logo

8 Tips Memilih Kulkas

Kulkas atau juga disebut lemari es tampaknya sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat khususnya kalangan menengah ke atas. Perlengkapan ini sangat membantu sekali untuk menjaga makanan tetap segar dan lebih tahan lama. Karena semakin banyaknya permintaan, para produsen kulkas juga semakin meningkatkan kualitasnya dan terus berinovasi, salah satunya dengan menambahkan fitur atau menggunakan teknologi modern.

gambar kulkas sharp Fresh Lemon Series

Beberapa Faktor Penting Dalam Memilih Kulkas

Saat ini, konsumen telah dimanjakan dengan hadirnya kulkas berkualitas dengan seabrek fitur menarik serta teknologi modern yang memungkinkan lemari es bekerja lebih hebat dibandingkan model-model terdahulu. Namun demikian, mungkin sebagian dari kita masih bingung untuk memilih kulkas yang tepat dan sesuai kebutuhan rumah tangga. Maka dari itu, jika anda juga bingung dalam memilih kulkas yang tepat, sebaiknya perhatikan faktor-faktor berikut ini :

1. Volume
Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kulkas adalah kapasitas ruang atau volumenya. Pilihlan lemari es yang kapasitas penyimpanannya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga anda. Jika kebutuhan harian anda tidak terlalu banyak, mungkin kulkas dengan kapasitas sedang bisa menjadi pilihan tepat. Namun tidak ada salahnya untuk membeli lemari es dengan kapasitas besar. Hal ini karena agar suatu saat nanti kebutuhan anda meningkat, maka anda tidak perlu membeli kulkas yang baru lagi sehingga tidak membuang uang secara percuma. Meskipun demikian, perhatikan juga budget anda, karena lemari es berkapasitas besar cenderung lebih mahal. Anda tidak perlu memaksakan untuk membelinya jika budget anda pas-pasan.

Baca juga : Tips Mudah Menjaga Kulkas Tetap Awet

2. Ukuran
Selain faktor volume, perlu juga diperhatikan ukuran atau dimensi kulkas yang akan dipilih. Hal ini berhubungan dengan tempat untuk menempatkannya. Jangan sampai anda telah membeli kulkas, namun malah bingung mau ditempatkan di mana sebab ukurannya terlalu besar. Oleh sebab itu, pastikan ukurannya tidak lebih besar dari tempat atau ruangan yang telah ditentukan untuk meletakkannya.

3. Kualitas
Menentukan kualitas setiap produk kulkas bukanlah pekerjaan mudah. Tanpa bermaksud meremehkan merk-merk baru, sebaiknya anda memilih merk-merk yang sudah terkenal dan terbukti kualitasnya. Anda bisa mencari tahu kualitas suatu produk dari berbagai review atau ulasan konsumen yang ada di internet atau bisa bertanya pada kerabat hingga tetangga anda yang paham akan hal ini.

Cara lain untuk menentukan kualitas suatu produk lemari es adalah dengan memperhatikan material yang digunakan. Bahan yang dianggap paling baik hingga saat ini adalah PCM (Pre Coated Material). Kelebihan dari PCM dibandingkan bahan lainnya adalah kuat, anti-gores, anti-karat, dan mengkilap.

4. Teknologi Pendingin
Pada kulkas biasanya terdapat label gambar bintang yang menandakan teknologi pendingin, umumnya berjumlah 3 hingga 5 buah. Label dengan 3 bintang menandakan kemampuan maksimal pendingin hingga -150° C dan -215° C untuk label 5 bintang. Label gambar bintang biasanya bisa anda lihat di bagian kanan atas pintu lemari es.

5. Fitur
Setiap merk kulkas memiliki fitur dan keistimewaan masing-masing. Namun demikian, pilihlah produk yang memiliki fitur penting yakni ‘Multi Air Flow’. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mendinginkan suhu ke seluruh area secara merata sehingga tidak ada lagi bagian yang suhunya dingin, sementara bagian lainnya kurang dingin.

6. Wadah
Dalam memilih kulkas, wadah juga perlu diperhatikan. Wadah pembuangan yang terdapat di bagian belakang seharusnya memiliki sirkulasi udara yang baik agar air bisa keluar dengan mudah dan cepat menguap. Sementara itu, untuk wadah penyimpan telur, wadah daging atau atau ikan harus terpisah. Jangan sampai daging atau ikan diletakkan dan dicampur dengan makanan lain. Sedangkan untuk wadah sayur-sayuran sebaiknya terdapat lubang agar mendapatkan sirkulasi udara dan sirkulasi suhu yang baik agar tetap terjaga kesegarannya serta menghindari bau tidak sedap. Sebaliknya, untuk wadah penyimpan buah-buahan sebaiknya tidak terdapat lubang agar kesegarannya terjaga.

7. Daya Listrik
Daya listrik yang dikonsumsi juga menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Pilihlah kulkas tidak terlalu tinggi dalam membutuhkan energi listrik. Untuk saat ini, para konsumen telah dimanjakan dengan banyaknya pilihan produk lemari es yang dilengkapi dengan teknologi pendingin hemat energi. Dengan teknologi ini, kebutuhan energi listrik tidak terlalu banyak sehingga lebih hemat.

8. Garansi
Pilihlah lemari es dengan garansi resmi dan mempunyai jangka waktu yang cukup lama (misal 2 tahun). Pemilihan produk bergaransi merupakan faktor penting. Hal ini karena untuk meminimalisir terjadinya kerugian saat kulkas mengalami kerusakan. Apabila lemari es memang terjadi kerusakan dan garansi masih berlaku, tentu anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan perbaikan/service di dealer resminya.

Itulah beberapa tips sederhana dalam memilih kulkas. Diharapkan artikel ini dapat membantu anda. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Daftar Harga Kulkas Sharp