logo

6 Manfaat Soda Kue Untuk Wajah

Tahukah anda akan manfaat soda kue untuk wajah? Soda kue atau yang juga dikenal dengan baking soda ternyata menawarkan banyak manfaat bagi kulit, rambut, dan lain sebagainya.

Baking soda (sodium bicarbonate) merupakan zat alami yang memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antiseptik, dan anti-jamur. Soda kue sangat berguna dan terkenal ampuh untuk mengatasi beberapa massalah seperti pilek maupun permasalahan pada mulut dan kulit. Meskipun demikian, anda perlu tahu bahwa penggunaan soda kue pada tubuh tidak boleh berlebihan karena bisa merusak kulit dan rambut. Selain itu, soda kue sebaiknya tidak digunakan pada kulit yang sensitif.

manfaat soda kue untuk wajah

Beberapa Manfaat Soda Kue Untuk Wajah

Jika selama ini anda hanya menggunakan soda kue untuk keperluan memasak, kini saatnya memanfaatkan bahan yang satu ini untuk keperluan kecantikan dan kesehatan kulit. Ada beberapa manfaat soda kue untuk wajah yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Soda Kue Untuk Kulit Berjerawat

Baking soda diketahui cukup efektif dalam mengatasi jerawat dan komedo. Baking soda mampu mengangkat kulit mati dan membersihkan pori-pori wajah sambil membantu mengeringkan dan mengatasi masalah jerawat. Selain itu, bahan ini juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah munculnya jerawat.

Cara Mengaplikasikan : Campurkan 1 sdt baking soda dan 1 sdt air sampai berbentuk pasta halus. Bilas wajah anda dan tepuk-tepuk secara lembut menggunakan handuk bersih. Aplikasikan pasta tersebut ke area yang terdapat jerawat ataupu komedo. Biarkan selama 2-3 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Setelah itu, bilas kembali wajah anda dengan air dingin, keringkan. Langkah terakhir, aplikasikan pelembab non-comedogenic ke wajah. Terapkan sebanya 2-3 kali dalam seminggu.


2. Soda Kue Untuk Mengurangi Noda/Bercak di Wajah

Baking soda dan air lemon memiliki khasiat pemutihan yang membantu meringankan dan memudarkan bekas luka. Kombinasi keduanya dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mendapatkan warna kulit yang rata.

Cara Mengaplikasikan : Untuk komposisi bahan dan cara penerapannya sama dengan yang pertama, cukup ganti air dengan air lemon sebanyak 1 sendok teh. Aplikasikan pada area wajah yang terdapat bintik-bintik hitam atau pigmentasi.


3. Soda Kue Untuk Pori-pori Besar

Baking soda dapat membantu membersihkan dan mengecilkan pori-pori. Perawatan ini juga mencegah munculnya jerawat dengan menjaga pori-pori tetap bersih dan tertutup rapat.

Cara Mengaplikasikan : Encerkan 1 sdt soda kue dengan 1 cangkir air. Cuci wajah seperti biasa dan aplikasikan campuran keduanya ke permukaan wajah anda. Tunggu selama 2-3 menit, lalu bilas wajah dan keringkan. Setelah itu, gunakan pelembab wajah non-comedogenic. Terapkan setiap 3-4 kali dalam seminggu.


4. Soda Kue Untuk Mendapatkan Kulit Bercahaya

Kombinasi soda kue dan jeruk mampu membantu membuat kulit wajah jadi lebih bercahaya. Jeruk memiliki pH yang sedikit asam, mampu membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam jeruk juga memberikan kulit dorongan kolagen. Di sisi lain, sifat pengelupasan dan pembersihan yang dimiliki baking soda dapat menghilangkan kotoran dan sel kulit mati.

Cara Mengaplikasikan : Campur 1 sdm baking soda dan 2 sdm jus/air jeruk sampai berbentuk pasta halus. Bilas wajah, kemudian biarkan agak lembab. Terapkan pasta ke permukaan wajah seperti anda menggunakan masker wajah pada umumnya. Biarkan hingga 15 menit. Setelah itu bersihkan pasta dan bilas wajah menggunakan air dingin sampai bersih. Lalu, gunakan pelembab non-comedogenic. Anda bisa menerapkan cara ini 1 minggu sekali.


5. Soda Kue Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Scrub menggunakan baking soda akan membantu mengelupas wajah (exfoliate) dan mengontrol kelembaban. Namun penggosokan wajah dengan baking soda tidak disarankan untuk orang dengan kulit sensitif, karena ada kemungkinan bisa menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, agar kelembaban kulit wajah terjaga setelah penggosokan/scrubbing anda disarankan menggunakan pelembab.

Cara Mengaplikasikan : Encerkan 1 sendok makan baking soda dengan sekitar satu sendok teh air. Campuran ini akan membentuk pasta yang agak tebal. Cuci muka dengan pembersih biasa dan keringkan dengan handuk bersih. Oleskan campuran baking soda dan air ke seluruh wajah Anda, lalu gosok selama sekitar 15-20 detik. Bilas wajah dengan air dingin, keringkan, dan lembabkan wajah dengan pelembab non-comedogenic. Terapkan langkah ini 2 kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara Menghilangkan Minyak Berlebih Di Wajah


6. Soda Kue dan Minyak Kelapa Untuk Melembutkan Kulit

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang baik untuk kulit. Minyak kelapa membantu melembutkan kulit dan bermanfaat untuk kulit kering. Selain itu, bahan ini juga membantu mengobati eksim karena adanya sifat anti-inflamasi di dalamnya. Campuran baking soda dan minyak kelapa akan membuat exfoliator alami dan lembut untuk wajah. Jika kulit anda sensitif, gunakan rasio 2:1 (2 untuk minyak kelapa, dan 1 untuk baking soda). Jika kulit anda kondisinya normal atau tidak sensitif, anda bisa menggunakan rasio 1:1.

Cara Mengaplikasikan : Campurkan kedua bahan, lalu oleskan ke kulit anda. Anda bisa membiarkannya sebagai masker untuk beberapa menit, lalu bersihkan/bilas wajah dengan air hangat dengan gerakan melingkar yang lembut.


Peringatan

Sudah banyak pengguna yang mengakui manfaat soda kue untuk wajah mereka. Namun demikian ada sebagian orang yang mengingatkan bahwa penggunaan baking soda juga berpotensi menimbulkan efek samping tertentu, apalagi jika kulit anda sensitif. Oleh sebab itu, penggunaan soda kue untuk perawatan wajah sebaiknya tidak digunakan untuk jangka panjang maupun secara berlebihan.


Itulah beberapa manfaat soda kue untuk wajah yang perlu anda ketahui. Perawatan kulit wajah agar selalu terlihat sehat dan cantik tidak harus selalu mahal. Anda masih bisa mendapatkan wajah yang bersinar dengan melakukan perawatan ala rumahan dengan bahan-bahan alami yang murah dan mudah didapatkan. Selamat mencoba.

Baca juga : Manfaat Serum Wajah