logo

6 Setrika Uap Pilihan

Di Indonesia, setrika uap tampaknya masih kalah populer dibandingkan setrika konvensional (kering). Hal ini cukup beralasan mengingat setrika kering dirasa sudah mampu mengakomodir kebutuhan sehari-hari. Namun demikian, seiring perkembangan jaman dan perkembangan industri fashion yang makin kreatif, setrika kering tampaknya kurang efektif untuk perawatan beberapa jenis garmen tertentu yang memerlukan perawatan khusus. Maka dari itu, hadirnya setrika uap diharapkan dapat membantu kegiatan menyetrika pakaian jadi lebih mudah.

Kelebihan setrika uap

Setrika jenis ini sangat cocok untuk kebutuhan skala kecil (sehari-hari) ataupun skala besar seperti jasa laundry. Setrika uap menyemburkan uap melalui lubang-lubang yang ada di bagian bawah setrika. Dibandingkan setrika kering, setrika uap memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :

  • Menyetrika tiga kali lebih cepat, waktu dan tenaga lebih efisien.
  • Meminimalisir kemungkinan baju berlubang atau lengket, serta aman untuk berbagai jenis sablon.
  • Tidak menyebabkan mengkilat atau gosong pada kain.
  • Panas yang dihasilkan lebih stabil.
  • Hasil setrika lebih halus.

Beberapa Produk Setrika Uap

Nah, apabila anda sedang mempertimbangkan untuk memiliki setrika uap, berikut ada beberapa rekomendasi produk yang bisa dipilih.

1. Philips GC-1418

setrika uap philips GC-1418

Philips GC-1418 mempunyai warna ungu muda dengan paduan warna putih menarik, membuat tampilan setrika terlihat cantik. Setrika uap ini dilengkapi dengan kabel yang panjang sehingga bisa anda gunakan di mana saja dengan leluasa. Alat ini membutuhkan daya listrik sebesar 400 watt. Produk ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu calc-clean yang memudahkan anda untuk menyingkirkan serpihan dari hasil setrika menggunakan steamer. Adapun keunggulan lainnya adalah :

  • Kabel bisa diputar sampai 360 derajat putaran.
  • Tangki air tidak mudah bocor.
  • Pengaturan uap variabel dapat disesuaikan terhadap jenis pakaian.
  • Menghilangkan lipatan atau kerutan dengan mudah.
  • Semburan uap sampai 60 gram terhadap lipatan yang paling kusut.
  • Output steamer hingga 13 g/min.
  • lapisan tapak (soleplate) Non-stick.
  • Semprotan merata.
  • Terdapat fitur tombol spray yang mampu menghaluskan serta meratakan kain pakaian.

Harganya sekitar Rp 350.000.

2. Hetian Travel Iron

setrika uap hetian

Setrika uap ini memiliki desain modern dan ergonomis, mudah dilipat serta dapat dibawa kemana pun. Plat alas dibuat dari teflon anti lengket. Dwi fungsi, dapat digunakan sebagai setrika uap ataupun biasa (kering). Adapun kelebihan dan detil spesifikasi dari alat ini adalah sebagai berikut :

  • Suhu bisa diatur.
  • Bagian atas bisa dilepas dan dimasukkan air untuk uap.
  • Mampu merapikan berbagai jenis kain (katun, wol, dan sintetis).
  • Panjang kabel 1,3 meter.
  • Daya listrik 700 Watt 220 Volt 50 Hz.

Harganya sekitar Rp 150.000.

3. Idealife Tobi Portable Steam Wand

setrika uap tobi stream hand

Steam Iron berkualitas ini akan membantu memudahkan pekerjaan anda dalam menyetrika pakaian. Perangkat ini praktis dan mudah digunakan, serta mampu merapikan pakaian termasuk bagian permukaan kain yang kusut dengan cepat. Desainnya kompak dan terlihat unik jika dibandingkan produk lainnya. Dilengkapi dengan sebuah tabung air dan juga besi berlapis teflon pada bagian permukaannya. Steam Iron ini bekerja dengan cara mengalirkan air melalui elemen panas di bagian dalam, kemudian mengubahnya menjadi uap yang pada akhirnya dikeluarkan secara konsisten. Uap tersebut dapat digunakan untuk menghaluskan dan merapikan pakaian. Keunggulan lain dari produk ini adalah aman digunakan, tidak akan membakar pakaian, karena elemen panasnya tidak kontak langsung dengan pakaian. Daya listrik : 1000 Watt. Harganya sekitar Rp 480.000.

4. Tobi Steamer

setrika uap tobi streamer

Desainnya cukup unik dan tidak jauh berbeda dengan produk dari Idealife. Alat ini bekerja dengan sistem penguapan bertekanan konstan, membuatnya lebih mudah digunakan dan memberikan hasil maksimal pada pakaian anda. Bentuknya mungil sehingga memudahkan anda untuk menghaluskan bagian pakaian yang sulit dijangkau seperti saku dan lainnya. Selain itu, desainnya juga ringkas, membuatnya mudah disimpan dan dibawa kemanapun. Produk ini aman digunakan untuk berbagai jenis kain termasuk katun, wol, poliester, dan lain sebagainya. Harganya sekitar Rp 250.000.

5. Domo DN 1500

Domo Setrika Uap DN 1500

Bentuk dan desainnya tidak jauh berbeda dengan setrika konvensional pada umumnya. Namun Domo DN 1500 didukung teknologi yang akan memungkinkan anda untuk menyetrika lebih cepat tanpa adanya lipatan. Alat ini dilapisi linish agar bisa meluncur di pakaian dengan mulus. Gagangnya didesain secara ergonomis agar lebih nyaman saat digenggam. Dilengkapi juga dengan kabel putar 180 derajat yang bertujuan untuk mengurangi tekanan di pergelangan tangan. Fitur lain : lampu indikator, anti-lengket, pengatur thermostat, 400 Watt. Harganya sekitar Rp 340.000

6. Philips GC504

setrika uap philips GC504

Dibandingkan produk-produk sebelumnya yang telah diulas, Philips GC504 memiliki keistimewaan dan fitur yang lebih komplit. Setrika uap ini tidak hanya digunakan untuk pakaian saja, namun juga bisa diterapkan terhadap gorden, mebel, sofa, ataupun kasur. Panas uapnya mampu membersihkan material secara higienis serta bebas debu. Produk garment steamer ini dilengkapi selang dan didukung dengan tiang tinggi yang bisa disesuaikan, serta gantungan untuk baju. Daya : 1600 Watt, kapasitas air 1,4 Liter, panjang selang 1,3 meter, dan waktu pemanasan 60 detik. Harganya sekitar Rp 1.500.000.

Sebenarnya masih ada beberapa produk lainnya, namun keenam setrika uap yang telah diulas di atas setidaknya dapat mewakili dan memberikan gambaran bagi anda sebelum membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat.