logo

Alat Tes Kehamilan (Test Pack)

Alat tes kehamilan (test pack) merupakan solusi praktis untuk mengetahui apakah seorang wanita menunjukkan tanda-tanda kehamilan atau tidak. Selain itu, dengan alat ini, mendeteksi kehamilan jadi lebih pribadi karena anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus pergi ke laboratorium. Alat yang juga sering disebut home pregnancy test ini bisa dijumpai di apotik, supermarket, ataupun toko tertentu dengan harga yang bervariasi.

alat tes kehamilan woman choice

Bentuk Alat Tes Kehamilan

Test Pack terdiri dari dua macam, yakni strip dan compact. Bedanya, bentuk strip harus disentuhkan pada urin saat buang air kecil atau dicelupkan ke urin yang telah ditampung. Sedangkan untuk compact, sudah tersedia tempat untuk menampung urin yang akan diteteskan.

Hasil Tes

Jika anda sudah menyentuhkan alat tes kehamilan dengan urin, maka akan terlihat hasil berupa garis merah. Munculnya satu atau dua garis menandakan bahwa test pack telah dilakukan dengan benar, karena berarti alat tersebut mendapatkan urin yang cukup. Begitu sebaliknya, apabila tidak muncul garis merah, ada kemungkinan penggunaan yang salah. Oleh sebab itu, bagi anda yang baru pertama kali menggunakannya, ikuti petunjuk penggunaan dengan cermat. Jika garis pertama telah muncul, kemunculan garis kedua menandakan bahwa seseorang positif hamil.

Sebenarnya hasil tes yang muncul cukup bervariasi, tergantung pada desain. Ulasan di atas merupakan salah satunya. Beberapa tes ada yang memperlihatkan tanda plus ataupun minus, perubahan warna (selain merah bisa juga biru atau merah muda), dan katar “pregnant” atau “not pregnant”. Umumnya, tes akan memberikan hasil dalam 5 menit.

Cara Kerja

Alat tes kehamilan bekerja dengan mendeteksi respon adanya hormon human chorionic gonadotrophin (hCG) di dalam urin. hCG dilepas ketika telur yang telah dibuahi mengendap di dalam uterus, umumnya pada hari ke 8-10 atau bahkan hari ke 6-12 setelah konsepsi terjadi.

Pada hari-hari pertama pengendapan, kadar hCG dapat meningkat tajam, dan mencapai puncaknya di hari ke-50 sampai 80 setelah konsepsi. Saat harusnya anda menstruasi, atau biasanya dua minggu setelah konsepsi, hormon ini dapat dideteksi dengan mudah.

Ada beberapa alat tes kehamilan yang sangat sensitif, di mana dapat mendeteksi hormon hCG dalam kadar rendah sekalipun. Tes juga dapat dilakukan seminggu setelah konsepsi. Test Pack yang ekstra sensitif umumnya lebih mahal dan mampu mendeteksi hormon hCG pada tingka 20 mIU, sementara test pack lainnya memberikan hasil bila hCG pada tingkat 50 mIU.

Tingkat sensitivitas alat tes kehamilan umumnya tercantum di kemasan. Yang sering dijumpai adalah 20, 25, 40, 50, dan 100 mIU.

Tingkat Akurasi Alat Tes Kehamilan

Sebagian besar test pack mempunyai tingkat akurasi 97% bila dilakukan dengan benar, sesuai instruksi. Namun ada faktor yang mempengaruhi tingkat akurasi tersebut, salah satunya adalah jika siklus menstruasi anda tidak menentu, karena akan sulit menentukan waktu yang tepat untuk melakukan tes.

“Positif yang palsu” – saat hasilnya positif namun ternyata tidak hamil. Hal ini muncul karena ada kemungkinan alat tes kehamilan rusak atau anda sedang mengonsumsi obat kesuburan yang mengandung hCG.

“Negatif yang palsu” – saat anda hamil namun hasil tes berkata sebaliknya. Hal ini terjadi jika tubuh tidak memproduksi hCG dengan cukup atau jika anda melakukan tes terlalu cepat.

Apabila hasilnya negatif, namun anda merasa yakin kalau anda hamil, tunggulah tiga hari kemudian atau lebih untuk melakukan tes lagi.

Dokter biasanya menyarankan pemeriksaan urin di laboratorium atau melakukan pemeriksaan darah jika anda tidak yakin dengan hasil tes menggunakan test pack.

Waktu Melakukan Tes

Anda dapat melakukan tes kehamilan menggunakan test pack 2 hari sebelum datang bulan, atau 12 hari setelah berhubungan suami-istri di masa subur. Hal ini agar dapat memastikan alat tes kehamilan memberikan hasil yang benar dan akurat.

Tips menggunakan alat tes kehamilan

Agar tidak keliru saat menggunakan test pack, berikut ada beberapa tips sederhana menggunakan alat tes kehamilan dengan benar :

  1. Bagi yang baru pertama kali menggunakannya, baca terlebih dahulu keterangan dan petunjuk pemakaian yang ada pada kemasan secara teliti.
  2. Disarankan untuk tidak minum air berlebihan ketika akan melakukan tes. Hal ini karena apabila urin terlalu cair, maka dapat mempengaruhi hasil tes.
  3. Sebaiknya tes dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur, karena biasanya kadar hormon hCG sedang banyak-banyaknya di waktu tersebut.
  4. Setelah menyentuhkan test pack ke urin, diamkan sejenak beberapa menit. Lalu selanjutnya akan muncul garis-garis pada test pack yang mengindikasikan anda hamil atau tidak.

Apabila hasilnya menunjukkan anda positif hamil, maka kunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa anda benar-benar hamil. Selain itu anda akan mendapatkan nasehat dari dokter mengenai perawatan yang benar sejak dini.

Jika hasilnya negatif, coba lagi beberapa waktu kemudian. Apabila hasilnya tetap sama dan anda belum juga menstruasi, segera konsultasi dengan dokter kandungan.

Beberapa Merk Alat Tes Kehamilan

Anda bisa menjumpai alat tes kehamilan di apotek ataupun swalayan di sekitar rumah anda. Ada beberapa merk yang tersedia seperti DirectTest, Woman Choice, Onemed, Sensitif, dan lain sebagainya. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 45.000, dan mungkin ada yang lebih mahal lagi, tergantung merk dan kualitasnya.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai alat tes kehamilan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi wanita, khususnya calon ibu.

Tag
3202 Views