahan efektif yang dapat membantu mengencangkan wajah dan menegcilkan pori-pori karena senyawa amino dan enzim yang terkandung di dalamnya, selain itu, putih telur juga dipercaya dapat membantu mengangkat minyak dan kotoran berlebih. Cara membuatnya, pertama, campurkan satu butir telur yang diambil bagian putihnya saja dengan dengan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis ini berfungsi menghilangkan bau amis pada telur. Selain itu kandungan yang terdapat pada jeruk nipis juga dapat membantu mengencangkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Setelah putih telir dan air perasan jeruk nipis tercampur, aduk rata. Oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari sebelum tidur.
  • Minyak Kelapa
    Zat yang terkandung dalam minyak kelapa dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Cari membuat scrub dari minyak kelapa ini pertama tuangkan setengah gelas minyak kelapa ke dalam magkuk. Kemudian, tambahkan dua sendok makan gula pasir dan aduk hingga lembut. Terakhir, tambahkan satu sendok makan air perasan lemon, aduk, gunakan sebagai scrub.gula pasir dan air perasan lemon akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah akan lebih cerah dan halus.
  • Mentimun
    Buah mentimun, selain cukup ampuh untuk menghilangkan komedo dan minyak berlebih juga dipercaya sangat efektif untuk membantu melembabkan wajah dan mengecilkan pori-pori karena kandungan airnya yang sangat tinggi dan sifatnya yang dingin. cara membuat scrub dengan bahan dasar buah mentimun ini sangat mudah, pertama haluskan buah mentimun dengan menggunakan blender atau iris tipis-tipis. Kemudian oleskan atau tempelkan buah mentimun secara merata ke seluruh permukaan wajah dan pijat lembut secara melingkar selama 10-15 menit. Diamkan selama 30-45 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Apel
    Kandungan yang terdapat pada buah apel dipercaya mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah dan mengangkat minyak berlebih. Cara membuat scrub berbahan dasar apel ini cukup mudah, pertama haluskan buah apel beserta kulitnya dengan menggunakan blender, namun buang bijinya. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air dingin sampai bersih.
  • Belimbing
    Belimbing dipercaya efektif memperkecil pori-pori dan menyejukkan kulit wajah karena kandungan vitamin C dan A-nya. Selain itu, kandungan kalium pada buah belimbing juga dapat membantu wajah tampak lebih segar berseri. Cara mmebuat scrub belimbing ini, pertama, iris buah belimbing tipis-tipis, tempelkan pada wajah, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.
  • Yogurt
    Yogurt memiliki kandungan senyawa asam laktat yang dapat membersihkan pori-pori kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan prebiotik pada yogurt juga mampu mencegah tumbuhnya jerawat. Cara membuat scrub berbhan dasar yogurt ini sangat simpel, cukup oleskan yogurt tawar(yogurt murni tanpa tambahan apapun) ke seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air dingin. penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai menggunakan scrub yogurt lebih dari 10 menit karena dapat menimbulkan iritasi.
  • Baking Soda
    Kandungan yang terdapat dalam baking soda bersifat Exfoliation Agent yang mampu mengangkat sel kulit mati dan noda hitam bejkas jerawat. Selain itu, baking soda juga dipercaya ampuh untuk membersihkan debu dan kotoran yang terdapat pada pori-pori kulit. Cara membuat scrub baking soda ini sangat mudah, pertama, campurkan baking soda dengan air hangat (perbandingannya sama, masing-masing dua sendok makan). Setelah membentuk scrub, oleskan secara merata. Pijat lembut dengan gerakan melingkar selama 30 detik. Bersihkan dengan air dingin.
  • Tanah Liat
    Tanah liat dapat mengecilkan pori-pori pada wajah dengan membantu mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Cara membuatnya sangat simpel, cukup campurkan tanah liat dengan air secukupnya sampai membentuk scrub. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringan dengan cara menepuk-nepuk handuk pada wajah dengan lembut.

4. Menjaga kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) pada matahari sangat berpotensi merusak kulit dan menyebabkan pori-pori pada kulit membesar. Untuk itu gunakanlah pelembab dan lotion atau sun block yang mengandung tabir surya khususnya ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Hal ini akan membantu menjaga kelembaban kulit  dan mencegah kulit menjadi kering dan kusam.

5. Mengonsumsi cukup air putih

Air memang bisa mengontrol penurunsn kadar konsentrasi minyak alami pada kulit. Air jugaq bisa menyeimbangkan kadar minyak alami pada kulit. Jika kulit dipenuhi minyak, maka air akan secara relatif membantu mengecilkan pori-pori serta bekas jerawat dan noda pada wajah. Mengonsumsi cukup air putih setiap harinya dapat membantu melembabkan kulit dan menjaga kulit agar tidak kering. konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari agar kulit tetap lembab dan sehat.

6. Mengonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin

Kurangilah mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti camilan, permen atau kue yang mmeiliki kadar lemak tinggi sehingga dapat menyebabkan wajah berminyak dan menyumbat pori. Disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kaya serat dan vitamin sehingga dapat membantu menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.


Penutup

Demikian ulasan mengenai Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dan Menghilangkan Komedo. Baik anda ingin melakukan dengan cara modern ataupun cara alami, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Anda hanya cukup pilih metode mana yang sesuai dengan kondisi anda. Jika anda menginginkan cara yang lebih alami dan berbudget rendah, melakukan tratment sendiri di rumah bisa menjadi pilihan. Tapi jika anda  memiliki budget lebih dan ingin hasil yang lebih memuaskan, melakukan tratement di salon kecantikan juga tidak ada salahnya. Selamat mencoba!