logo

Tips & Cara Memakai Maskara Agar Tidak Menggumpal. Ini Rahasianya !!

Cara memakai maskara agar tidak menggumpal ternyata cukup susah, benar begitu ladies? Anda mungkin pernah mengalami kejadian bulu mata yang menggumpal saat memakai maskara. Sebel? Tenang, anda tidak sendirian.

Riasan mata adalah salah satu elemen penting dari make up yang menawan, dan sebagian besar ladies berpendapat bahwa maskara akan membuat penampilannya jadi terlihat lebih maksimal. Pemakaian maskara merupakan langkah terakhir dalam merias bagian mata.

Meski step terakhir, teknik pengaplikasiannya tidaklah mudah. Ya, permasalahan yang seringkali terjadi adalah maskara menggumpal di bulu mata. Hal ini tentunya cukup menyebalkan.

cara memakai maskara

Tips & Cara Memakai Maskara Agar Tidak Menggumpal

Lantas, adakah tips dan cara memakai maskara yang tepat agar tidak menggumpal? Tentu ada dong.. Namun sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu secara singkat cara memakai maskara yang umum dilakukan.


Cara Memakai Maskara

  • Tarik dengan satu gerakan halus bagian maskara yang memiliki sikat. Jangan dikocok (lihat penjelasan poin satu pada bagian tips di bawah).
  • Aplikasikan mulai dari akar ke ujung luar bulu mata (dari dalam ke atas). Tunggulah sekitar 30 detik sampai maskara menempel & kering pada bulu mata. Anda bisa mengaplikasikannya dua kali.
  • Gunakan sikat bulu mata apabila terdapat bulu mata yang saling menempel atau maskara menggumpal. Gunakan juga tisu untuk menghapus kelebihan maskara.
  • Bulu mata bagian bawah cenderung lebih sedikit dibandingkan bulu mata bagian atas. Oleh sebab itu, bulu mata bagian bawah hanya memerlukan sedikit maskara. Untuk mengaplikasikannya, gunakan sikat maskara. Tegakkan ujung sikat bagian ke bawah, kemudian aplikasikan dengan gerakan menurun.

Tips Agar Tidak Menggumpal

1. Jangan diaduk

Tanpa disadari, mengaduk maskara merupakan kebiasaan yang sering dilakukan saat ingin memakainya. Padahal hal ini berpotensi membuat udara masuk ke dalam maskara sehingga membuatnya cepat menggumpal.

Secara teori, semakin sedikit udara yang masuk, maka maskara tidak akan cepat kering. Oleh sebab itu, hindari mengaduk maskara ketika ingin menggunakannya.

2. Gunakan sikat bulu mata

Maskara membutuhkan pendukung agar lebih mudah diaplikasikan. Beberapa item yang dapat mendukungnya adalah sisir bulu mata (untuk memisahkan bulu mata yang menempel) dan penjepit bulu mata (membantu melentikkan).

Selain itu, anda juga bisa menggunakan sikat bulu mata yang bisa digunakan sebelum atau sesudah mengaplikasikan maskara.

3. Merendam dengan air hangat

Jika maskara sudah mulai mengering, tutuplah maskara dengan rapat, lalu rendam dengan air hangat. Hal ini membuat formula maskara jadi lebih mencair serta membuatnya mudah dipakai.

4. Usapkan dengan kain lembut atau tisu

Jangan terburu-buru memakai maskara yang baru dibeli. Ini karena formulanya yang masih baru cenderung basah sehingga memiliki potensi membuat gumpalan di bulu mata pada pemakaian pertama. Solusinya, usapkan maskara dengan tisu atau kain lembut terlebih dahulu sebelum digunakan.

5. Hindari Melayer Hingga Berulang Kali

Agar tidak menggumpal, sebaiknya jangan memakai maskara berulang kali. Jika lapisan pada bulu mata terlalu banyak, maka akan membuatnya sulit disisir dan menggumpal. Melayer maskara idealnya hanya 2-3 kali saja.

Selain itu, layerlah maskara ketika formulanya masih terasa basah di bulu mata. Karena jika layer sebelumnya telah kering, maka akan susah melayernya dan hasilnya akan menggumpal.

6. Gunakan Gerakan Zig-Zag

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengayunkan sikat maskara dari dekat akar ke ujung bulu mata. Ayunan sikat maskara dengan gerakan zig-zag akan mencegah bulu mata menggumpal.

Baca Juga :


Demikian ulasan singkat mengenai cara memakai maskara beserta tipsnya agar tidak menggumpal pada bulu mata. Semoga bermanfaat dan membantu permasalahan anda.

Tag
20863 Views