logo

6 Tips & Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Ada beberapa tips dan cara memerahkan bibir secara alami yang bisa dilakukan jika anda menginginkan bibir merah merona.

Bibir adalah bagian kulit yang cukup unik karena tidak mengeluarkan keringat dan tidak dilengkapi dengan kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Selain itu, bagian wajah yang satu ini lebih tipis dibandingkan kulit lainnya sehingga memungkinkan pembuluh darah terlihat. Hal inilah yang membuat bibir mempunyai warna merah yang indah.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa sebenarnya bibir sudah berwarna merah secara alami. Namun jika tidak dirawat & dijaga dengan baik, maka bibir bisa kering ataupun pecah-pecah. Hal ini pada akhirnya membuat bibir jadi terlihat kusam.

cara memerahkan bibir secara alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Nah, bagi anda yang merasa bibirnya terlihat kusam, berikut ini ada beberapa tips dan cara memerahkan bibir secara alami. Apa saja itu?

1. Menggosok Bibir

Untuk mendapatkan bibir merah alami, salah satu caranya adalah membuang kulit bibir yang terkelupas. Oleskan setetes madu atau gula pada bibir, lalu gosoklah secara perlahan. Setelah menggosok, sekalah bibir anda hingga kering. Langkah selanjutnya, oleskan bibir menggunakan lip balm. Baca juga : 8 Produk Lip Balm Yang Bagus

Dengan terbuangnya sel-sel kulit mati yang terkelupas, sel-sel epidermis akan membantu merangsang pertumbuhan kolagen baru, yang pada akhirnya juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan.

2. Rajin minum air

Bibir akan tetap sehat dan terlihat cerah jika kebutuhan tubuh terhadap cairan tercukupi. Oleh sebab itu, untuk menjaga hidrasi tubuh, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air setidaknya 2-3 liter perhari.

Selain itu, hindari minuman beralkohol dan kurangi konsumsi minuman seperti kopi. Kalaupun anda tidak bisa menghindari kopi, maka imbangi dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Hal ini karena alkohol ataupun kopi dapat membuat bibir kering ketika anda bangun tidur. Untuk makanan, hindari makanan yang tinggi garam karena dapat membuat bibir menjadi kering.

3. Menggunakan Pemerah Alami

Salah satu cara memerahkan bibir secara alami adalah dengan menggunakan buah-buahan berwarna merah. Beberapa diantaranya adalah stroberi, ceri, cranberry, raspberi, buah bit (beetroot/umbi merah), dan biji delima.

Pengaplikasiannya cukup mudah. Kupas buah-buahan tersebut, lalu oleskan pada bibir beberapa kali sampai mendapatkan warna yang diinginkan. Setelah itu, tutup olesan tersebut menggunakan lip balm. Baca juga : Lip Balm Wardah

Anda juga bisa menjus buah-buahan tersebut. Celupkan cotton bud dalam jus, kemudian oleskan pada bibir hingga mendapatkan warna merah sesuai keinginan. Sama seperti sebelumnya, langkah terakhir adalah tutup dengan lip balm.

4. Mencegah Bibir Pecah-Pecah & Kering

Selain menyakitkan, bibir pecah-pecah juga memberikan efek kusam dan memicu bibir kering. Maka dari itu, bibir anda dituntut selalu lembab sepanjang hari.

Untuk mengatasinya, anda cukup menggunakan bahan alami seperti minyak almond ataupun minyak kelapa, di mana kedua bahan ini cukup membantu melembabkan bibir dalam waktu lama.

5. Menggunakan Lip Balm Dengan SPF

Perubahan warna bibir bisa terjadi karena sering terkena paparan sinar matahari. Salah satu efek yang terjadi adalah munculnya bintik-bintik di bibir.  Untuk menghindarinya, anda bisa menggunakan lip balm.

Sangat disarankan untuk menggunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF minimal 15. Hadirnya kandungan SPF dalam sebuah lip balm berfungsi sebagai tabir surya yang dapat memberikan perlindungan pada bibir dari paparan sinar matahari.

6. Jangan Merokok

Jangan Merokok!! Ya, jika anda menginginkan bibir anda tetap segar dan merah merona alami, maka janganlah merokok. Hal ini didukung fakta dari beberapa penelitian bahwa rokok juga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan kulit, termasuk bibir.

Sebagai informasi, kulit perokok cenderung lebih cepat keriput dibandingkan orang yang tidak merokok. Merokok menyebabkan sel kulit lebih mudah rusak dan kolagen lebih mudah hilang. Selain itu, bibir dari para perokok maupun pengguna produk tembakau lainnya cenderung mengalami perubahan warna, biasanya menjadi lebih gelap dan kusam.


Itulah beberapa tips dan cara memerahkan bibir secara alami. Tips yang bersifat himbauan seperti jangan merokok dan rajin minum air sebaiknya benar-benar diperhatikan karena menjadi kunci terpenting untuk menjaga bibir anda tetap sehat, segar, dan berwarna merah alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tag
14372 Views