logo

5 Tips Memilih Powerbank

Powerbank memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika kita memiliki mobilitas yang tinggi dan pekerjaan sehari-harinya bergantung dengan smartphone. Meskipun didukung fitur istimewa dan teknologi canggih, smartphone yang ada saat ini umumnya boros daya. Maka dari itu, bagi pengguna smartphone khususnya yang menggunakan Android, setidaknya membutuhkan perangkat bernama powerbank.

Powerbank merupakan solusi praktis dalam me-recharge baterai di saat indikator baterai smartphone anda sedang dalam kondisi ‘sekarat’. Dimanapun anda berada, powerbank dapat membantu anda untuk sementara waktu ketika tidak menemukan ‘colokan’ listrik.

memilih powerbank

Memilih Powerbank

Banyak produk powerbank yang hadir di pasaran dengan beragam merk, kapasitas, dan fitur-fitur memadai. Sebenarnya, memilih powerbank tidaklah terlalu susah. Namun demikian, sebaiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membeli. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih sebuah powerbank , diantaranya adalah :

1. Kapasitas

Sebelum membeli powerbank, tentukan terlebih dahulu kebutuhan anda. Pastikan bahwa powerbank yang anda pilih memiliki daya yang sama atau bahkan lebih besar terhadap kebutuhan daya gadget anda. Apabila smartphone anda membutuhkan daya 2000 mAh, maka pilihlah powerbank yang kapasitasnya lebih besar, semisal 5600 mAh atau lebih. Dengan begitu, setidaknya anda bisa melakukan pengisian daya minimal 2 kali.

2. Fitur

Dalam memilih powerbank, perhatikan juga fitur yang dimilikinya. Powerbank berkualitas biasanya memiliki fitur yang mendukung keamanan. Beberapa fitur tersebut adalah :

  • Short Circuit Protection : Fitur ini akan melindungi smartphone anda saat terjadi hubungan arus pendek.
  • Over Charging Protection : Fitur ini dapat mencegah powerbank menyalurkan daya secara terus-menerus ke smartphone saat baterai telah terisi penuh.
  • Temperature Protection : Fitur ini mampu mendeteksi tingkat kepanasan, serta mencegah terjadinya panas berlebihan.

3. Kelengkapan Aksesoris

Perhatikan juga kelengkapan aksesoris dari powerbank yang hendak dibeli seperti konektor, lampu indikator, kabel A/C, dan beberapa lainnya.

4. Merk dan Harga

Faktor ini sangat krusial. Tidak bisa dipungkiri bahwa kata-kata “ada harga, ada kualitas” memang benar adanya. Pilihlah powerbank dengan merk ternama dan terpercaya karena kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Anda tentu tidak ingin jika baterai smartphone anda bermasalah hanya gara-gara powerbank yang tidak berkualitas. Maka dari itu, solusi terbaik adalah memilih powerbank merk terpercaya kendati harganya sedikit lebih mahal agar tidak terjadi masalah pada baterai smartphone anda di kemudian hari. Pastikan juga membeli produk yang asli.

5. Cell Powerbank

Walaupun terkesan kurang penting, khususnya bagi orang awam, namun Cell pada powerbank juga berpengaruh terhadap awet atau tidaknya daya sebuah powerbank. Untuk tambahan informasi, beberapa contoh Cell yang bagus adalah Samsung Cell, Japan Cell, Sanyo Cell, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips sederhana dalam memilih powerbank. Diharapkan artikel ini dapat membantu anda yang sedang berencana membeli sebuah powerbank berkualitas sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa menyebabkan masalah, khususnya pada baterai smartphone anda.

Tag
392 Views