logo

Tips Simple Cara Memakai Eyeliner Kurang Dari 5 Menit

Cara memakai eyeliner sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun demikian, masih banyak diantara kita mengalami kesulitan atau membutuhkan waktu yang lama saat mengaplikasikan eyeliner.

Meski terlihat sepele, riasan mata cukup penting untuk menunjang tampilan wajah. Hal itulah yang membuat banyak wanita sulit untuk mengabaikan riasan pada matanya begitu saja. Rahasia riasan mata yang cantik terletak pada eyeliner. Alat makeup ini membantu mata terlihat lebih besar atau sedikit dramatis. Tidak hanya cocok untuk diaplikasikan saat pesta saja, namun juga saat aktivitas sehari-hari.

cara memakai eyeliner

Cara Memakai Eyeliner

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa masih banyak wanita yang merasa kesulitan mengaplikasikan eyeliner atau bahkan belum tahu cara memakai eyeliner yang tepat. Ada yang hasil sapuan eyeliner-nya tidak sama antara mata kiri dan kanan. Adapula yang sapuannya ‘bocor’ atau ‘bleber’ kemana-mana.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tips singkat cara memakai eyeliner dengan mudah dan praktis. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pejamkan mata

Agar pengaplikasian jadi lebih mudah, pejamkan mata yang akan dirias.

2. Tarik Kelopak Mata Ke Atas

Tarik sedikit kelopak mata ke arah atas, lalu melihatlah ke arah bawah. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kerutan mata yang bisa menyulitkan anda ketika merias.

3. Aplikasikan Ke Satu Arah

Aplikasikan eyeliner ke satu arah dan hanya dalam sekali usap, mulai dari bagian dalam sampai bagian luar mata. Hal ini agar hasil & ketebalannya jadi lebih merata, serta mencegah tangan dan mata bergetar.

4. Ulangi

Anda bisa mengulangi pengaplikasian eyeliner jika masih terlihat kurang tebal. Caranya tetap sama yakni menyapukannya secara satu arah dan dalam sekali usap. Umumnya 2-3 kali pengalikasian sudah cukup untuk mendapatkan ketebalan yang pas.


Beberapa Bentuk Eyeliner Populer

Jika anda telah mengetahui trik-trik dasar cara memakai eyeliner tersebut, anda bisa mengembangkannya dengan mengaplikasikan eyeliner untuk mendapatkan bentuk-bentuk yang cantik. Ada beberapa bentuk yang populer di kalangan wanita, diantaranya adalah :

1. Natural Eyes

Merupakan bentuk eyeliner sederhana yang sangat praktis dan mudah untuk diaplikasikan, cocok digunakan sebagai riasan mata sehari-hari. Waktu yang dibutuhkan juga tergolong singkat. Bentuk Natural Eyes ini bisa diwujudkan dengan menggunakan eyeliner jenis apapun (pencil/liquid/gel) dan cukup dengan 2 langkah saja.

natural eyes

Langkah pertama adalah dengan membuat garis di sepanjang ‘garis bulu mata bagian atas’. Aplikasikan langkah tersebut dengan cara satu arah dan dalam sekali usap (cukup aplikasikan 2 kali saja). Langkah kedua, rapikan bagian ujung luar kelopak mata, dan pastikan agar sapuan eyeliner tidak berantakan serta sejajar dengan bagian ujung luar mata.


2. Basic Eyes

Bentuk ini umumnya diaplikasikan sebagai dasar dari riasan smokey sehingga tidak cocok jika digunakan untuk riasan mata sehari-hari yang polos. Meski demikian, anda tetap bisa menerapkannya jika ingin pergi sekedar hang-out bersama teman-teman anda.

basic eyes

Basic Eyes juga ideal untuk diterapkan saat anda ingin pergi ke pesta. Cara memakai eyeliner untuk membuat bentuk Basic Eyes adalah sebagai berikut :

  • Buat garis tipis mengikuti bentuk mata (mulai dari bagian atas, bawah, hingga seluruh garis tepi mata). Pastikan agar seluruh garis tersebut mempunyai kepekatan warna dan ketebalan yang sama.
  • Tambahkan ketebalan (sedikit saja) pada garis mata bagian ujung luar atas. Anda bisa melakukannya dengan cara menarik garis dari sisi tengah mata menuju ke arah bawah, mengikut bentuk kelopak mata.
  • Ulangi hingga terlihat adanya perbedaan ketebalan dengan garis lainnya. Biasanya 2 kali sudah cukup.

3. Simple Winged Eyes

Simple Winged Eyes saat ini tengah menjadi tren di kalangan wanita. Tidak hanya memberikan efek mata terlihat lebih besar, bentuk ini juga memberikan efek ‘sayap’ pada mata. Bentuk Eyeliner ini bisa diterapkan untuk berbagai acara, mulai acara non-formal seperti hang-out, hingga acara formal sekalipun.

simple winged eyes

Sayangnya, untuk mengaplikasikan gaya Simple Winged Eyes, anda hanya bisa memakai eyeliner jenis pensil sebagai alat bantu saja, tidak sebagai alat utama.

Adapun cara memakai eyeliner untuk mendapatkan bentuk Simple Winged Eyes adalah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, buat bentuk eyeliner secara natural di mana mengikuti garis bulu mata bagian atas. Ketebalan cukup medium saja.
  • Lalu tariklah garis ke arah atas kurang lebih setinggi lipatan mata yang teratas. Jika anda belum terampil menyapukan gel atau liquid eyeliner, anda bisa memakai pencil eyeliner untuk membuat garis tersebut.
  • Dengan menggunakan pencil eyeliner, tariklah garis melandai mulai dari ujung atas ke arah bawah sampai menuju garis natural yang telah dibuat. Proses ini nantinya akan membentuk ‘sayap’ di mata anda.
  • Langkah terakhir adalah mengisi ruang kosong diantara garis tersebut memakai gel atau liquid eyeliner. Cukup aplikasikan secara perlahan agar tidak belepoten ke mana-mana, tidak perlu sekali usap atau searah.

4. Double Winged Eyes

Bentuk eyeliner Double Winged Eyes adalah versi lanjutan dari Simple Winged. Sedikit berbeda dengan Simple Winged, Double Winged Eyes lebih cocok diterapkan sebagai riasan untuk acara formal. Anda akan terlihat tampil dengan gaya klasik jika mengaplikasikan bentuk eyeliner ini.

double winged eyes

Cara memakai eyeliner untuk mendapatkan bentuk ini tidaklah terlalu sulit. Tahap pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membuat bentuk Simple Winged Eyes sebagai bentuk dasarnya. Kemudian, tambahkan ‘sayap’ baru di bawah ‘sayap’ hasil bentukan Simple Winged Eyes. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Dari garis bulu mata bawah, tariklah garis melengkung ke arah atas. Ikuti alur dari bentuk lengkungan ‘sayap’ sebelumnya. Saat membuat ‘sayap’ baru, beri sedikit jarak dengan ‘sayap’ sebelumnya, sekitar 2 mm.
  • Buat garis tipis pada bagian mata bawah agar riasan lebih terlihat natural. Tarik garis dari bagian tengah sampai menuju bagian luar. Setelah itu, ratakan garis tersebut memakai jari telunjuk sampai warna tergradasi dengan cantik.

5. Elongated Eyes

Bagi anda yang bermata sipit, bentuk ini mungkin sangat cocok. Elongated Eyes akan membuat mata terlihat lebih lebar karena riasan akan terfokus pada ujung luar mata.

elongated eyes

Cara memakai eyeliner untuk mendapatkan bentuk ini adalah sebagai berikut :

  • Buat garis pada garis bulu mata bagian atas. Pastikan bahwa titik awal garis sejajar dengan bagian terdalam bola mata. Lalu tarik garis sampai bagian ujung terluar mata tanpa membuat garis ‘sayap’.
  • Buat garis serupa pada garis bulu mata bagian bawah, pastikan juga titik awal sejajar dengan bagian terdalam bola mata. Setelah itu, tarik garis sampai bagian ujung terluar & bersentuhan dengan garis bagian atas.
  • Jika kedua garis telah menyatu, anda bisa menambahkan sedikit ketebalan di kedua garis tersebut. Caranya sama seperti membuat bentuk segitiga kecil.
  • Ratakan tingkat ketebalan dan kepekatan kedua garis sampai seimbang.

6. Arabian Eyes

Arabian Eyes hampir sama seperti Basic Eyes. Namun karena mempunyai bentuk ‘sayap’, Arabian Eyes lebih bisa fleksibel untuk diterapkan sehari-hari, tidak hanya untuk acara resmi saja.

arabian eyes

Cara memakai eyeliner untuk mendapatkan bentuk Arabian Eyes juga tidak terlalu rumit. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buat garis dengan ketebalan medium, ikuti bentuk mata.
  • Beri bentuk ‘sayap’ di bagian ujung terluar mata. Caranya sama seperti saat membentuk simple winged eyes.
  • Pada bagian terluar garis bulu mata bawah, tambahkan sedikit ketebalan. Setelah itu ratakan ketebalan tersebut pada mata bagian bawah. Gunakan jari telunjuk agar hasil lebih natural.

Baca Juga :


Bagaimana, mudah bukan? Semoga informasi mengenai cara memakai eyeliner dan berbagai macam bentuk eyeliner populer ini bisa memberikan inspirasi untuk anda. Share/Like artikel ini jika bermanfaat.

 

via Hipwee | images : clinique.com & Youtube

Tag
12454 Views