logo

Alat Kejut Listrik dan Berbagai Macam Modelnya

Alat kejut listrik dibutuhkan untuk menjaga diri (self-defense) dari tindakan-tindakan kriminalitas seperti pencurian, pelecehan, dan lain sebagainya. Maraknya tingkat kriminalitas akhir-akhir ini yang tidak pandang bulu, membuat kita harus lebih waspada lagi. Para pelaku tindak kejahatan saat ini tampaknya semakin berani, tidak kenal rasa takut, dan siap berhadap-hadapan dengan calon korban dengan melakukan kekerasan bila diperlukan. Maka dari itu, bagi kita yang sering berpergian keluar, khususnya wanita, alat kejut listrik sebaiknya dimiliki untuk membantu menjaga diri dari tindak kejahatan yang bisa datang kapan saja.

Alat kejut listrik atau lebih dikenal dengan stun gun berfungsi sebagai alat pertahanan diri yang praktis dan mudah digunakan. Ketika anda sedang berhadapan dengan penjahat, anda cukup menekan tombol untuk mengaktifkan setrumnya, kemudian arahkan ke tubuhnya. Dengan begitu, penjahat tersebut akan lumpuh seketika. Namun perlu diingat, efek yang ditimbulkan tidak mematikan, hanya melumpuhkan untuk sementara waktu. Oleh sebab itu, ketika penjahat tersungkur lumpuh dalam beberapa waktu akibat tersetrum, anda sebaiknya melarikan diri secepatnya. Voltase yang dihasilkan setiap stun gun bervariasi, mulai dari 800kV, 3800kV, 5300kV, dan sebagainya.

Alat kejut listrik ideal digunakan untuk siapa?

Stun gun hadir bukan untuk digunakan sebagai tindakan kejahatan, justru sebaliknya, yakni sebagai tindakan self-defense dari orang-orang yang berniat jahat terhadap kita. Oleh sebab itu, alat kejut listrik cocok digunakan bagi orang-orang khususnya wanita yang sering menjadi sasaran tindakan kejahatan, atau orang-orang yang berprofesi seperti kasir, security (satpam), dan profesi lainnya.

Beberapa Model Alat Kejut Listrik

Ada beberapa jenis alat kejut listrik yang populer di pasaran dengan model, spesifikasi, dan harga yang beragam. Namun pada prinsipnya, cara kerjanya tidak jauh berbeda. Berikut ulasan beberapa model stun gun beserta informasi singkatnya :

1. Model Senter

gambar alat kejut listrik senter

Alat kejut listrik ini didesain sederhana seperti senter sehingga tidak mencolok dan mencurigakan. Namun stun gun ini memang juga bisa berfungsi sebagai senter karena dilengkapi dengan senter LED yang akan membantu anda untuk menerangi area yang gelap. Perangkat ini juga dilengkapi dengan Cone lalin layaknya senter SWAT, Red Laser, sarung senter, dan charger untuk isi ulang baterai (Tanam, Li-Ion). Lama pengisian atau charge untuk penggunaan sehari-hari adalah sekitar 3 hingga 5 jam, tergantung intensitas pemakaian. Harganya sekitar Rp 210.000.

2. Model Iphone

gambar alat kejut listrik iphone

Desainnya yang mirip seperti Iphone membuat alat kejut listrik ini layak untuk anda miliki. Hal ini karena bentuknya tidak mencolok dan tidak mencurigakan sehingga orang tidak akan mengira bahwa benda tersebut adalah sebuah stun gun. Ukurannya juga hampir sama seperti Iphone, sekitar 11,5 x 6,2 x 1 cm, sehingga mudah disimpan dalam saku celana ataupun tas. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda cukup menggeser switch ke posisi ‘ON’, kemudian tekan tombolnya, dan alat ini pun akan mengalirkan listrik di bagian atasnya. Perangkat ini dilengkapi dengan senter LED mini yang dapat membantu anda untuk menerangi tempat-tempat gelap. Alat kejut listrik ini terbuat dari bahan ABS berkualitas tinggi. Harganya sekitar Rp 180.000.

3. Tipe BKL-800

gambar alat kejut listrik bkl-800

BKL-800 juga memiliki desain sederhana serta ukurannya cukup kecil yakni 10,4 x 5,3 x 2,3 cm. Secara spesifikasi, produk ini hampir sama dengan alat kejut listrik yang telah diulas di atas, yakni dilengkapi dengan senter LED darurat, dibekali baterai tanam Li-Ion dan bisa diisi ulang, serta terbuat dari bahan ABS berkualitas tinggi. Cara penggunaannya pun juga mudah. Harganya sekitar Rp 160.000.

4. Canniks Model 928

gambar canniks 928 alat kejut listrik

Alat kejut listrik ini didukung dengan tegangan listrik tinggi sehingga cukup efektif untuk melumpuhkan penjahat untuk sementara waktu. Plat kejutnya seperti paku besar yang bisa menembus pakaian. Dilengkapi juga dengan lampu LED terang untuk pencahayaan darurat. Alat kejut listrik ini memiliki Safety Switch dengan indikator cahaya merah ketika stun gun diaktifkan. Baterai bisa diisi ulang dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Ukuran dari stun gun ini juga tidak terlalu besar, yakni sekitar 16.5 x 5 x 3 cm, sehingga mudah dibawa kemanapun. Harganya sekitar Rp 200.000.

5. Model Lipstik

gambar alat kejut listrik lipstik

Stun gun model lipstik mungkin cocok dimiliki oleh para wanita. Bentuknya menyerupai lipstik pada umumnya, sederhana dan tidak mencolok. Walaupun berukuran mungil yakni 12.7 x 2,6 x 2,6 cm, alat kejut listrik ini menghasilkan tegangan listrik yang cukup tinggi sehingga cukup efektif membuat jera para penjahat. Dilengkapi juga dengan lampu LED serta charger. Harganya sekitar Rp 180.000. Itulah beberapa model alat kejut listrik yang ada di pasaran. Sebenarnya masih ada banyak model lainnya, namun beberapa yang telah disebutkan di atas merupakan model yang umum dijumpai.

* Peringatan

  • Alat kejut listrik bukan untuk iseng dan disalahgunakan terhadap orang lain.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Jangan sentuhkan ke dalam air.
  • Jangan digunakan kepada binatang peliharaan.

Di mana saya bisa membeli?

Kami tidak tahu apakah produk seperti ini dijual di toko-toko elektronik pada umumnya. Namun jika anda sangat membutuhkan sebuah alat kejut listrik, anda bisa mencarinya di toko atau retailer online seperti Lazada.co.id.